Selasa, 21 Januari 2014

Situs Alami Penurunan Penjualan? Ini 7 Penyebabnya


penurunanPenjualan
Permainan ritel online tidaklah mudah dimenangkan, tapi riset dan analisis terbaru mungkin bisa membantu Anda mengatasi masalah penurunan penjualan dan hilangnya pelanggan dari situs.

Riset yang diadakan oleh Qubit dilakukan dengan mengumpulkan masukan dan komplain dari pelanggan di 400 website selama tiga tahun. Qubit kemudian mempersempit temuannya menjadi sepuluh area permasalahan.

Hasilnya adalah sebuah gambaran konsumen dengan harapan yang tinggi untuk website ritel dan penggunaan website yang tidak ramah pembeli. Berikut tujuh penyebab situs mengalami penurunan penjualan.

Harga. Aspek ini menjadi hal yang paling banyak dikomplain oleh para online shoppers antara tahun 2011 hingga 2013. Riset Qubit menunjukkan bahwa konsumen sering kali merasa bahwa harga yang ditawarkan oleh ritel online “terlalu mahal untuk kategori barang tersebut” atau “terlalu mahal secara pribadi”.

Berdasarkan Nomis Solutions, konsumen 4,7 kali lebih sensitif terhadap harga online dari pada di toko pada dunia nyata. Jadi, akan sangat penting bagi situs untuk memberikan harga yang kompetitif dan bisa menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan oleh kompetitor.

Jangkauan produk. Pembeli online ingin sebuah pengalaman yang mudah dalam menemukan barang-barang yang ada di toko dunia nyata dan karena itulah situs ritel harus bisa merefleksikan keinginan tersebut. Kembangkan jangkauan produk Anda dengan berinvestasi pada sumber-sumber situs seperti mesin rekomendasi, daftar barang musiman, dan pengelompokan “related item”.

Ukuran. Banyak situs ritel yang tidak memiliki bagan pengukuran yang bisa diandalkan bagi pembeli. Pengembalian barang yang sudah dibeli secara online bisa membuat frustrasi. Dengan menyediakan petunjuk pengukuran dasar, Anda bisa mengurangi complain dari pembeli.

Fungsionalitas situs. Berdasarkan Qubit, jika tombol pembayaran Amazon tak berfungsi selama satu jam, situs ini berpotensi kehilangan US$2 juta penjualan. Intinya, jika Anda memiliki fitur pada situs, pastikan fitur tersebut bekerja.

Lambat. Kecepatan situs menjadi salah satu aspek yang sering dikomplain pelanggan. Pastikan bahwa kecepatan situs Anda tidak membuat pembeli potensial berpindah ke kompetitor.

Ketersediaan stok. Pembeli mengharapkan banyaknya pilihan dan variasi ketika memilih barang di ritel online. Pembeli sering kali mengeluh apabila gambar sebuah barang masih terpajang padahal stok sudah habis terjual.

Navigasi. Jika situs tidak diberi label yang jelas dan tidak mudah dinavigasi, calon pembeli akan pergi. Pastikan barang-barang popular dan diskon disorot dan halaman-halamannya mudah dinavigasi dan ditemukan.
Sumber: Mashable|Editor: Wachid Fz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar