Sabtu, 12 Januari 2013

Jadilah Seorang Kapitalis Modern

Kata “kapitalis” lebih sering dikonotasikan negatif. Lebih banyak orang yang beranggapan bahwa kapitalis adalah orang yang mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Sah-sah saja untuk beranggapan seperti ini, karena memang kurang lebih arti kata itu ya seperti itu. 

Namun…
Kapitalis itu ngga selalu jelek, apalagi kalau ditambahkan kata “modern”. Tapi, tolong diingat bahwa ini hanyalah arti menurut seorang Billy Boen ya. Jangan kemudian ini diartikan secara luas, karena saya tidak bisa mewakili kamus Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Apa arti Kapitalis Modern menurut saya, sampai saya berani menulis judul tulisan saya: 

“Jadilah Seorang Kapitalis Modern”?
Menurut saya, Kapitalis Modern adalah orang yang mampu mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu, yang tentunya menguntungkan diriya, TAPI juga menguntungkan si orang yang diajak melakukannya itu. Bingung? Begini.

Di dalam kerjaan, banyak ‘BOSS’ yang bisanya hanya nyuruh-nyuruh alias ‘bossy’. Dan tipe atasan seperti ini cenderung ngga disukain sama timnya. Jadi jelas, janganlah jadi atasan yang seperti ini.

Ada juga tipe atasan yang ngga ‘bossy’. Dia memberikan arahan, kemudian ketika pelaksanaan, dia juga turun tangan. Kalau perlu dia lepas dasi dan gulung kemejanya, itu akan dia lakukan. Nah, biasanya atasan seperti ini yang disukai oleh timnya. Jadilah atasan yang seperti ini.

Ada juga, tipe atasan yang berpikir sendiri, dan ngga mau membagikan ide maupun pandangannya. Aneh? Ngga aneh! Banyak orang yang takut orang lain jadi lebih pintar. Atasan yang seperti ini sesungguhnya merasa ‘unsecured’ alias tidak pede. Dia paranoid atau memiliki ketakutan yang berlebihan. Dia takut kalau timnya sewaktu-waktu jadi lebih pintar darinya, dan posisinya tergeser.

Lalu, seperti apakah Kapitalis Modern?
Kapitalis Modern adalah orang yang ngga sombong (humble), menghidupi nilai-nilai positif (great attitude & set by example), serta ngga pelit dalam berbagi. Tipe orang seperti ini akan mampu ‘menggerakkan’ orang lain dan mendapatkan apresiasi dari orang tersebut. Ilustrasi mudahnya:

Seorang Kapitalis Modern yang meminta tolong dengan sopan kepada si A untuk memindahkan meja dari kantornya ke kantor di seberang jalan akan mendapatkan ucapan “Terima Kasih” dari si A, setelah si A menjalankan tugasnya dengan baik. Bahkan selama si A menjalankan tugasnya, si A tidak mengeluh dan mengumpat sama sekali. Koq bisa?

Karena si Kapitalis Modern, ketika meminta tolong si A, dia memberitahukan alasan kenapa pentingnya meja tersebut dipindahkan, dia memberitahukan si A bahwa dia memilih si A untuk yang melakukannya karena dia paling percaya ke si A (tanpa mendiskreditkan yang lain), dan juga mengajarkan si A bagaimana untuk memindahkan meja tersebut dengan sebaik mungkin alias ngga pelit dalam berbagi ilmu.

Kalau si A bersikap dewasa, maka sepantasnya dia akan bilang “Terima Kasih”. Kenapa? Karena dia dipercaya oleh si Kapitalis Modern untuk melakukan hal penting tersebut, dan setelah melakukan tugas itu, ilmunya jadi bertambah karena telah diajarkan cara terbaik melakukan tugasnya itu. Dan,… ini bukan sebuah instruksi, tapi lebih sebagai sebuah permintaan tolong (saya bold tulisan “meminta tolong dengan sopan” di atas) layaknya kepada seorang teman, meski si Kapitalis Modern mungkin adalah atasannya sendiri.

Bayangkan, enak kan kalau bisa meminta tolong orang lain, kemudian permintaan tolong tersebut dijalankan dengan baik, dan diakhir tugas tersebut orang tersebut masih bilang “Terima Kasih” kepada Anda? Nah, mulai sekarang, jadilah orang yang humble dan hormat kepada semua orang. Menghormati orang tua, orang yang lebih senior, atasan mah gampang. Coba untuk hormati office boy, satpam, pembantu, supir, tim Anda, penjaga toilet di mall-mall, penjaga karcis di parkiran mall maupun di gerbang tol, pelayan di restoran, dan sebagainya. Cobalah untuk selalu senyum kepada mereka dan bilang “Tolong” ketika Anda ingin meminta tolong mereka untuk melakukan sesuatu, dan jangan pernah lupa untuk bilang “Terima Kasih” dengan senyum ketika mereka sudah melakukannya.

Jadilah Seorang Kapitalis Modern
Billy Boen
www.billyboen.com
Chief Executive Officer – PT Jakarta International Management & Consulting
Author & Host Radio Show “Young On Top” on Kis 95.1fm Jakarta, setiap Rabu pukul 7-8 malam
Twitter: @billyboen
Facebook: www.facebook.com/billyboenYOT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar