Langkah menganalisis kekuatan pada dasarnya bertujuan untuk mendefinisikan keunggulan kompetitif bisnis Anda. Beberapa pertanyaan untuk dijawab meliputi:
- Apakah bisnis Anda berjalan dengan baik?
- Apakah bisnis Anda dikenal di pasar?
- Apa akses sumber daya yang Anda miliki (manusia, keuangan, kekayaan intelektual)?
Beberapa hal yang harus digali adalah:
- Apa yang tidak berjalan dengan baik pada bisnis Anda?
- Apa yang tidak disukai pelanggan dari produk atau jasa Anda?
- Dimana titik-titik tekanan dalam bisnis Anda?
- Apa yang lebih baik dari pesaing Anda?
Tren bisnis seperti apa yang mampu menjadi peluang bagi Anda (teknologi, perubahan demografi atau sosial, perubahan aturan)?
- Produk baru apa yang dibutuhkan pelanggan Anda?
- Apa yang akan melengkapi penawaran produk Anda saat ini?
- Wilayah mana yang bisa Anda targetkan?
- Apakah Anda kekuarangan sumber daya untuk mengembangkan bisnis?
- Apakah pesaing mengancam bisnis Anda?
- Apakah tren industri seperti perubahan teknologi atau perubahan aturan merupakan ancaman bagi bisnis Anda?
- Apakah bisnis Anda rentan terhadap penurunan ekonomi atau perubahan ekonomi lainnya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar