Bisnis waralaba
adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha
saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah
berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang
yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun
bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan,
terutama bila membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah
terkenal. Potensi bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu
yang lama, namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis usaha
waralaba cocok untuk setiap orang.
Melihat perkembangan bisnis waralaba
saat ini, salah satu bisnis yang banyak ditawarkan menggunakan sistem
kemitraan adalah bisnis makanan. Jika dulu franchisor asing mendominasi
perkembangan bisnis franchise makanan di negara kita, sekarang sudah
banyak pengusaha lokal yang mewaralabakan bisnis mereka untuk memperluas
jangkauan pasar.Namun memutuskan untuk mewaralabakan usaha bukan hanya sekedar untuk membuka cabang saja, karena sistem franchise merupakan proses membangun hubungan bisnis antara mitra dan penyelenggara kemitraan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga dibutuhkan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak.
Untuk mewaralabakan sebuah usaha, dibutuhkan persiapan yang cukup matang. Bila perlu sebelum mewaralabakan bisnisnya, harus mengetahui organisasi franchisor yang lengkap, memiliki training center, mengetahui strategi pemasaran yang paling tepat untuk bisnisnya, serta mengantongi perizinan. Hal tersebut akan membuat bisnis yang diwaralabakan sukses dan berjalan dengan sistem kemitraan yang saling menguntungkan kedua belah pihak (baik pihak franchisee maupun pihak franchisor).
Disamping itu pemberi waralaba juga harus memperhatikan beberapa hal, agar dapat membimbing para franchisee dalam menjalankan bisnisnya.
Berikut hal penting yang harus diperhatikan pemberi waralaba (franchisor)
- Mampu mengevaluasi lokasi dan cara negosiasi sewa atau beli properti yang dibutuhkan
- Memiliki konsep pengelolaan outlet yang higienis
- Memiliki sumber bahan baku yang berkualitas dan ekonomis
- Mengetahui sumber tenaga kerja yang berkualitas
- Menguasai teknik pelayanan dan penyajian yang berkualitas tinggi
- Kemampuan untuk menjadi trainer, yang memberikan pelatihan efektif dan berorientasi pada hasil
- Keahlian untuk melakukan monitoring dan pengontrolan bisnis, tanpa merusak hubungan kerjasama yang efektif
Jika bisnis yang Anda jalankan sudah memenuhi enam kriteria tersebut, dan sudah terdaftar sebagai salah satu bisnis waralaba makanan yang mendapat ijin dari Menteri Perdagangan, BPOM dan MUI untuk beroperasi. Selanjutnya Anda dapat menawarkan franchise tersebut kepada para calon franchisee dengan membuat prospektus penawaran waralaba.
Prospektus penawaran waralaba setidaknya memuat tentang informasi sebagai berikut :
- Data identitas franchisee
- Bukti legalitas usaha yang difranchisekan
- Sejarah singkat mengenai usaha tersebut
- Mencantumkan struktur organisasi franchisor
- Melampirkan laporan keuangan, setidaknya laporan keuangan 2 bulan terakhir
- Menginformasikan jumlah usaha yang telah dibuka, dan mencantumkan alamat lokasi usaha yang ada
- Melampirkan daftar franchisee yang sudah menjalankan bisnis tersebut
- Memberikan penjelasan mengenai hak dan kewajiban franchisee maupun franchisor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar