Rabu, 31 Desember 2014

Perlukah Perencanaan Tahunan dalam Startup Anda?

Dengan akan berakhirnya tahun 2013, saatnya untuk melakukan ritual tahunan yang sering dilakukan oleh entrepreneur: perencanaan. Mengapa para entrepreneur suka perencanaan? Mudah, karena itulah peluang untuk bermimpi mengenai masa depan. Para entrepreneur suka menyusun rencana dan strategi untuk mencapai hal besar berikutnya yang masih ada di benak.
Berikut adalah beberapa ide mengenai perencanaan tahunan dalam startup Anda:
1. Buatlah Rencana Strategis dalam satu halaman kertas dan bagikan rencana itu dengan seluruh staf yang Anda miliki.
2. Susunlah sebuah anggaran tahunan bersama dengan fokus pada arus kas dan pembelanjaan kas.
3. Berbicaralah dengan pelanggan setia dan calon konsumen.
4. Evaluasi lagi vaue proposition perusahaan Anda. Apakah yang dibeli konsumen Anda? Masalah-masalah apa yang Anda akan pecahkan? Solusi apa yang Anda bisa pilih?
5. Coba segmentasi pasar yang baru. Segmentasi ialah pengelompokan yang dilakukan di pasar. Misalnya jika Anda biasanya memandang pasar berdasar tipe produk, tahun depan cobalah dengan kanal bisnis atau jenis pembelinya. Jika Anda membagi berdasarkan wilayah, bagilah berdasarkan ukuran/ skala perusahaan pembeli. Pikirkan segmentasi baru yang memberikan perspektif segar.
6. Carilah pasar potensial yang lebih besar bagi perkembangan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar