Sabtu, 12 Januari 2013

Lewati Hadangan Orang Lain!

Semua orang ingin sukses. Tapi tidak semua orang akan sukses. Inilah yang selalu saya katakan di semua seminar dan workshop yang saya adakan. Saya memang bukan seorang motivator. Saya hanyalah seseorang yang berharap bisa menginspirasi orang lain dengan apa yang saya lakukan. Saya adalah orang yang optimis dan realistis. Namun, apa yang saya katakan di atas, itulah kenyataanya… tidak semua orang akan sukses.
 
Mudah untuk seorang motivator bilang, “Kalau kamu percaya, kamu pasti bisa.”Kalimat ini pada intinya samadengan teori “The Law of Attraction”. Teori ini sempat dipopulerkan oleh buku “The Secret” karya Rhonda Byrne beberapa tahun yang lalu. Betapa tidak populer? Oprah membahas buku ini di salah satu episodenya!

Saya setuju dan percaya bahwa teori itu benar. Tapi, masalah sesungguhnya yang dihadapi oleh banyak orang adalah pertanyaan di dalam dirinya sendiri, “Bagaimana untuk bisa benar-benar percaya kalau saya benar mampu meraihnya?”
 
Kalau Anda bisa memejamkan mata, kemudian percaya 1,000% bahwa ketika Anda membuka mata, di depan Anda akan ada sebuah mobil Ferrari,…‘keajaiban’ mungkin saja akan terjadi. Nah, masalahnya, untuk bisa percaya 1,000% itu yang susah. Ada sepersekian persen aja keraguan dalam diri Anda, apa yang Anda harapkan tidak akan terjadi begitu saja dalam sekejap.
 
Kalau sudah sadar bahwa Anda tidak seharusnya menunggu keajaiban, lalu apa yang Anda harus lakukan untuk bisa menjadi orang yang sukses?
***
Jaman sekarang ini, banyak motivator yang memang kerjanya adalah untuk membakar semangat peserta seminarnya. Mereka memang orang-orang hebat. Merekamampu ‘masuk’ kedalam diri Anda sesaat, dan mengajak Anda untuk berani mengambil langkah terkecil, apapun itu, kearah sebuah arti kesuksesan. Ini penting, karena tanpa langkah pertama, tidak akan ada langkah kedua, ketiga dan seterusnya. Tanpa ada langkah pertama, jangan harap Anda bisa mencapai ‘garis finish’.

Tapi, jumlah motivator yang ada, kalah jauh dengan jumlah orang-orang yang ada di sekeliling Anda, yang bilang, “Manamungkin?”, “Itukan susah!”, “Ngga akan bisa, coba aja!”, “Anda yakin? Saya ngga yakin Anda bisa”, dan seterusnya. Apakah profesi mereka adalah ‘de-motivator’? Saya yakin tidak. Seperti garam yang ada hampir di semua masakan, mereka ada di mana-mana. Dan, mereka ini bukan hanya orang-orang yang tidak suka dengan Anda. Mereka yang mencintai Anda pun ‘mampu’ untuk berkata seperti itu ke Anda.

Ketika saya SMU, saya sering bilang ke Ibu saya bahwa suatu saat nanti saya sangat ingin menjadi orang yang sukses. Saya ingin beli mobil ini, mobil itu, rumah besar, dan sebagainya. Mungkin karena saking seringnya saya bilang begitu ke ibu saya, suatu hari dia bilang, “Bill, Mama kawatir deh. Suatu saat kamu ngga mampu meraih itu semua, kamu bisa jadi gila. ”Apakah ibu saya bilang begitu karena dia tidak cinta sama saya? Kebalikannya! Justru dia sangat cinta sama saya, dan khawatir suatu saat saya tidak bisa merealisasikan mimpi saya.

Namun, mereka yang berkata demikian, secara tidak langsung telah ‘menghadang’ Anda dalam meraih apapun yang Anda artikan sebagai sebuah arti kesuksesan; mereka tidak bermaksud demikian, tapi itulah kenyataannya. Kalau Anda mendengar kanapa yang mereka katakana, di dalam hati kecil Anda, Anda sudah mulai merasa ragu bahwa Anda akan mampu!
***
Lalu, apa yang Anda harus lakukan?
  1. Ketahui apa yang Anda ingin capai. Ingat, kalau Anda tidak tahu mau kemana, Anda tidak akan kemana-mana
  2. Pastikan bahwa yang Anda ingin capai adalah hal yang besar. Hal yang mungkin saat ini kedengarannya mustahil.
  3. Caritahu, ‘step-by-step’-nya jalan ke arah mimpi Anda itu. Mulai ambil langkah pertama. Lewati semua ‘polisitidur’ dan jalan rusak yang ada, sampai Anda sampai di tujuan.
Ngga ada jalan lain untuk meraih sukses, selain tahu apa yang maudicapai, kemudian never give up! Mendengarkan pendapat atau masukan dari orang lain, perlu! Tapi, apa yang mereka katakan, tidak selalu adalah yang terbaik untuk Anda. Anda yang seharusnya paling tahu apa yang terbaik untuk diri Anda sendiri.
Miliki keyakinan, lewati hadangan orang lain! MAJU TAK GENTAR!
Billy Boen
www.billyboen.com
Chief Executive Officer – PT Jakarta International Management & Consulting
Author
 & Host Radio Show “Young On Top” on Kis 95.1fm Jakarta, setiap Rabu pukul 7-8 malam
Twitter: @billyboen
Facebook: www.facebook.com/billyboenYOT

Source: kickandy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar