Pengembangan pemasaran sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda.
Jika hal ini tidak dilakukan, bisa saja bisnis Anda tidak akan
berkembang bahkan malah meredup. Lakukan strategi berikut agar menjada
berkembangnya bisnis Anda.
Pertama yang harus dilakukan ialah melakukan segmentasi pasar. Dalam
merancang suatu produk, usaha kecil harus menjalankan segmentasi pasar.
Cara ini yang juga dilakukan usaha-usaha besar dalam mempersiapkan
produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar
manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Sebab, tiap
pasar punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar,
usaha kecil bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.
Lakukan kerjasama antar usaha kecil menengah. Melakukan kerjasama
dengan sesama pelaku usaha kecil menengah perlu juga dilakukan agar bisa
saling memperkuat usaha. Misalnya bisa dibuat paket promosi bersama
yang bisa saling menguntungkan kedua pihak.
Setelah itu, targetkan jadi pemimpin pasar. Ini mungkin sering
dilupakan oleh usaha kecil. Mereka kebanyakan mementingkan penjualan
yang lancar, rasanya sudah cukup. Padahal, untuk melakukan lompatan yang
lebih besar, harus bekerja lebih keras agar bisa menjadi pemimpin
pasar. Terlena dengan kenyamanan yang sudah dirasakan bisa menjadi
blunder besar bagi sebuah usaha. Sebab situasi bisnis selalu berubah.
(as)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar