Perubahan ekonomi, kemajuan teknologi maupun globalisasi yang terus
meningkat selama 15 tahun terakhir, ternyata tidak banyak mengubah
praktik bisnis utama yang membedakan para perusahaan yang paling
dikagumi di dunia. Demikian hasil studi yang dirilis Hay Group belum
lama ini.
Dalam laporan yang dirilis bulan Maret yang lalu, Hay Group
menganalisa semua penemuan mereka dari riset selama 15 tahun dan
menemukan empat karakteristik utama yang telah secara konsisten
membedakan perusahaan-perusahaan ini dan membuat mereka unggul dari
perusahaan lain.
Keempat faktor utama yang menentukan kesuksesan organisasi itu adalah:
1. Sukses dalam mengeksekusi strategi
Perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam World Most Admired
Companies (WMAC) biasanya unggul dalam mengubah strategi menjadi
kenyataan. Kebanyakan perusahaan memang memberi perhatian besar pada
perencanaan strategis, tetapi perusahaan yang tidak termasuk WMAC
cenderung gagal dalam hal eksekusi. Para WMAC ini sebaliknya, mereka
unggul karena berhasil membuat obyektif yang jelas, menyelaraskan
organisasi dan karyawan dengan tujuan-tujuan bisnis jangka panjang, dan
mempraktikkan strategi dengan berhati-hati. Para WMAC juga sadar
sepenuhnya akan dampak budaya perusahaan sehingga mereka menciptakan
kultur yang kuat dan positif untuk mendukung strategi mereka.
2. Membangun struktur dan proses yang mempertahankan kinerja secara jangka panjang
Dibanding perusahaan-perusahaan lain, perusahaan WMAC membangun
struktur yang kuat untuk memungkinkan kesuksesan bisnis secara jangka
panjang. Mereka menempatkan inovasi ke dalam budaya perusahaan dan
menempatkan pentingnya mencari dan menyebarkan gagasan-gagasan baru.
Mereka juga lebih sukses dalam menggunakan jangkauan global mereka
sambil tetap memberikan keleluasaan kepada unit bisnis local mereka
dalam merespon kebutuhan pasar local.
3. Meraih sukses melalui karyawan (people)
Perusahaan WMAC mengenali pentingnya “intangible assets”
mereka dan menciptakan kondisi yang baik agar karyawannya dapat
berkembang. Mereka biasanya memiliki strategi human capital yang sudah
dipelajari dan disetujui oleh level direktur dan memberikan fokus pada
penciptaan kesempatan untuk kemajuan karir karyawan. Selama 15 tahun
terakhir, para WMAC terus berinvestasi pada karyawan mereka, dan hal ini
akan terus dilakukan pada tahun-tahun mendatang.
4. Menempatkan leadership dan talent pada posisi penting
Perusahaan WMAC secara konsisten bekerja keras memastikan talent yang
tepat berada pada tempatnya. Mereka mempunyai prosedur yang teliti
dalam mengevaluasi kandidat karyawan, menekankan pentingnya kesempatan
pengembangan diri, dan menghubungkan benefit karyawan secara erat dengan
kinerja mereka.
Perusahaan yang mampu mengimplementasikan praktik-praktik di atas
secara konsisten cenderung akan lebih menarik bagi calon talent terbaik
serta mampu mempertahankan mereka. Perusahaan-perusahaan ini juga akan
unggul di industri mereka serta pasar secara keseluruhan.
“Selama 15 tahun terakhir, kami sudah melihat komposisi daftar WMAC
yang berubah-ubah, tetapi atribut yang membuat para perusahaan tersebut
unggul tetap sama,” kata Mel Stark, vice president & regional reward
practice leader pada Hay Group
Hay Group telah bekerja sama dengan majalah Fortune sejak 1997 dan
menyelenggarakan pemilihan World’s Most Admired Companies setiap tahun.
Untuk keterangan lebih lengkap mengenai WMAC dapat dilihat di sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar