Jumat, 27 Desember 2013

Berawal dari Magang, Hingga Menjadi Franchisee

Setiap orang mungkin memiliki kisah yang dapat menginspirasi orang lain. Seperti halnya Derek Taylor. Berawal dari magang sebagai supir di franchise Kona Ice, kini ia sudah berhasil membeli salah satu cabang, dan menjadi franchisee kuliner es serut.
Kuliah di jurusan teknik arsitektur University of Kentucky, Amerika Serikat. Derek sebelumnya magang sebagai supir panganan berkeliling bernama Kona Ice, dengan menggunakan mobil. Di sana ia mendapatkan berbagai pengalaman untuk menjadi penjual, mengoperasikan mesin, dan uang tentunya.
Bisnis Derek berawal dari magang
Bisnis Derek berawal dari magang
“Saya merasa, magang seperti memiliki konotasi negatif. Padahal saya selalu berinteraksi dengan Tony Lamb, CEO perusahaan, dan karyawan eksekutif lainnya. Itu membantu saya berkembang dan mengejar tujuan pribadi saya,” ucap Derek seperti yang dikutip dari Entrepreneur.
Setelah melunasi kredit franchise-nya, Derek kini berhasil menjalankan bisnisnya sendiri dengan menjadi franchisee.
Cara Derek Menjadi Franchisee
berawal dari magang, Derek Taylor
Bisnis Kona Ice milik Derek
Derek mulai menyisihkan pendapatannya dari magang yang tidak seberapa untuk dialokasikan pada tujuannya. Hingga akhirnya, biaya franchise-nya terbayar lunas. Menariknya, kenapa ia lebih memilih menjadi franchisee dibandingkan dengan bekerja?
Derek beranggapan, di usianya yang masih terbilang muda, yakni 24 tahun, ia tidak mau kehilangan kesempatan untuk berbisnis.
“Saya memiliki banyak teman yang masih belum bekerja. Mereka menunggu panggilan kerja di belakang meja, di bank, atau di balik line telepon. Mereka tidak memiliki kesempatan untuk mengambil kendali atas karir mereka sendiri,” jelas Derek.
“Hal inilah yang menarik bagi saya dan memberi saya kesempatan untuk mengejar tujuan pribadi saya,” tambahnya.
Meski orang tua sempat ragu akan keputusannya, namun Derek berusaha untuk menjelaskan dan meyakinkan mereka akan potensi bisnis yang ditekuninya.
“Pada awalnya, orang tua saya memiliki beberapa keraguan pada rencana saya. Sampai mereka melihat truk dan bagaimana masyarakat berinteraksi dengan itu,” ujar Derek.
“Setelah saya memberitahukan tentang pengalaman saya, orang tua dan adik saya akhirnya bisa saya rekrut untuk bekerja selama musim panas. Bahkan mereka berniat untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri,” aku Derek.
Hingga kini, Derek sudah memiliki dua buah truk Kona Ice. “Saya pikir Kona Ice adalah batu loncatan untuk masa depan saya, dan itu menciptakan dasar untuk memajukan karir saya di tempat lain,” tukasnya.
Untuk memulai bisnis, menjadi franchisee memang lebih mudah karena tinggal menjalankan sistem yang sudah ada. Ketimbang membuka bisnis baru dan membuat sistem baru. Setidaknya, ini merupakan salah satu langkah bagi anak muda seperti Derek untuk memulai sebuah bisnis.

Sumber artikel dan foto: Entrepreneur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar