Kamis, 23 Mei 2013

Strategi Marketing untuk Kuliner

Banyak sekali yang berhasil. Namun banyak sekali juga yang Gagal. Kalimat tersebut sangat cocok untuk mengawali tulisan ane mengenai dunia kuliner, rumah makan, restoran.  Walau banyak sekali yang gagal, biasanya akan tumbuh usaha kuliner yang baru. Yap. Sangat wajar karena potensi bisnis ini masih memberikan margin yang sangat tinggi dibandingkan bisnis lainnya.
Di Jogja sendiri tanpa perencanaan yang matang. Sebuah usaha kuliner paling paling hidup maksimal Cuma dua tahun.  Namun begitu  usaha kuliner berhasil dan mendapatkan nama, biasanya bisa hidup jangka panjang sampai bisa diwariskan. Namun banyak juga usaha kuliner yang berhasil yang terkadang dikaitkan dengan takhayul. Tutup setiap malam jumat, atau memakai pesugihan, dll Bahkan kemarin kemarin ane habis diceritain oleh teman ane, kalo ada usaha warung makan temannya yang biasanya selalu laris. Namun mendadak sepi bulan bulan berikutnya. Usut punya usut setelah mengundang kyai, eh ternyata semua orang yang melintasi warung makannya itu selalu melihat bahwa warung tersebut tutup. Padahal selalu buka.. hiiiiii seremmmm

“Kak Embun, ini mau bahas cerita horror atau strategi marketing usaha kuliner ya?” Tanya Clara tiba tiba

Oh iya maafkan aku Clara. Dan terimakasih udah mengingatkan kakak yang seringkali melebar kemana mana. Sekarang to the point aja ya. Di artikel ini gue mau share aja beberapa strategi marketing unik yang bisa loe pakai kalau loe punya usaha makanan, restoran atau semacamnya.

- Parkir Kendaraan

Ini strategi udah dari nenek moyang yang biasanya diterapin beberapa start up perusahaan kuliner pada umumnya. Karyawan, saudara, pemilik atau siapapun disuruh parkir didepan rumah makan akan terlihat ramai.

- Internet Marketing dan Social Media

Banyak sekali rumah makan.terutama yang manajer atau pemilik rumah makannya adalah anak anak muda. Pasti tidak akan lepas strategi marketing via social media.
  • Jika ngetweet dengan mention nama rumah makan akan dapat discount dengan menunjukkan twit tersebut
  •  Kerjasama dengan para pemilik twitter yang mempunyai follower puluhan ribu/ratusan ribu untuk mention usaha warung makan loe.
  • Membuat fanspage di Facebook untuk memberikan iklan gratis secara detail
  • Menggunakan aplikasi di twitter untuk searching kata kata yang mengandung produk dari usaha loe. Katakanlah usaha warung lele. Maka tinggal aja di filter aja yang pada makan di warung warung lele daerah loe. Langsung aja loe mention untuk nyobain warung loe. Misalnya
  • Online Discount. Kerjasamalah dengan website website semacam livingsocial, disdus.com untuk memberikan discount bagi yang membawa voucher tersebut.

- Strategi unik Ala D’cost

Gue bingung kategori apaan untuk strategi yang dilakukan oleh D’cost karena selalu menarik untuk disimak dan mungkin bisa ditiru untuk restorant lu.
  • Tambah nasi sepuasnya.Harga nasi di D’cost sangatlah murah. Cuma gopek. Itupun bisa tambah sepuasnya
  • Kawin Gratis, kalo hamil baru bayar.Nah ini cocok buat yang mau nikah tapi blm punya uang cukup. Semua pesta, dekorasi, catering semua free. Nanti bayarnya kalo istrinya sudah hamil. Bisa dicicil atau sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan bersama.
  • Discount sesuai Umur.Jadi kalo loe umurnya 24 tahun maka loe dapat discount 24%. Dan kalo loe umur 99tahun berarti loe discount 99%
  • Discount Gerombolan. Kalo loe ke D’Cost 5 orang brarti loe dapat discount 5%. Dan jika ke D’cost 30 orang maka loe akan dapat discount 30%
  • Promo up to You Price. Makan sepuasnya dan bayar sesuka hati bagi loe yang memilik kartu kredit bank yang sudah kerja sama dengan Dcost

- Strategi unik ala Mbah Mo

Di Jogjakarta ada bakmi yang letaknya lumayan jauh dari Jogja. Namun selalu ramai didatangi oleh orang orang dari luar kota jogja. Apa sih rahasianya kok bisa ramai begitu?
  • Mbah Mo selalu ngasih uang receh ke cucu cucunya untuk kemudian meminta mereka menelpon ke Radio Radio local yang ada di Jogja. Kan sering tuh ada acara request lagu dan titip salam. Nah mereka keponakan dari mbah Mo request lagu tertentu kemudian titip salam buat Bakmi Mbah Mo yang paling enak sejagad raya.  Strategi yang sangat murah, namun banyak di dengarkan oleh orang2 penikmat radio
  • Melobi Supir Para Pejabat. Mbah Mo selalu melakukan lobi kepada para supir Pejabat untuk membawa mereka ke kuliner khas Jogja. Yaitu Bakmi Jawa ditempatnya.
  • Dimanapun dia pergi. Dia selalu menceritakan tentang Bakminya. Saat ini pun terkenal dengan Franchise Bakmi Pak Man

- Nomor 2 terenak di Dunia

Sering banget kita melihat beberapa restorant yang sudah kerap melakukan strategi ini. Di tulis bahwa makanan di warung makan dia adalah nomor 2 paling enak didunia. Gak peduli survey siapa yang melakukan. Tapi terkadang hal seperti ini menjadi salah satu daya tarik bagi customer yang datang ketempat loe.

- Strategi lainnya

Masih banyak lagi strategi marketing yang dapat loe terapkan di warung makan loe. Misalnya saja:
  • Bagi pengunjung yang memiliki mobil dengan plat nomor ganjilnya ada tiga dapat discount tertentu
  • Kalo habis gratis. bagi siapapun pengunjung yang bisa menghabiskan makanan dalam waktu tertentu maka makanan tersebut gratis
  • Kerjasama buat rekor Muri atau semacamnya.
  • Mencontoh Guerilla Marketing yang dilakukan oleh Burger King. Burger King menjatuhkan ribuan Dompet di Jalan Raya. Didalam dompet tersebut berisikan uang, peta letak outlet burger king di kota tersebut, serta voucher yang bisa ditukarkan.
Nah itu adalah sedikit contoh dari strategi warung makan, restorant, café untuk menarik pelanggan. Bagaimana untuk memperlakukan pelanggan dengan baik setelah datang? Tunggu artikel part 2
Apa Strategi loe untuk menarik pelanggan datang?
@embune @mootife

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-limpa-bengkak/

    BalasHapus