Minggu, 26 Mei 2013

Ini Dia Strategi Pemasaran Minim Modal

Persaingan bisnis yang ketat, terutama dengan perusahaan besar, membuat para pebisnis kecil harus memiliki strategi pemasaran produk yang jitu. Modal pemasaran yang besar mungkin tak masalah bagi pebisnis besar, tapi untuk pebisnis kecil dan menengah modal pemasaran menjadi permasalahan yang sering kali dipusingkan.
Strategi pemasaran yang jitu sebenarnya tak melulu harus mengeluarkan dana yang besar. Berikut tips strategi pemasaran minim modal melalui media digital:
  1. Dapatkan dukungan dari tokoh terkenal
Tokoh terkenal tidak selalu harus selebriti nasional atau pejabat. Meminta dukungan dari tokoh masyarakat yang terkenal di lingkungan tempat tinggal juga sudah cukup memberikan kekuatan pada produk agar dilirik calon pelanggan.
Caranya mintalah feedback dari mereka untuk pelayanan atau produk Anda. Respon dari tokoh terkenal tersebut bisa ditaruh di blog atau website produk.
  1. Buat sebuah grup di LinkedIn
Grup di LinkedIn tidak hanya gratis dalam pembuatannya, tetapi juga menawarkan penggunanya jaringan profesional dan informasi bermanfaat yang dapat meningkatkan traffic website produk Anda dan meningkatkan penjualan.
  1. Publikasi pada blog tertentu
Mungkin masih sulit bagi pengusaha kecil untuk memunculkan mereknya di sampul depan majalah yang terkenal. Alternatifnya, Anda dapat membuat kesempatan pemasaran dengan memunculkan merek di sebuah blog populer yang sesuai dengan segmen bisnis.
Caranya, identifikasi sebanyak tiga hingga lima blog yang sasaran pasarnya sama seperti bisnis Anda. Kemudian kontak si pemilik blog dan tawarkan beberapa ide tentang bagaimana Anda ingin memberikan nilai lebih bagi pembaca blog tersebut.
  1. Buat video untuk YouTube
Dengan 800 juta pengunjung unik tiap bulannya, YouTube bisa menjadi platform yang kuat untuk pemasaran online. Anda dapat mem-posting video yang menampilkan produk Anda atau berbagi gagasan atau demonstrasi produk.
  1. Tulis e-book
Menulis e-book yang menarik – misalnya tips atau solusi permasalahan – bisa menjadi cara untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Jika Anda tidak jago menulis, banyak penulis lepas yang siap disewa untuk mengkonversi tulisan blog atau rekaman suara menjadi format buku.
Beri harga terjangkau untuk e-book tersebut. Kemudian gunakan jejaring sosial dan email untuk mempromosikannya.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar