Rabu, 04 Juni 2014

5 Cara Cari Modal Untuk UKM

5CaraCariModalApa tantangan tersulit bagi seorang pengusaha? Umumnya mencari sumber pendanaan yang tepat untuk memulai bisnis.
Pendanaan sangat penting sebagai modal awal peluncuran bisnis. Bagi para pengusaha UKM yang baru akan memulai bisnis mencari sumber pendanaan bukanlah perkara mudah. Belum memiliki portofolio yang mumpuni adalah salah satu alasan yang bias membuat investor besar tidak berani bertaruh berinvetasi modal.
Berikut lima cara mencari modal untuk UKM Anda
Bootstrap: Manfaatkan sumber finansial sendiri
Menggunakan uang pinjaman untuk tahap awal bisnis mungkin tak terlalu aman. Oleh karena itu, menggunakan uang tabungan sendiri bisa jadi cara yang lebih baik. Namun, cermat dan bijaksanalah dalam memanfaatkan uang tabungan dalam membangun usaha.
Keluarga dan teman
Jika tidak punya cukup tabungan untuk memulai bisnis, jangan patah semangat dulu. Undang keluarga dan teman untuk berinvestasi dalam UKM kita. Jika usaha kita sukses di kemudian hari, jangan lupa untuk mengembalikan uang mereka. Sebelumnya, katakan kepada mereka bahwa untuk mengembalikan uang mereka akan membutuhkan beberapa waktu.
Crowdfunding
Jika kedua cara di atas tidak memungkinkan, cobalah cari pendanaan dengan crowdfunding. Crowdfunding atau dalam bahasa sederhananya “patungan” bisa menjadi alternatif mendapatkan modal untuk memulai bisnis. Kini ada banyak situs yang memungkinkan kita melakukan crowdfunding. Pengguna situs cukup memaparkan ide bisnisnya. Jika ide bisnis cukup menarik, orang-orang akan mau patungan agar bisnis tersebut berjalan. Jangan lupa ya untuk menawarkan imbalan yang menarik untuk mereka. Biasanya imbalan bisa berupa produk awal bisnis.
Angel investor
Jika UKM kita sudah berkembang ke tahap selanjutnya dan membutuhkan dana, maka angel investor bisa menjadi opsi pendanaan yang oke punya.  Angel investor sendiri adalah individu atau sekelompok orang kaya yang menawarkan permodalan. Biasanya, para pemodal ini akan menjadi pemilik saham sebagai imbalannya.
Pinjaman bank
Pinjaman bank adalah opsi yang tepat bagi UKM yang memang sudah berjalan dan sedang membutuhkan dana. Tapi, bersiaplah dengan proses yang biasanya cukup sulit dan memakan waktu karena bank harus mengulas bisnis yang sedang berjalan.
Selalu ada risiko dalam berbisnis. Pilihlah cara permodalan yang sesuai dengan tahap perkembangan UKM kita.
Sumber: Smallbiztrends

Tidak ada komentar:

Posting Komentar