Senin, 02 Juni 2014

Menciptakan Layanan Pelanggan yang Excellent

layananpelangganexMenciptakan Layanan Pelanggan yang Excellent
Pelanggan adalah raja. Hidup dan mati sebuah bisnis ada di tangan para pelanggannya. Oleh karena itu, selain memiliki produk yang oke, bisnis juga harus melayani pelanggan dengan baik.
Sebagai pelanggan, ada kalanya kita lebih memilih produk A yang kualitas produknya biasa saja tapi pelayanannya yang oke, ketimbang produk B yang kualitas produknya jitu tapi layanan pelanggannya payah.
Produk berkualitas saja tak cukup. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan para pemilik bisnis agar pelanggan mengatakan, “Layanan Anda excellent!”
Hafalkan nama pelanggan. Bagian ini krusial untuk membangun hubungan dengan para pelanggan, tapi para pemilik bisnis atau perwakilan layanan pelanggan kerap meremehkan. Pelanggan akan lebih merasa diperhatikan jika disapa dengan namanya.
Perangkat yang bekerja cepat. Pastikan perwakilan layanan pelanggan dilengkapi dengan laptop atau komputer dan mesin cetak yang cepat. Jangan sampai ketika menggunakannya, pelayanan malah jadi terhambat karena perangkatnya lemot.
Bersihkan meja. Setumpuk dokumen di atas meja tidak membuat kita terlihat sibuk melayani di mata pelanggan. Justru mereka bisa saja menilai kita tidak efisien. Pastikan ruangan kerja bersih karena akan memberikan kesan bahwa kita bekerja dengan rapi.
Sediakan tempat duduk. Ada kalanya pelanggan harus menunggu sesaat untuk dilayani, pastikan mereka nyaman saat menunggu. Sediakan beberapa tempat duduk di meja pelayanan yang nyaman bagi pelanggan. Sediakan pula sofa agar pelanggan yang mengantri merasa nyaman.
Catat apa yang dikatakan pelanggan. Siapkan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting yang diperlukan. Baca kembali catatan dan mintalah konfirmasi pelanggan untuk memastikan bahwa semua hal sudah tercatat dan siap ditindaklanjuti.
Kumpulkan detail informasi pelanggan. Manajemen layanan pelanggan yang baik akan mengumpulkan semua detail informasi pelanggan. Tak hanya nama, nomor kontak, dan email serta alamat saja, tetapi juga nomor kontak alternatif, tempat bekerja, dan kontak gawat darurat.
Memverifikasi daftar tindakan. Ketika akan menyudahi layanan, perwakilan layanan yang baik tak hanya menjabat tangan pelanggan. Komunikasikan kepada pelanggan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya dan mintalah konfirmasi dari pelanggan.
Sudahkah layanan bisnis Anda melakukan hal-hal tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar