Rabu, 04 Juni 2014

5 Tips Membuat Bisnis Sampingan

sideBMemiliki bisnis sampingan adalah sebuah pilihan dengan berbagai alasan di baliknya. Kimberly Palmer, Editor Senior di U.S News & World Report adalah salah satu orang yang memutuskan berhenti dari posisinya dan memilih menekuni bisnis sampingannya.
Ia mengakui memulai bisnis sampingan karena merasa posisi pekerjaannya tidak aman. Ia merasa bisa saja sewaktu-waktu dipecat. Pada resesi 2009 ia juga merasakan tekanan finansial.
Dalam bukunya yang berjudul The Economy of You: Discover Your Inner Entrepreneur and Recession-Proof Your Life. Ia memberikan lima tips bagi yang ingin membuat bisnis sampingan. Berikut tipsnya:
Cari tahu apa yang ingin Anda tawarkan. Sebelum memulai bisnis penting untuk bisa meraba pasar dan mencari pasar mana yang tepat untuk bisnis Anda. “Pergilah ke situs e-commerce populer seperti Etsy, Fiverr, Elance, atau Freelancer.com untuk mengetahui bagaimana orang-orang menghasilkan uang,” ujar Palmer dalam bukunya.
Dengan mengeksplorasi marketplace, pengusaha pemula akan lebih memahami apa yang mereka mungkin tawarkan atau bagaimana harga yang ditawarkan oleh pengusaha lain.
Tekan Biaya. Palmer mengatakan bahwa kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengusaha pemula adalah mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk menjalankan bisnis. Palmer menyarankan agar pengusaha pemula memanfaatkan e-commerce yang ada seperti Etsy atau eBay sehingga bisa menekan biaya untuk membuat website mahal.
Identifikasi kelemahan. Anda mungkin seorang desainer grafis berpengalaman, tapi mungkin saja Anda kurang berpengalaman dalam pemasaran dan penjualan. Dengan mengetahui kelemahan diri, Anda bisa mengatasi kelemahan tersebut dengan bekerja sama dengan pengusaha atau orang yang memiliki keahlian tersebut.
Uji pasar. Menurut Palmer sulit untuk mengetahui atau memprediksi apa yang diinginkan pelanggan. Mengumpulkan saran dari para klien bisa membantu pengusaha untuk mengetahui apa yang benar-benar diinginkan oleh target audiens.
Rengkuhlah tantangan. Jika Anda baru kali pertama terjun ke dunia wirausaha, mungkin tidak akan selalu sukses dalam satu kali percobaan. Namun, jangan sampai kegagalan awal ini membuat pengusaha patah arang. “Ketahuilah bahwa akan ada kegagalan dan gundukan selama perjalanan. Menjadi pengusaha berarti akan ada penolakan. Artinya Anda hanya perlu melakukan penyesuaian terhadap apa yang Anda tawarkan,” katanya.
Nah, bagi Anda yang ingin membuat bisnis sampingan, selamat mencoba tips di atas.
Sumber: Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar