Kamis, 05 Juni 2014

50 Pertanyaan untuk Menajamkan Visi Bisnis (Bagian 1)

Marketing.co.id - Tahun baru adalah momentum yang sangat baik untuk menajamkan visi bisnis Anda. Hal ini perlu dilakukan agar selaku pemimpin Anda dapat menahkodai organisasi dengan fleksibel dan dinamis menghadapi semua perubahan dan perkembangan yang terjadi. Sering kali, satu perubahan kecil dapat menyebabkan perbedaan besar atas hasil yang akan Anda petik di kemudian hari.
Ada 50 daftar pertanyaan yang memperkuat visi bisnis Anda khususnya di bidang pemasaran, penjualan, dan operasional. Jika Anda belum mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, mulailah mencari jawabannya dari pengalaman Anda, masukan tim, arahan mentor, riset, dan lain sebagainya. Bila diabaikan bisa saja kelak akan berakibat fatal bagi keseluruhan bisnis Anda. Pada edisi kali ini dipaparkan separuh dari 50 daftar pertanyaan untuk menajamkan visi bisnis Anda:
  1. Apa bentuk bisnis yang Anda geluti saat ini? Apa yang sebenarnya Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pelanggan Anda?
  2. Apa misi perusahaan Anda? Definisikan misi dalam hal apa yang melatarbelakangi berdirinya perusahaan, apa yang ingin dicapai?
  3. Apa yang ingin Anda dengar ketika pelanggan Anda berbicara dan berpikir tentang perusahaan?
  4. Siapa pelanggan sempurna Anda? Deskripsikan usia, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan kebutuhan mereka.
  5. Apa pendapat pelanggan Anda tentang “nilai”? Apa manfaat yang pelanggan Anda cari atau harapkan ketika berurusan dengan perusahaan?
  6. Apa kompetensi inti perusahaan Anda? Apa keahlian khusus yang dimiliki perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?
  7. Apa yang membuat Anda lebih unggul dari para pesaing?
  8. Siapa pesaing Anda? Siapa saja yang memasarkan produk atau jasa yang sama kepada calon pelanggan Anda?
  9. Siapa pesaing terbesar atau utama Anda?
  10. Siapa lagi pesaing “sekunder” Anda? Yang menawarkan produk atau jasa alternatif atas apa yang Anda pasarkan?
  11. Mengapa pelanggan potensial Anda membeli dari pesaing? Apa manfaat yang mereka terima darinya yang tidak mereka dapatkan dari Anda?
  12. Manakah produk atau jasa pemberi keuntungan paling tinggi? Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya?
  13. Produk, jasa, pasar, pelanggan atau kegiatan apa yang harus ditinggalkan untuk mendapatkan lebih banyak waktu?
  14. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan pesaing Anda dan membuat mereka membeli dari Anda?
  15. Bagaimana cara meningkatkan aktivitas pemasaran Anda untuk mendapatkan lebih banyak prospek/calon dan menarik lebih banyak pelanggan potensial?
  16. Apakah produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan sudah cukup unik dan bersifat spesialisasi?
  17. Deskripsikan perbedaan mencolok Anda jika dibandingkan dengan pesaing?
  18. Deskripsikan keunggulan bersaing Anda secara spesifik jika dibandingkan dengan pesaing?
  19. Apa tipe pelanggan yang akan mendapatkan manfaat maksimal dari keunggulan produk atau jasa Anda?
  20. Aktivitas spesifik apa yang dapat dilakukan di bidang advertising, promosi, dan penjualan untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungan?
  21. Bagaimana cara Anda mengonversikan lebih banyak prospek menjadi pelanggan?
  22. Pelanggan mana yang merugikan Anda? Pelanggan mana yang tidak lagi sepadan antara kontribusi yang diberikan dengan waktu dan energi yang mereka habiskan dari perusahaan Anda?
  23. Kegiatan apa yang harus Anda tinggalkan atau kurangi sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan-kegiatan yang lebih produktif?
  24. Apa positioning Anda saat ini di pasar? Bagaimana orang berpikir dan berbicara tentang Anda dan bisnis Anda?
  25. Apa merek Anda di pasar saat ini? Kira-kira berapa banyak orang yang mengenal merek Anda di pasar tersebut?
  26. Apa saja reputasi yang dibutuhkan untuk membantu Anda mengembangkan merek ini?
Itulah beberapa dari 50 daftar pertanyaan guna menajamkan visi bisnis Anda dalam mengarungi tahun yang penuh dengan harapan dan keberuntungan ini. Nantikan pertanyaan-pertanyaan berikutnya dalam edisi mendatang.
Kevin Wu
Managing Director CoreACTION result consulting

Tidak ada komentar:

Posting Komentar