Berhasil
menjalankan roda usaha hingga menjangkau tingkat dunia tentunya menjadi impian
besar bagi setiap pengusaha. Berbagai macam strategi dan upaya pun rela
dilakukan para pengusaha untuk mewujudkan impian besar yang mereka miliki.
Dari
sekian banyak strategi bisnis yang perlu dijalankan pelaku usaha, tak bisa
dipungkiri bila peranan strategi pemasaran sangatlah mempengaruhi sukses
tidaknya bisnis yang dijalankan. Keberhasilan Starbuck Coffe maupun raksasa
bisnis makanan cepat saji McDonald yang mampu meyakinkan konsumennya di
berbagai belahan dunia, pastinya juga tidak lepas dari strategi pemasaran yang
mereka jalankan.
o Salah satu visi dan
misi yang dimiliki Starbuck Coffe maupun McDonald yaitu menjadi yang terbaik di
tingkat dunia. Dengan modal tersebut, pengelola Starbuck Coffe maupun McDonald
berusaha menentukan segmentasi dan target-target konsumen yang akan dibidik
sebelum mereka meluncurkan sebuah produk. Untuk Starbuck sendiri menargetkan ingin
menjadi tempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja mereka.
Sedangkan untuk McDonald lebih menomorsatukan menu makanan cepat saji yang bisa
diterima semua kalangan konsumen, baik untuk konsumen dewasa, remaja, maupun
anak-anak yang dipadukan dengan rasa lokal yang cukup populer di negara
bersangkutan.
o Setelah itu mereka akan
mempertimbangkan nilai yang paling kuat dan menciptakan kreatif marketing yang
didasarkan pada kondisi segmen pasar yang ditentukan. Contohnya saja seperti
strategi promosi yang dijalankan oleh McDonald diantaranya memanfaatkan iklan
di televisi, membuat even internal, memberikan bonus menarik yang sesuai dengan
perkembangan trend pasar, serta menciptakan menu baru yang digemari para
konsumennya. Sedangkan Starbuck lebih memilih untuk menciptakan variasi produk
yang kualitasnya benar-benar terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat
melalui logo perusahaan yang digunakan, serta menggunakan produk promosi
(merchandise) untuk memperkuat citra perusahaan yang mereka bangun.
o Selanjutnya adalah
strategi positioning untuk membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen mulai
mengenal dan mempercayai produk Anda, selanjutnya buatlah beberapa program
promosi yang bisa menguatkan loyalitas mereka. Misalnya saja seperti strategi
pemasaran Starbuck drive thru yang memudahkan para konsumen untuk mendapatkan
secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraan mereka, melengkapi produk
dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen, serta membuka gerai hingga 24
jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Sedangkan strategi
pemasaran yang dipilih McDonald lebih memanjakan konsumennya melalui layanan
delivery order yang siap mengantarkan produk makanan McDonald ke rumah para
konsumen, meningkatkan kualitas produk sesuai dengan minat konsumen di daerah
setempat, serta memberikan bonus mainan unik untuk menjaga loyalitas konsumen
yang berasal dari kalangan anak-anak maupun remaja.
Melalui
strategi pemasaran kreatif yang digunakan Starbuck Coffe maupun McDonald,
sekarang ini dua perusahaan besar tersebut telah berhasil mendunia dan
dipercaya para penggemarnya di berbagai belahan negara. Dengan memberikan
pelayanan terbaik bagi para konsumennya, dua perusahaan besar sekelas Starbuck
dan McDonald selalu dirindukan pelanggannya dan outletnya selalu ramai
dikunjungi para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar