Jumat, 18 Januari 2013

Cukup Rp 7 juta, Anda bisa jadi agen JNE

JAKARTA. Bagi Anda yang memiliki kantong pas-pasan tetapi memiliki properti dan kendaraan, tak ada salahnya mempertimbangkan diri menjadi mitra perusahaan pengiriman barang JNE.

Sebab, menjadi mitra perusahaan pengiriman barang ini bisa dengan Rp 7 juta, dengan syarat memiliki tempat layanan (bisa toko atau ruko atau tempat usaha) dan memiliki kendaraan (bisa mobil atau sepeda motor).

“Soal persyaratan lokasi, kami bisa meninjau terlebih dahulu. Sebaiknya lokasi berada di pusat bisnis atau lokasi yang ramai,” kata Visi Firman, Head of Corporate Communications JNE saat berkunjung ke KONTAN, Rabu (28/3).

Namun, dari sisi lokasi, Visi mengusulkan calon mitra mencari lokasi di pusat pebelanjaan atau di pusat bisnis dan perkantoran. “Contohnya lokasinya itu seperti pusat belanja ITC, itu lokasi yang sangat bagus,” kata Visi.

Saat ini, JNE memiliki 2.000 gerai yang melayani pengiriman dan pendistribusian barang di seluruh Indonesia. Dari 2.000 gerai layanan itu, hanya 21 gerai yang milik perusahaan. “Sisanya itu mitra kami ,” terang Visi.

Soal persyaratan menjadi mitra JNE juga tidak terlalu rumit. Untuk administrasinya adalah, surat permohonan, badan hukum usaha, photo copy KTP, surat izin Usaha perusahaan, NPWP Perusahaan, pas foto pemilik, denah dan foto lokasi, dan tidak terikat kerjasama dengan pihak lain dengan usaha sejenis. “Uang administrasinya cukup Rp 2 juta,” kata Visi.

Selain itu, ada uang jaminan alias keagenan sebesar Rp 5 juta yang akan dikembalikan apabila masa kontrak kerjasama keagenan berakhir atau diakhiri oleh salah satu pihak.

Selain itu nanti ada klausul kesepakatan yang perlu diteken, seperti persyaratan pajak reklame, kesepakatan setoran tunai harian, dan komitmen wajib online transaksi apabila omzet mencapai Rp 50 juta.

Untuk sumber daya manusianya, Anda bisa mencari dua petugas dengan minimal pendidikan setingkat SLTA. Petugas ini nantinya akan memiliki sertifikasi kelulusan training dari JNE Kantor Pusat. Selain itu petugas bisa melakukan penjemputan pick-up kiriman dari pelanggan dan pengirim.

Selain menyediakan tempat layanan, calon mitra juga harus memiliki satu buah timbangan digital yang bertera dengan kemampuan menimbang minimum 100 kilogram. Selain itu memiliki satu set komputer berikut dengan printer yang terkoneksi ke internet.

Pendapatan bisa 27% dari omzet
Bagi calon mitra yang berminat, tentu harus mempertimbangkan keuntungan menjadi mitra JNE. Visi bilang, perusahaan memiliki target agar kerjasama bisnis tetap bisa dipertahankan. “Kami memiliki target omzet untuk tiga bulan pertama,” kata Visi.

Target bisnis tiga bulan pertama itu adalah, nilai omzet minimal harus Rp 5 juta per bulan. Hitungan transaksi ini mempertimbangkan laba yang harus didapatkan oleh mitra. “Laba mulai dari 22% sampai 27%,” terang Visi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar