Minggu, 13 Januari 2013

Nasehat Dari Warren Buffett

1. Great Mindset (cara berpikir )
Kaya adalah mindset. Warren Buffett pernah berkata “Saya selalu yakin, bahwa Saya akan kaya dan tak pernah meragukannya biar semenitpun (“I always knew I was going to be rich. I don’t think I ever doubted it for a minute.”)
Orang kaya dan orang miskin dapat dibedakan melalui mindset mereka. Mindset orang miskin adalah memikirkan tentang kekurangan. Sedangkan orang kaya selalu berpikir akan kelimpahan dan kemakmuran. Keyakinan kita-lah yang menentukan cara kita mendapatkan kekayaan, keputusan yg kita ambil dan cara kita bergerak.
2. Jangan Bermain Judi
Judi merupakan permainan orang bodoh. Buffett memegang prinsip investasi sebagai berikut
Aturan Investasi 1: Jangan kecewakan pemegang saham, hasilkan uang
Aturan ke 2: Jangan lupa aturan no 1
“Gambling Is A Fools Game“Rule No.1: Never lose money. Rule No.2: Never forget rule No.1.” - Warren Buffett
3. Bergaullah dengan orang-orang sukses (pilih org yg bersikap lbh baik, bukan yg mempunyai uang lbh banyak )
Apabila Anda ingin sukses, bergaullah dengan orang yang lebih sukses dari Anda.
” Lebih baik ngumpul dgn orang2 yg lebih baik dr kita. Carilah org yg kebiasaan /sifatnya lebih baik dr mu dan Anda akan mengalir ke arah yg lbh baik.”
Pemikiran kita banyak dipengaruhi oleh orang yang paling sering bergaul dengan kita, suka atau tidak kita akan terpengaruh. Maka dari itu, pilihlah dengan siapa Anda bergaul. Warren Buffett berkata “It’s better to hang out with people better than you. Pick out associates whose behavior is better than yours and you’ll drift in that direction.”
4. Sukses bukan hanya Uang
Buffett pernah diwawancarai CNBC, Apa rahasia sukses Anda? Buffett menjawab “Saat seseorang mencapai usia seperti Saya, dan punya org yg mencintai dan dicintai. Orang demikian dapat dikategorikan sukses”
Sukses adalah mengerjakan sesuatu yang Anda sangat sukai dan melakukannya dengan baik, begitulah pesan Warren Buffett. Sukses bukan pada punya uang atau tidak.
Warren Buffett said “Success is really doing what you love and doing it well. It’s as simple as that. I’ve never met anyone doing that who doesn’t feel like a success. And I’ve met plenty of people who have not achieved that and whose lives are miserable.”
5. Hidup Hemat
Prinsip hidup Buffett adalah “Pengeluaran lbh kecil dr pendapatan”. Anda tdk mungkin mencapai level millionare jika pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan.
Buffet terkenal dgn gaya hidupnya yg sederhana. Hingga saat ini dia msh tinggal di rumah yang dibelinya pada tahun 1958.
6. Jauhi Berutang untuk Konsumsi
Buffett sangat anti utang untuk konsumsi. Buffett berutang dgnsecara bijak sebagai leverage investasi yang ia lakukan.
7. Beramallah
Buffett sangat dikenal sebagai dermawan. Dia pernah menyumbangkan sekitar 75% kekayannya pada yayasan sosial milik Bill Gates. Namun, justru tahun berikutnya kekayaan Buffett bertambah dan menjadi orang terkaya menggeser posisi Bill Gates.
Buffett pernah berkata “Dari banyak milyarder yg kukenal, uang adalah cermin karakter dalam diri mereka. Jika mereka orang tolol, sebelum mendapatkan uang, mereka juga akan jadi orang tolol dengan milyaran dollar”.
“Of the billionaires I have known, money just brings out the basic traits in them. If they were jerks before they had money, they are simply jerks with a billion dollars.” - Warren Buffett
8. Kemurahan hati dan Kelimpahan berjalan seiring
Buffett berkata ” Walau Ben Graham (guru Buffet), mempunyai segalanya dalam hidup ini, dia ingin menyumbang sesuatu, dgn mengajar. Sama seperti kita diberi kemurahan oleh org lain. Kami tidak ingin berkat itu berhenti di kami. Kami ingin berkat itu berkelanjutan kepada yg lain.”
Kelimpahan yang kita dapat pasti tidak hanya hasil usaha satu orang, Anda pasti di bantu orang lain murah hati, jadi di saat ada kesempatan bayarlah kembali dgn membantu yg lainnya. “
Pesan Buffett “Anda hanya perlu melakukan beberapa hal2 yg tepat dlm hidup ini, asalkan Anda tdk melakukan terlalu banyak hal2 yg salah.”
Nah, itulah prinsip hidup Warren Buffett dalam meraih kesuksesan.
selain itu ada beberapa hal menarik lagi dari prinsip2 warren e. buffett:
  1. dia tidak pernah tahu berapa harga2 saham yg dia beli ( dia selalu mencoba untuk memonopoli perusahaan yg dibeli sahamnya )
  2. setiap hari dia menghabiskan waktu 8 jam untuk membaca ( makanya dia pinter )
  3. dia selalu berpendapat : ” wall street adalah satu2nya tempat orang2 naik Rolls Royce mendapatkan saran dari orang2 yang naik kendaraan umum (kereta)”
  4. dia selalu berpendapat: ” belajarlah kesalahan dari pengalaman orang lain bukan dari pengalaman diri kita sendiri” ( lebhi tepatnya, sedia payung sebelum hujan. jadi dia ga kebagian rugi )
  5. dia selalu berpendapat: ” analis, penasihat, pialang-orang2 bodoh yg perlu dihindari”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar