Jumat, 18 Januari 2013

Creativepreneur – Era Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah ide, ia bertanya untuk mengubah ide menjadi produk - John Howkinsa

Banyak perusahaan memilih memperkecil bisnisnya dan mungkin itu benar untuk mereka, tetapi kami memilih jalan lain, Belief ( Kepercayaan ) kami adalah bila kami terus membuat produk yang luar biasa, konsumen akan terus membuka dompetnya - Steve Jobs

Alvin Toffler dalam buku The Third Wave pernah mengatakan bahwa peradaban manusia telah melalui gelombang pertama,yaitu pertanian, gelombang kedua yaitu perindustrian dan gelombang ketiga yaitu abad informasi dan tehnologi, apa yang dikatakan itu terbukti sekarang dengan menjamurnya internet komputer dll, namun Nomura Institute dari Jepang mengatakan bahwa kreativitas akan mendominasi ekonomi mendatang, menggantikan abad informasi sebagai gelombang keempat yaitu abad Kreativitas.

Kreativitas akan menjadi aktivitas ekonomi mendatang, menggantikan fokus kini pada informasi, menurut sejarah, agrikultur, perindustrian dan informasi merupakan hal yang dominan dalam aktivitas ekonomi, Kreativitas pun akan menggantikan abad informasi sebagai fokus dominan ekonomi global. Ekonomi Kreatif adalah bisnis ide, dan bisnis ini adalah bisnis yang besar dan semakin besar. menurut John Howkins dalam buku " How People make money from Idea "

Apple merupakan perusahaan industri kreatif yang mampu menggabungkan berbagai bidang disiplin mulai dari design, tehnologi terkini, branding, diramu menjadi suatu produk kreatif dan bernilai dan laku di pasaran konsumen dunia, produk kreatif apple menunjukkan gabungan beberapa karakteristik unggulan antara lain : Simple Design, Simple user interface, High Quality Components, Coherent software dan hardware, dan menjualnya dengan margin keuntungan yang tinggi, dan Apple telah melakukan hal luar biasa pada marketing dan branding, ini kunci suksesnya BRANDING yang telah menciptakan group of loyal customer, bahkan mereka melakukan EMOTIONAL MARKETING dengan menciptakan lifestyle, bahkan ditambahkan dengan mottonya yang terkenal " Think Different " mereka telah menciptakan citra ini saat anda akan ingin membeli produk apple.

Apple adalah suatu perusahaan contoh yang sukses karena hasil kreativitas dan innovasi dalam berbagai bidang ( grafis, produk, tehnologi, jaringan distribusi, cara membangun BRAND, cara memasarkan produknya ) yang menyatu secara utuh, hal penting adalah keuntungan yang luar biasa yang diperoleh karena sikap KREATIF yang ditunjukkannya, kesuksesan apple tidak lepas dari sang CREATIVEPREANEUR Steve Jobs.

Untuk menjadi seseorang CREATIVEPRENEUR tidak hanya mempunyai tingkat intelektual yang tinggi IQ (otak kiri) tetapi anda harus dapat menyeimbangkan kemampuan intelektualnya tersebut dengan otak kanannya. Dimana otak kanan ini sangat berguna untuk membantu pemikiran-pemikiran kita agar dapat menciptakan suatu ide yang Out Of The Box (unik).

Untuk menjadi seorang CREATIVEPRENEUR , anda harus  melatih otak kanan dengan metode-metode tertentu.berikut hal-hal  yang dapat menunjang berkembangnya otak kanan adalah sebagai berikut:

  • Talenta, belajarlah di lembaga-lembaga pendidikan yang dapat melatih kita berfikir secara Out of the box.

  • Hindari Mental Blocking , Kita semua harus membuat ide-ide yang ada di dalam pemikiran kita kita tanpa ada halangan/hambatan sehingga kita dapat mengeksplorasi kemampuan otak kita .
  • Teknologi,Dewasa ini teknologi sudah menjadi alat bagi kita untuk menjadi lebih kreatif.
Bukan hanya dengan senjata yang canggih anda bisa memenangkan pertempuran, tetapi lebih penting siapa orang dibalik senjata tersebut ( The man behind the gun )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar