Dengan
akan berakhirnya tahun 2013, saatnya untuk melakukan ritual tahunan
yang sering dilakukan oleh entrepreneur: perencanaan. Mengapa para
entrepreneur suka perencanaan? Mudah, karena itulah peluang untuk
bermimpi mengenai masa depan. Para entrepreneur suka menyusun rencana
dan strategi untuk mencapai hal besar berikutnya yang masih ada di
benak.
Berikut adalah beberapa ide mengenai perencanaan tahunan dalam startup Anda:
1. Buatlah Rencana Strategis dalam satu halaman kertas dan bagikan rencana itu dengan seluruh staf yang Anda miliki.
2. Susunlah sebuah anggaran tahunan bersama dengan fokus pada arus kas dan pembelanjaan kas.
3. Berbicaralah dengan pelanggan setia dan calon konsumen.
4.
Evaluasi lagi vaue proposition perusahaan Anda. Apakah yang dibeli
konsumen Anda? Masalah-masalah apa yang Anda akan pecahkan? Solusi apa
yang Anda bisa pilih?
5. Coba segmentasi pasar yang baru. Segmentasi
ialah pengelompokan yang dilakukan di pasar. Misalnya jika Anda biasanya
memandang pasar berdasar tipe produk, tahun depan cobalah dengan kanal
bisnis atau jenis pembelinya. Jika Anda membagi berdasarkan wilayah,
bagilah berdasarkan ukuran/ skala perusahaan pembeli. Pikirkan
segmentasi baru yang memberikan perspektif segar.
6. Carilah pasar potensial yang lebih besar bagi perkembangan bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar