Sebenarnya
ada satu hal yang menandakan ide sebuah bisnis adalah hebat, yaitu
produk atau layanan dari bisnis tersebut diinginkan dan dibutuhkan oleh
pasar. Mungkin banyak para pebisnis pemula yang berpikir bahwa ide
bisnis yang baik haruslah unik dan tak ada bandingannya.
Padahal, kenyataannya tidak harus selalu begitu. Shreen Shermak, CEO
Launch Angeles, mengatakan bahwa jika seseorang menciptakan solusi
ketika tidak ada masalah, maka upaya pemasaran sehebat apapun tak akan
menciptakan sebuah bisnis yang besar.
Berikut empat pertanda yang bisa kita jadikan acuan untuk mengetahui apakah ide bisnis kita cukup hebat.
Menjangkau pasar yang luas atau pasar yang berlipat. Ide
bisnis bisa dikatakan hebat apabila pasarnya bisa dengan mudah
diidentifikasi dan diukur. Menurut Shermak, ide bisnis dibilang hebat
jika pemilik ide bisa menggambarkan demografi pasar dan jumlah pasar
cukup besar untuk menghasilkan uang.
Ciri lain dari ide bisnis yang hebat adalah produk atau layanan
bisnis bisa berlaku di pasar lainnya. Misalnya, jika sebuah bisnis bisa
sukses di pasar Jakarta, maka bisa juga sukses di pasar Makassar.
Berkembang dan menyebar dengan cepat dan mudah. Wade Gilchrist, konsultan startup dan host TechStartRadio, menilai bahwa ide bisnis yang membutuhkan waktu satu tahun atau lebih untuk berkembang bukan termasuk ide bisnis yang baik.
Hal ini karena lanskap teknologi masa kini berubah dengan cepat
sehingga peluang tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Ada pun ide
bisnis yang mudah berkembang biasanya berupa consumer product karena dibutuhkan dan mudah didapat oleh masyarakat.
Hasrat. Ciri lain ide bisnis yang hebat adalah kita sebagai pelaku bisnis memiliki hasrat atau passion
dalam mengerjakannya. Hasrat menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah
bisnis. Hasratlah yang dibutuhkan pada tahap awal bisnis untuk bisa
melangkah lebih jauh.
Mampu bersaing. Menurut Shermak keberadaan kompetitor
sebenarnya pertanda bahwa sebuah ide bisnis merupakan ide bisnis yang
baik. Keberadaan kompetitor bisa jadi menandakan bahwa pasar sebuah
bisnis tersedia luas. Hanya saja yang menjadi kunci di sini adalah
eksekusi, bagaimana sebuah bisnis bisa berjalan dengan adanya
kompetitor.
Kalau kamu merasa ide bisnis kamu nggak unik, coba cek kembali
apakah keempat ciri tersebut ada dalam ide bisnis kamu. Jika ya, maka
percaya dirilah bahwa bisnis kamu berpotensi untuk sukses.
(Businessnewsdaily)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar