Minggu, 21 Desember 2014

Tiga Komponen Utama Penyusun Rencana Bisnis

Rencana bisnis menjadi bagian penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Pasalnya, rencana bisnis merupakan alat untuk melakukan proyeksi dan analisa bagi pengambil keputusan dan kebijakan yang akan dijalankan pemilik bisnis.
Rencana bisnis jadi pedoman strategis untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan dalam menentukan arah tujuan dan cara mencapai sasaran yang diinginkan. Setidaknya terdapat tiga komponen penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana bisnis, yakni:
1. Konsep bisnis
Konsep bisnis merupakan ide bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Konsep bisnis juga menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarka produk atau jasannya.
2. Pasar
Analisa mengenai situasi pasar meliputi target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya. Dalam hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.
3. Keuangan
Analisa dan strategi keuangan sangat penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai keuntungan yang diharapkan. (as/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar