Rencana bisnis menjadi bagian penting untuk menunjang kesuksesan
sebuah bisnis. Pasalnya, rencana bisnis merupakan alat untuk melakukan
proyeksi dan analisa bagi pengambil keputusan dan kebijakan yang akan
dijalankan pemilik bisnis.
Rencana bisnis jadi pedoman strategis untuk mempertajam
rencana-rencana yang diharapkan dalam menentukan arah tujuan dan cara
mencapai sasaran yang diinginkan. Setidaknya terdapat tiga komponen
penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana bisnis, yakni:
1. Konsep bisnis
Konsep bisnis merupakan ide
bisnis tertulis yang berisi Visi misi sebuah bisnis, dan nilai produk
atau jasa yang akan diberikan kepada pelanggan. Konsep bisnis juga
menjelaskan mengapa pelaku usaha menawarka produk atau jasannya.
2. Pasar
Analisa mengenai situasi pasar meliputi
target pasar, pesaing, proses distribusi, promosi, dan sebagainya. Dalam
hal ini perlu dibuat sebuah rencana yang matang yang menjabarkan
rencana pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka memenangkan
persaingan, dan mencapai target yang telah ditentukan.
3. Keuangan
Analisa dan strategi keuangan sangat
penting dalam menyusun rencana bisnis guna memberikan gambaran
sistematis terhadap langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai
keuntungan yang diharapkan. (as/berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar