Kamis, 23 Mei 2013

4 Langkah Mudah Mendapatkan Pelanggan Pertama

4 Langkah Mudah Mendapatkan Pelanggan PertamaApa yang di dalam benak anda ketika pertama kali menjalani bisnis anda? Jawabannya bisa bermacam-macam. Namun yang paling sering ditanyakan mungkin adalah bagaimana saya bisa mendapatkan pelanggan pertama saya?
Yang jelas anda akan melakukan sesuatu yang bisa menarik perhatian orang banyak dan membuat mereka menjadi pelanggan bisnis anda. Ibarat memancing, anda melempar umpan ke kolam dan berharap semua ikan akan menyerbu umpan tersebut.
Permasalahannya adalah terkadang anda tidak memahami kondisi kolam tempat anda memancing itu serta umpan seperti apa yang akan disukai dan harus digunakan untuk mendapatkan ikan.
Berikut ini ada 4 langkah mudah yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan pertama bisnis anda.
1. Tentukan pelanggan ideal bagi bisnis anda
Siapa pelanggan yang paling ideal bagi bisnis yang sedang anda jalani saat ini? Tentukan paling sedikit 5 kriteria yang menurut anda adalah pelanggan ideal bisnis anda tersebut, seperti misalnya:
- berumur antara 25 – 35 tahun
- menikah atau single
- wanita karir atau ibu rumah tangga
- sering bepergian jauh
- dan lain sebagainya
Setelah anda berhasil menentukan kriteria tersebut, bisnis anda akan cepat untuk bergerak maju.
2. Kategorikan calon pelanggan anda
Disini, anda harus sudah bisa membayangkan calon pelanggan ideal yang anda inginkan. Apakah mereka para remaja? Para pebisnis? Atau para pria dan wanita dewasa berusia produktif?
Mempunyai kategori calon pelanggan ideal akan memudahkan anda untuk membuat strategi pemasaran yang tepat bagi mereka.
3. Temukan tempat ‘berkumpul’ mereka
Misalnya anda hendak menjual baju hamil, lokasi pertama yang mungkin anda bayangkan adalah klinik dokter kandungan. Anda bisa menyebarkan brosur bisnis anda disitu.
Nah, selain tempat tersebut, kira-kira menurut anda dimana lagi anda akan mencarinya? Mungkin supermarket, apotik, rumah sakit, dan sebagainya.
Atau jika anda menjual kepada orang-orang yang mempunyai pendapatan tinggi, dimana anda akan menemukannya? Restaurant mewah, butik kelas atas, hotel berbintang atau klub perkumpulan orang kaya.
Setelah anda menemukan tempat ‘berkumpul’ mereka, anda bisa membuat berbagai strategi promosi yang dapat dipublikasikan di tempat mereka berada tersebut. Jika anggaran anda terbatas, anda bisa mencoba untuk menerapkan trik-trik pemasaran yang tidak membutuhkan biaya tinggi.
4. Minta referensi pelanggan baru dari pelanggan yang sudah ada
Kadang-kadang anda bisa memperoleh pelanggan baru justru dari pelanggan anda yang ada sekarang. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan bertanya kepada pelanggan anda tersebut. Tanyakan dengan bahasa yang sopan dan tidak memaksa, misalnya, “Kira-kira siapa teman ibu yang sekarang lagi hamil bersamaan?” “Biasanya anda senang memancing bersama siapa” “Siapa yang juga senang bermain bola seperti anda”
Anda juga bisa menawarkan potongan harga atau bonus kepada pelanggan lama anda jika mereka berhasil mendatangkan pelanggan baru. Intinya tawarkan sesuatu yang menarik bagi pelanggan lama anda yang membuat mereka tidak merasa keberatan untuk mencarikan anda pelanggan baru lainnya.
Nah, bagaimana? Mudah bukan? Ikuti saja 4 cara mendapatkan pelanggan pertama diatas dengan konsisten, maka niscaya bisnis anda akan cepat bergerak dan tumbuh besar.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar