Sabtu, 15 Februari 2014

Desain Hebat itu Alat Marketing Efektif!

Buatlah sebuah tempat atau situs yang membantu pengguna melakukan apapun yang mereka hendaki. Demikian saran Seth Godin dalam sebuah artikel di blognya.
"Menurut saya, itu hanyalah sebuah bagian dari makna desain. Hanya ada beberapa situasi di mana apa yang desainer (atau kliennya) hendaki ialah agar pengguna melakukan hal yang secara persis dalam benak mereka dalam jangka pendek."
Seringkali, desainer-desainer menemukan bahwa banyak orang bekerja keras hanya untuk mendorong pengguna menghendaki apa yang mereka hendaki.
Tujuannya yaitu menciptakan sebuah desain yang memperhitungkan kebutuhan dan keinginan pengguna dalam jangka panjang secara serius. Dan jangan lupa bantulah mereka memfokuskan perhatian dan tujuan pada pencapaian sesuatu yang bermakna.
Misalnya, sebuah botol obat dengan desain yang bagus terlihat menarik karena botol itu mendorong Anda meminum obat bahkan saat Anda lupa atau merasa enggan melakukannya. Jika itu bukan tujuannya, botol jelek saja sudah bisa digunakan untuk kemasan.
Dan bahwa sebuah website bisnis yang didesain dengan baik tidak mendorong orang untuk mengklik terus menerus dan akhirnya baru merasa bosan. Alih-alih, desain yang bagus mendorong pengguna untuk berhadapan langsung dengan hal yang ditawarkan di situs yang bersangkutan dan akhirnya agar memutuskan (semoga saja) untuk melakukan tindakan riil seperti membeli, atau setidaknya menghubungi perusahaan Anda.
Sebuah bandara yang baik didesain untuk mendorong para pelancong agar tidak memperlambat perjalanan rekan mereka, bukan untuk tersesat atau terganggu (hal yang dibutuhkan pelancong dalam jangka pendek) dan ketinggalan pesawat.
Sebuah sampul buku yang indah dan menarik mendorong seseorang yang sebenarnya tidak tertarik untuk membeli (jika saja buku itu diberi sampul biasa saja) dan mengambilnya dan secara tiba-tiba menginginkan hal yang diinginkan si penulis: yaitu agar si pembaca mau membaca buku yang ia buat.
Gunting yang baik untuk anak-anak seharusnya enak untuk menggunting namun tidak demikian tajam untuk melukai saudara-saudaranya, tidak peduli seberapa besar keinginan yang timbul dalam diri si anak pemilik gunting.
Kemudian desain yang tidak etis menggunakan kekuatan desain untuk mendorong pengguna melakukan hal yang mereka sesali. Desain yang bagus mendorong/ memfokuskan pengguna untuk melakukan sesuatu yang mereka sangat butuhkan dan inginkan.
Mendesain untuk semua orang untuk melakukan apapun adalah hal yang sukar untuk dipenuhi dan akhirnya hanyalah sebuah kegagalan.
Desainer yang hebat dapat dengan mudah menjawab pertanyaan:"Apa yang Anda ingin pengguna lakukan?" (sethgodin.typepad.com/*Akhlis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar