Pemasaran merupakan kunci penting dalam kesuksesan bisnis baik bisnis
kecil bahkan bisnis yang sudah mapan. Bahkan, bagi sebagian pebisnis
pemasaran produk atau jasa yang handal sebenarnya lebih penting dari
produk atau jasa itu sendiri. Bisa jadi produk berkualitas pas-pasan
dapat menjadi sukses jika dipasarkan dengan benar. Dengan kenyataan
seperti itu, tentunya strategi pemasaran sangat penting.
Berikut beberapa langkah untuk meningkatkan efektifitas strategi pemasaran bagi bisnis Anda:
1. Bekerja lebih cerdas
Banyak orang yang
menganggap strategi pemasaran yang paling efektif adalah yang paling
mahal, padahal belum tentu juga. Biasanya pengusaha yang baru mememulai
bisnis kecil lebih menggunakan pemikiran yang cerdas untuk berfokus
pada pada penyederhanaan.
Penyerdehanaan ini bisa dicapai dengan mengurangi produk yang tidak
perlu, seperti meminimalkan anggaran promosi perdagangan, pemangkasan
produk baru dan lain-lainya. Maka pemasar yang hebat harus bekerja lebih
cerdas.
2. Menjangkau pasar global
Pengusaha yang
berbasis pada bisnis kecil harus memperluas pemasaran baik di dalam
maupun di luar pasar domestik. Coba luangkan waktu untuk mempelajari
tantangan untuk melakukan bisnis di luar negeri dan mencari tahu
bagaimana melayani pelanggan asing.
Perlu Anda ketahui juga World Wide Web telah memungkinkan setiap
pemasar untuk membuat penawaran mereka secara global dan dapat diakses
lewat internet. Jika Anda menjalankan bisnis ini belum global, maka
Anda akan kehilangan kesempatan yang baik. Karena untuk pasar global
peluangnya masih terus berkembang.
3. Berpikir di luar kotak
Dalam aturan usaha
berpikir di luar kotak memang bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan
cara ini adalah berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar
masalah yang ada.
Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada
penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah
untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri. Dalam strategi
Nordstrom mengungkapkan berfokus pada kualitas pengalaman pelanggan dan
bukan pada harganya yang sangat efektif.
4. Pertimbangkan aturan “80/20”
Hampir semua
orang berusaha untuk mencapai keseimbangan dalam hal apapun yang mereka
lakukan. Dan ini yang selalu disarankan dan direkomendasikan oleh
kebanyakan orang. Namun, aturan 80/20 menunjukan ketidakseimbangan yang
memiliki keunggulan tersendiri.
Percaya atau tidak, justru ketidakseimbangan proporsi inilah yang
benar-benar dapat menghasilkan manfaat luar biasa jika mereka mampu
merespon dengan baik.
5. Memanfaatkan teknologi
Semakin banyak
perusahaan yang mulai membuka situs web dan menggunakan fasilitas
internet sebagai alat pemasar. Pada jaman sekarang internet sudah
menjadi incaran bagi pebisnis untuk memasarkan produknya.
Beberapa perusahaan tradisonal dan pebisnis kecil sudah menggunakan
internet sebagai alat pemasar yang handal dan banyak yang menuai
kesuksesan.
6. Usahakan selalu dekat dengan pelanggan
Dekat
dengan pelanggan adalah salah satu strategi dalam pemasaran. Semakin
dekat berarti memerlakukan pelanggan atau klien seolah-olah mereka
adalah mitra strategis bagi Anda. Hal ini penting untuk memuaskan mereka
baik dari segi produk maupun jasa.
Perlu diketahui juga, pelanggan dapat dengan mudah mendeteksi
ketidakpedulian dan ketidaktulusan yang dilakukan oleh para pemasar.
Maka untuk jangka panjang, klien dan loyalitas pelanggan merupakan
tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pebisnis jika mau menjadi
sukses.
7. Menjaga klien yang sudah ada dan mendapatkan klien yang baru
Dalam
mengembangkan usaha kecil harus terus menerus mencari pelanggan baru.
Sekaligus juga bagaimana membuat suasana yang menyenangkan bagi
pelanggan yang ada. Kebanyakan para pebisnis yang gagal dikarenakan
tidak bisa mempertahankan dan memelihara pelanggannya.
Perlu diingat, salah satu kunci untuk pemasaran dan pertumbuhan
dalam usaha adalah selalu memperhatikan kebutuhan dari pelanggan. (as)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar