Senin, 29 Desember 2014

Empat Jurus Agar Bisnis Anda Terkelola dengan Baik

Mengelola bisnis memang memiliki kesulitan tersendiri. Kondisi baik dan buruk silih berganti menerpa bisnis Anda tersebut. Berikut terdapat empattips mengelola bisnis agar bisnis kecil Anda selalu terjaga dalam kondisi baik:
1. Kelola dan perhatikan pergerakan keuangan
Keuangan merupakan denyut nadi dari bisnis Anda. Jadi segeralah identifikasi biaya operasional dan berapa biaya yang Anda perlukan di sepanjang tahun, termasuk biaya antisipasi saat situasi buruk.
Selain itu, upaya menaikkan keuntungan perlu diambil langkah-langkah yang cermat. Hitung dari keseluruhan biaya marginal dan siklus peredaran keuangan Anda seblum melakukan investasi.
2. Analisis performa bisnis
Membangun bisnis sendiri membutuhkan strategi operasional yang cepat dan terkini seperti akses untuk penjualan, laba, dan siklus peredaran uang. Anda juga mungkin membutuhkan aplikasi perhitungan tersebut.
Jangan lupa, pastikan Anda mengetahui Break Even Point (BEP) atau titik stabil dari bisnis kecil Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan tindakan untuk meningkatkan keuntungan bisnis.
3. Kelola risiko Anda
Pastikan sebelum membangun bisnis kecil, rencanakan setiap detail keuangan dan risiko yang akan didapat secara berkesinambungan. Pastikan Anda memiliki asuransi yang memadai sehingga bisnis kecil Anda tak mudah tergoncang oleh terpaan.
4. Promosi
Pemasaran kreatif sangat bermnafaat untuk membangun bisnis kecil Anda agar semakin besar. Upaya dari mulut ke mulut, Facebook, email, sms, atau sebagainya cukup bermanfaat demi kelangsungan hidup bisnis Anda.
Jangan remehkan hal-hal kecil seperti promosi lewat mulut ke mulut sekali pun. Hal ini baik untuk memberikan penawaran eksklusif pada pelanggan dan mendapatkan loyalitas dari mereka. (as/businessinsider/liputan6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar