Senin, 07 April 2014

Pemasaran Media Sosial Terbaik? Pegawai Anda!

socmedterbaik
Akun Facebook, Twitter, dan media sosial lain sudah lumrah digunakan oleh bisnis masa kini sebagai bagian dari strategi pemasaran media sosial. Tapi, jangan lupa juga bahwa pegawai kita pun memiliki akun media sosial masing-masing dan itulah kesempatan besar untuk memasarkan bisnis kita kepada khalayak.
Mengapa memasarkan bisnis dengan akun pegawai? Sebenarnya, ada juga yang mempertanyakan etika tentang menggunakan akun pegawai sebagai alat pemasaran bisnis. Ada yang menganggap hal itu kurang beretika karena mencampur adukan hubungan pribadi dengan urusan pekerjaan. Tapi, ada juga yang berpendapat bahwa selama konten yang dibagikan lebih memberikan manfaat ketimbang sekadar ‘jualan’, kenapa tidak?
Seperti yang dikutip Businessnewsdaily, CMO PeopleLinx Michael Idinopulos mengatakan, “Orang-orang tidak membeli produk atau layanan dari merek. Mereka membeli dari orang-orang yang mereka kenal dan percaya.” Itulah mengapa memasarkan bisnis melalui akun pegawai layak untuk dicoba.
Memanfaatkan jejaring sosial pegawai juga terbilang lebih efektif dari segi biaya daripada membayar untuk setiap click. Nah, bisnis bisa menjalankan tips berikut bagi para pegawainya untuk mejadi pemasar media sosial yang profesional terlepas dari apapun posisi mereka.
Buatlah profil yang berkualitas. ­Profil pegawai dan merek yang berkualitas adalah langkah pertama untuk menarik audiens. Profil yang berkualitas tak hanya sekadar foto profesional dan mengisi lengkap bagian profil, tetapi juga harus konsisten menggunakan bahasa dalam menyebutkan dan mendeskripsikan perusahaan.
Bangun jaringan yang relevan. Berbicara soal jaringan, masalah relevansi lebih penting daripada kuantitas. Pegawai harus membangun jaringan dengan pelanggan, mitra dan calon pelanggan yang benar-benar mereka kenal.
Pancing keterlibatan jaringan dengan konten bernilai. Elemen ini paling penting, tapi sering kali diabaikan. Bagikan konten yang menarik dan bernilai. Setidaknya sebagian dari konten tersebut diambil dari sumber lain – tidak hanya dari perusahaan tempat ia bekerja atau dari konten pribadi. Dengan begitu pegawai kita tidak terus menerus membicarakan tentang dirinya dan perusahaan saja. Kepercayaan koneksi pun akan turut terjaga dengan cara ini.
Baiknya perusahaan mau membicarakan masalah ini terlebih dahulu dan memberikan pemahaman kepada para pegawainya sebelum menjalankan tips ini. Bagaimana pun juga peran akun media sosial pegawai memegang kunci penting dalam pemasaran bisnis di media sosial.
Sumber: Businessnewsdaily

Tidak ada komentar:

Posting Komentar