Kamis, 23 Mei 2013

Inilah 7 Trik Pemasaran Berbiaya Kecil Namun Mampu Meledakkan Bisnis Anda

Inilah 7 Trik Pemasaran Berbiaya Kecil Namun Mampu Meledakkan Bisnis AndaBagi banyak pebisnis kecil, kegiatan pemasaran selalu diidentikkan dengan biaya besar, rumit, serta melelahkan. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan kepada umat manusia. Hal ini juga berdampak kepada kegiatan pemasaran.
Nah, sebelum masuk ke tips tersebut, biasanya para pebisnis kerap menggunakan berbagai cara demi meningkatkan omset bisnisnya dalam waktu singkat. Padahal, sebenarnya kemajuan teknologi masa kini justru memberikan berbagai cara – cara memasarkan yang malah relatif lebih murah dan mudah, namun sering terabaikan.
Apa saja kira – kira? Berikut ini adalah 7 trik pemasaran yang murah namun berpotensi meledakkan bisnis Anda!
1. Selalu cantumkan link akun social media anda
Anda mempunyai akun social media seperti Twitter, Facebook, Google+, dan lain lain? Cantumkan akun tersebut dalam setiap email yang anda kirim, selebaran yang anda bagikan, atau di kartu nama anda. Mungkin kelihatannya tidak seberapa. Tetapi percayalah. Langkah tersebut merupakan salah satu cara pemasaran yang paling murah, kreatif dan efektif yang dapat anda lakukan. Betapa tidak! Anda tidak dipungut biaya untuk bergabung dengan akun social media tersebut, tetapi kemampuannya jangkauannya bisa memberikan dampak yang luar biasa terhadap bisnis anda.
So, masih belum punya akun social media? Mulailah membuatnya sekarang walau hanya satu akun!
2. Gunakan kartu nama anda sebagai alat promosi
Selain sebagai alat pengenal diri kartu nama juga mempunyai fungsi yang lain, yaitu sebagai alat promosi yang murah dan sederhana. Bagaimana caranya?
Manfaatkanlah bagian belakang dari kartu nama anda untuk memberikan informasi yang bersifat promosional seperti misalnya diskon, foto produk anda, jasa yang anda tawarkan, atau penawaran promosional lainnya yang bersifat kreatif.
Kartu nama bisa menjadi alat pemasaran yang sangat ampuh namun murah untuk menyebarkan informasi bisnis anda kepada calon pelanggan potensial. Gunakan kreativitas anda untuk memanfaatkan potensi tersebut!
3. Maksimalkan situs anda
Jika bisnis yang anda jalankan telah memiliki sebuah situs, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk sedikit melakukan optimasi. Daripada anda melakukan perombakan terhadap situs anda, lebih baik buat beberapa “landing pages” untuk menguji kegiatan promosi produk serta jasa anda.
Landing page yang baik adalah yang mampu menggiring calon pelanggan ke situs utama anda dan melakukan pembelian disana.
Agar situs anda dapat diakses oleh lebih banyak calon pelanggan potensial, pertimbangkan juga kemajuan teknologi terutama produk – produk seperti telepon selular, tablet pc, smartphone dan lain sebagainya. Buat situs anda dapat diakses melalui perangkat – perangkat tersebut.
4. Posisikan diri anda sebagai seorang ahli
Apapun yang anda jual, selalu posisikan diri anda sebagai orang yang sangat memahami produk atau jasa yang anda tawarkan.
Bagaimana caranya? Kembali, manfaatkan saluran social media yang sangat murah dan efektif dalam membangun citra anda. Misalnya anda sering menulis artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan dengan memanfaatkan blog atau media sosial lainnya. Bisa juga anda memberikan tips – tips gratis melalui Twitter kepada follower anda.
Jika anda konsisten melakukan hal tersebut, sudah bisa dipastikan calon pelanggan anda akan datang kepada anda untuk meminta solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.
5. Lakukan kerjasama dengan pemilik situs bertraffic tinggi
Jika anda menemukan situs yang mempunyai audiens yang sama dengan yang anda inginkan, cobalah tawarkan kerjasama dengannya.
Caranya seperti dengan membuat sebuah produk informasi atau yang sejenis yang didalamnya tercantum link anda serta bisa dibagikan secara gratis kepada audiens situs tersebut.
Pemasaran dengan cara ini bisa membuat informasi bisnis anda menyebar dengan cepat dan luas serta mampu membuat bisnis anda menjadi semakin dikenal calon pelanggan.
6. Buat nomor telepon yang gampang diingat
Nomor telepon juga bisa dijadikan alat pemasaran yang kreatif. Caranya yaitu dengan merubah beberapa angkanya menjadi sebuah kalimat.
Misalnya, nomor telepon (0813) 67 RISOLES akan lebih gampang untuk diingat dibandingkan dengan (0813) 67 12345. Dengan menggunakan nomor telepon yang berbentuk kalimat, pelanggan akan lebih gampang untuk mengingat produk anda ketika mereka menginginkannya.
7. Tes, ukur, tes kembali
Strategi pemasaran yang efektif adalah strategi yang teruji dan terukur.
Gunakan semua strategi yang ada satu persatu. Ukur hasil yang didapat. Jangan terpaku hanya kepada satu strategi saja. Ingat, Strategi yang satu belum tentu lebih baik dari strategi yang lain.
Oleh karena itu, selalu lakukan pengujian dan pengukuran untuk menemukan strategi yang benar – benar sesuai dengan keinginan anda.
Jika anda konsisten menerapkan ketujuh trik pemasaran diatas, Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama bisnis anda akan menjadi semakin dikenal banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar