Marketing.co.id – Ritel
kecil secara khusus tentu tidak dapat bersaing dengan kompetitornya yang
lebih besar kecuali mereka agresif dan pintar dalam melihat peluang.
Tapi ada lima hal yang bisa dilakukan agar ritel kecil bisa memenangkan
persaingan.
Bersaing melalui experience (pengalaman) bukan harga.
Banyak sekali ritel kecil yang gagal
melihat peluang. Ritel kecil dapat bersaing dengan ritel-ritel besar
seperti Walmart atau Amazon bukan dengan harga melainkan melalui experience.
Salah satu ritel kecil yang bersaing lewat experience adalah Wonder Works – sebuah chain kecil empat toko mainan. Bisnis ini dijalankan oleh seorang pengusaha dinamis dan bersemangat, Christine Osborne.
Berikut lima hal yang ritel kecil dapat pelajari untuk bersaing dengan sesuatu selain harga.
- Memberikan insentif
Ketika Anda mengunjungi Wonder Works,
biasanya akan ada seseorang dengan tersenyum menyambut Anda dan membawa
sebuah mainan untuk Anda. Biarpun toko kecil, selalu ada ruang untuk
memberikan produk sampel untuk berinteraksi dengan orang lain.
Ini seperti taman bermain dan anak-anak sangat menyukainya. Selain itu, secara rutin mereka mengadakan event seperti festival outdoor, penjualan di jalan-jalan, dan pengumpulan dana untuk mendorong orang berkunjung ke toko.
- Menawarkan nilai (Value)
Wonder Works menciptakan nilai dengan memberikan sebuah experience ketika seseorang berkunjung ke toko mereka. Selain itu, pelanggan biasanya dihargai dengan sesuatu yang spesial melalui e-newsletter dan media sosial. Tidak seperti kebanyakan peritel kecil, mereka lebih memilih menempatkan experience daripada mengambil untung banyak-banyak.
- Membedakan produk
Peritel besar jarang sekali memberikan
kesempatan untuk produk baru atau pengembang baru. Ini membuat
ritel-ritel kecil memiliki kesempatan besar untuk menawarkan item baru secara eksklusif.
Wonder Works adalah salah satu toko
pertama yang menawarkan produk-produk baru. Biasanya produk-produk baru
tersebut menjadi salah satu produk terbaik yang mereka jual.
- Go online
Meskipun terbilang masih kecil dibanding
Amazon dan peritel besar lainnya, mereka juga menawarkan katalog mainan
yang fantastis dan website untuk mendukung experience di dalam toko. Bukan rahasia lagi bahwa belanja online akan terus menjadi metode yang banyak disukai. Sehingga menawarkan klien kenyamanan ini akan menjadi kunci keberhasilan Anda.
- Go social
Wonder Works sangat unggul dalam menarik dan mempertahankan penggemar, terutama pada tingkat lokal. Sebuah newsletter yang lucu, update konstan ke situs web,
dan saluran media sosial mereka dan seluruh industri mainan di
Charleston, membuat pelanggan dan penggemar terlibat secara
terus-menerus.
Tidak peduli seberapa kecil perusahaan ritel yang dijalankan, Anda harus menarik pelanggan melalui media sosial.
Untuk setiap bisnis kecil, bersaing
dengan pesaing yang lebih besar selalu menakutkan. Khusus untuk toko
ritel, tantangannya bisa 10 kali lipat. Agar sukses, pemilik bisnis
ritel perlu bekerja keras.
Christine Osborne merupakan salah satu
individu yang bekerja paling keras dalam industri mainan. Apakah Anda
memiliki kisah sukses tentang bisnis ritel? Silakan berbagi dengan kami.
Sumber: INC.COM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar