Senin, 07 April 2014

Project Inspire 2014, Mengubah Dunia dalam 5 Menit

Mungkin kita sering menganggap lima menit adalah waktu yang singkat, dan lima menit itu kita sia-siakan begitu saja. Padahal, dengan waktu lima menit, Anda bisa mengubah dunia lewat program Project Inspire.
Caranya, Anda hanya perlu memaksimalkan lima menit waktu yang Anda miliki, untuk kemudian menuangkannya ke dalam video. Dengan begitu,  Anda bisa memperbaiki kehidupan para perempuan di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.
Project Inspire
Ini adalah kali ke empat Project Inspire dilaksanakan sejak debutnya pada tahun 2011, dan program ini merupakan bantuan yang diprakarsai oleh MasterCard bersama Komite UN Women Singapura untuk membantu para pemuda yang ingin mengubah dunia perempuan menjadi lebih baik.
“Sumber daya global harus dikerahkan untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk para wanita yang bersifat jangka panjang,” kata Trina Liang-Lin, Presiden, Singapore Committee for UN Women.
“Dengan tingkat pengangguran anak muda di tingkat global mencapai 12.6% atau sekitar 73 juta orang, Project Inspire berharap dapat menunjukkan kekuatan organisasi sosial sebagai pekerjaan yang layak dan memiliki manfaat berlipat kepada masyarakat,” tambahnya.
Sepanjang perjalanan Project Inspire, Indonesia sudah menyumbangkan dua finalisnya untuk program tersebut , meski belum ada yang berhasil menjadi juara.
Pertama terjadi di tahun 2011 oleh tim Wangsa Jelita. Kemudian di tahun 2012, Gloria Arlini – Project Light yang sempat mempresentasikan program pemberdayaan perempuan dengan lampu tenaga matahari di kepulauan Riau juga sempat menjadi salah satu dari 10 finalis.
Nah, jika Anda merasa tertantang dan ingin mencoba, Anda hanya perlu menyerahkan video berdurasi lima menit yang berisi cerita tentang bagaimana uang sebesar US$ 25.000 (hampir mencapai Rp 290 juta) akan Anda gunakan. Tentunya untuk memperbaiki kehidupan perempuan.
Karena program ini merupakan inisiatif yang memberikan kesempatan kepada para peserta usia 18-35 tahun untuk memberdayakan wanita dan anak perempuan di lingkungannya. Ada dua hadiah lain yang diperebutkan selain US$ 25.000, yakni US$ 10.000 (hampir Rp 115 juta) kepada pemenang Special Recognition Awards dan hadiah khusus kepada pemenang People’s Choice Award.
Georgette Tan, Group Head, Communications, Asia/Pasifik, Timur Tengah dan Afrika, MasterCard, menuturkan, “Proyek Inspire terus mencari ide-ide dari anak muda yang ingin membuat perbedaan. Namun keberhasilan nyata dari program ini adalah dengan menyaksikan perkembangan para pemenang tahun-tahun sebelumnya dan dampak yang mereka ciptakan terhadap kehidupan perempuan, anak-anak perempuan, dan masyarakat di sekitar mereka.”
Program ini dibuka mulai Sabtu, 8 Maret 2014, dan pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui website Project Inspire, www.5minutestochangetheworld.org.  Batas waktu pendaftaran dan pengiriman video adalah 30 Juni 2014. Pemenang akan diputuskan oleh panel juri dan akan diumumkan di Singapura pada Sabtu, 30 Agustus, 2014.
Terkadang kita merasa prihatin terhadap orang-orang disekitar kita dan cara mereka menjalani hidup, tapi apakah kita pernah berbuat banyak? Dengan Project Inspire 2014 ini, Anda bisa mengubah dunia mereka dengan hanya menyisihkan waktu lima menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar