Kita semua tahu, salah satu cara mempromosikan bisnis adalah dengan
tampil di media besar, baik itu media elektronik, cetak, bahkan online.
Tapi tentu saja, tidak mudah untuk bisa tampil di media, apalagi untuk
bisnis yang baru merintis.
Kesulitannya adalah, Anda tidak mungkin memasang iklan yang tarifnya
cukup mahal. Begitu juga dengan niatan untuk membuat wartawan
memberitakan bisnis Anda, karena mungkin mereka tidak kenal bisnis Anda.
Jadi apa yang harus dilakukan? Apakah melacaknya di LinkedIn, kirim email, kemudian menelponnya?
1. Cari tahu keinginan wartawan
Anda bisa mengamati pergerakan mereka dari Twitternya. Beberapa
wartawan kerap melemparkan pertanyaan kepada followers. Ini adalah trik
untuk mencari minat khalayak dan inovasi menarik seputar bahan tulisan.
2. Memiliki cerita
Ada banyak bisnis yang menarik, baik dari segi kuliner, wisata, atau
lain sebagainya. Tentu saja persaingan akan sangat ketat. Tapi bila Anda
memiliki cerita, misalkan kue apem buatan Anda pernah dimakan oleh
Obama kecil (dulu) saat lapar, atau menjadi makanan kesukaan John
Lennon, maka ini akan menarik untuk ditulis.
3. Buat media sosial yang menarik
Media sosial merupakan perpanjangan merek Anda untuk menyebarkan
informasi, jadi berikan informasi semenarik mungkin. Banyak wartawan
yang mengambil informasi dari media sosial. Jadi, penting untuk
melemparkan berbagai hal yang membuat wartawan tertarik.
4. Mention mereka
“Cara yang paling dapat diandalkan untuk menggapai media adalah
dengan me-mention-nya di Twitter. Anda mungkin tidak akan mendapat
jawaban, tapi setidaknya merek Anda sudah terlihat,” ucap Zach Seward,
editor senior dari Quartz.
5. Ikuti perkembangan berita
Sebagai pebisnis, Anda juga dirasa perlu untuk mengetahui
perkembangan berita yang sedang ramai diperbincangkan. Setelah itu,
hadirlah di sana dengan cara apa pun. Menurut Anda, kenapa banyak produk
yang hadir untuk memberi bantuan kepada korban bencana? Bukan hanya
untuk niat sosial, tapi agar mereknya kelihatan.
6. Menggunakan website
Website akan membantu wartawan mengetahui secara lebih dalam bidang
bisnis Anda. Tidak hanya itu, konten yang terdapat pada website juga
memudahkan wartawan untuk mendapatkan sumber pendukung. Misalnya seperti
gambar, video, atau teks.
Anda tidak perlu meragukan efektifitas keenam cara di atas. Karena
semuanya disampaikan oleh mereka yang sudah menjadi senior di media
ternama. Seperti Anthony De Rosa (editor in chief di Circa dan mantan
editor media sosial di Reuters), Beth J. Harpaz (editor wisata untuk The
Associated Press), Drake Martinet, redaktur sosial untuk jaringan video
berita Now This News, dan Mark Ragan. (marketing.co.id/bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar