Mengusung konsep eksklusif dengan pilihan desain baju atau kaos yang
inovatif, ternyata menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku bisnis distro untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dan mendapatkan perhatian dari calon konsumen.
Meskipun saat ini persaingan di industri garmen semakin hari semakin
ketat, namun segmen pasar produk distro tidaklah sama dengan produk
garmen. Sehingga tidak heran bila di tengah membludaknya produk garmen
dari luar negeri, keberadaan outlet distro di Indonesia malah semakin
mewabah hingga berbagai penjuru daerah.
Nah, agar bisnis distro Anda bisa tetap terus eksis, berikut ini kami informasikan beberapa konsep pemasaran unik yang bisa Anda jalankan:
1. Membuat konsep unik sesuai dengan komunitas yang Anda bidik.
Seperti kita ketahui bersama, kehadiran distro
sangatlah lekat dengan gaya hidup anak muda yang cenderung senang
berkumpul dan bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu sesuai
dengan minat atau hobi yang mereka miliki. Karena itu untuk memenangi
persaingan, tidak ada salahnya bila Anda membidik komunitas yang ada di
sekitar Anda sebagai segmen pasar yang cukup potensial. Contohnya saja
seperti membidik komunitas sepeda, penggemar bola, komunitas skater,
distro muslimah, dan lain sebagainya. Setelah menemukan konsep yang
sesuai, selanjutnya buatlah desain produk yang mewakili ciri khas
komunitas tersebut, serta mulailah mendisplay outlet Anda dengan
interior atau ornamen tambahan yang senada.
2. Membuat desain unik untuk memancing respon konsumen.
Selain
membidik komunitas yang ada di sekitar kita, strategi pemasaran lain
yang perlu Anda jalankan yaitu berani tampil beda untuk memancing minat
pelanggan. Keunggulan produk distro yang dikenal masyarakat dengan
sebutan limited edition (satu kali produksi untuk satu desain) ternyata tidak menjadi jaminan kesuksesan bisnis distro Anda.
Oleh karenanya, ciptakan desain yang unik, trendi, dan inovatif, agar
produk Anda memiliki ciri khas tertentu serta sentuhan nilai seni yang
lebih tinggi. Misalnya saja seperti mencantumkan kata-kata motivasi
dalam setiap produk yang didesain, mengangkat peribahasa plesetan untuk
menarik minat pelanggan, menggunakan bentuk animasi lucu sebagai ajang
untuk berinovasi, atau bisa juga membuat desain sederhana dan bersih
untuk membidik konsumen yang menyukai desain-desain simpel.
3. Menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil distro keliling.
Tak hanya para pelaku bisnis makanan saja yang bisa
menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling. Sekarang ini ada
beberapa pengusaha distro yang mulai menjalankan strategi pemasaran
jemput bola menggunakan mobil keliling. Mereka mendisplay
produk-produknya di dalam mobil, dan berkeliling ke pusat keramaian
untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Terbukti strategi pemasaran ini
tidak hanya kreatif dari segi konsep, namun juga cukup efektif untuk
mendongkrak penjualan produk.
4. Memperluas jangkauan pasar dengan membuka toko online.
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna
internet, sekarang ini strategi pemasaran online menjadi salah satu
alternatif yang banyak dijalankan para pelaku usaha. Murahnya biaya
promosi yang dibutuhkan dan luasnya jangkauan pasar di dunia maya,
menjadikan media online sebagai lapak dagang yang cukup potensial untuk
mendatangkan banyak keuntungan. Terbukti, banyak pelaku usaha distro
yang mulai mendapatkan pelanggan, reseller, bahkan agen pemasaran di
setiap kota, setelah mereka mempromosikan keberadaan distronya melalui
dunia maya.
5. Melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen.
Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya distro baru yang mulai
bermunculan, menuntut para pelaku bisnis distro untuk terus berkreasi
dan berinovasi untuk memanjakan para konsumennya. Salah satunya saja
seperti melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen yang
lokasinya cukup terjangkau dari lokasi distro Anda. Strategi pemasaran
seperti ini belakangan mulai dijalankan para pengusaha yang membuka
lapak distro online.
Semoga kelima konsep pemasaran unik bisnis distro ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di
industri distro untuk bisa mengoptimalkan pemasaran produknya dan
mendapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan
salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar