Rabu, 04 Juni 2014

5 Cara Menarik Pelanggan Baru

cara menarik pelanggan baru
Bagi e-commerce, pelanggan baru itu artinya bisnis baru. Tersedia banyak alat yang bisa digunakan para pemasar ritel online untuk menarik pelanggan. Pay-per-click, email marketing, social media marketing, marketplace, dan contest marketing merupakan lima alat terbaik yang bisa digunakan.
Beli iklan pay-per-click (PPC)
Iklan PPC sering kali menjadi alat online marketing utama untuk menarik bisnis baru. Iklan PPC biasanya muncul di search engine atau situs lainnya. Ketika calon pelanggan mengklik salah satu iklan tersebut, barulah pengiklan membayar.
Jika ingin memanfaatkan search engine, Google dan Bing bisa menjadi pertimbangan. Anda juga bisa memanfaatkan jaringan iklan PPC lainnya, termasuk Facebook, guna menjangkau potensi pelanggan baru di mana pun mereka berbelanja.
Setelah memilih jaringan, yang terpenting adalah Anda harus memiliki tujuan dan rencana eksekusi yang jelas.
Gunakan email subscribers
Email marketing merupakan salah satu cara yang efektif bagi peritel online. Sayangnya, email marketing sering kali diabaikan sebagai alat untuk menarik pelanggan baru.
Caranya, buatlah pengunjung situs mendaftar untuk newsletter, penawaran khusus, atau diskon. Setelah mereka berlangganan, Anda akan mendapatkan banyak peluang baru untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar (membeli).
Social media marketing
Baru-baru ini, social media marketing mendapat pemberitaan buruk akibat laporan dari Forrester. Meski demikian, secara praktis social media marketing adalah salah satu alat paling efektif bagi peritel kecil dan menengah.
Gunakan marketplace
sebagai peritel, Anda harus bersedia berjualan di mana pun pembeli berada. “Menjual produk di beberapa saluran merupakan tren yang sedang berkembang di kalangan merchant e-commence,” terang Dale Traxler, E-Business Vision.
Traxler melanjutkan, Jika Anda hanya mengandalkan satu toko saja, pelanggan akan pergi, karena perilaku belanja konsumen berubah begitu cepat.
Amazon, e-Bay dan lainnya yang memiliki jutaan pengunjung bulanan memungkinkan retailer kecil dan menengah untuk berjualan. Sederhananya, untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, produk Anda harus ada di marketplace tersebut.
Nah, ketika ada pesanan, pastikan Anda menyertakan kupon atau penawaran khusus ketika barang dikirim. Hal ini dapat mendorong mereka untuk kembali secara langsung ke situs e-commerce Anda.
Berikan sesuatu
Contest marketing berusaha mendapatkan pelanggan potensial dengan cara mendaftar untuk memenangkan sebuah hadiah.
Dalam konteks menarik pelanggan baru, contest marketing ini mirip dengan email marketing. Cara ini dapat menjadi pintu gerbang untuk mengenalkan customer-to-merchant. Kita dapat meningkatkan penjualan dengan eksposur. Tapi hati-hati dengan prize hunter ya.
Editor: Sekar Ayu | Sumber: PE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar