Kemampuan handal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.
Untuk memenangkan pasar, selain strategi marketing, diperlukan juga ide yang inovatif. (image: google)
Teknik pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari
penjualan produk. Kemampuan yang handal dalam memasarkan produk atau
jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Teknik pemasaran
yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi
tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam
memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin
loyal. Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan
poin penting bagi pemasaran itu sendiri.
Maka,
setelah Anda pastikan kualitas produk Anda, rancanglah strategi
pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan secara
terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini ada 6 langkah strategi
pemasaran yang dapat Anda terapkan.
Pertama, kenalilah pelanggan Anda. Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing
yang efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun
jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik
wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk
sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda
akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
Kedua, lakukanlah promosi.
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada
konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten,
terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur,
pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada
rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut di tempat umum.
Buatlah status di jejaring social yang berkaitan dengan produk Anda,
atau Anda mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait
dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan
sendirinya, Anda akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang
Anda tawarkan.
Selain
itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor
Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya
promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity.
Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat
menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan
Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi
pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
Ketiga, pilih lokasi yang strategis. Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic
lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam
membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang
tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh
pelanggan lebih terbuka.
Keempat, gunakan internet marketing.
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat
efektif. Apa pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan
pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.
Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang
meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana
pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian,
dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda
dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan
menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Kelima, jalin hubungan dengan pelanggan.
Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan
pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan
baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka,
buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan
yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan
pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain. Joe
Girard, seorang salesman terkemuka di dunia otomotif, mengatakan bahwa
kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan yang baik dengan
pelanggannya.
Keenam, the Power of Focus.
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan.
Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar
hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber
daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak
berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan
produksi Anda di wilayah tertentu.
Kini, dengan
ketatnya persaingan pasar saat ini, Anda harus dapat memenangkan pasar
dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide yang inovatif.
(***)
sumber: berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar