Sabtu, 01 Maret 2014

Inilah 20 startup paling menjanjikan asal Amerika

NEW YORK. Ekonomi Amerika Serikat (AS) memang masih tertatih-tatih. Tetapi, Negeri Uwak Sam tersebut masih menyimpan potensi besar. Sebab, ribuan perusahaan pemula (startup) berbiak di Amerika.
Memasuki tahun 2014, setidaknya ada 20 startup versi Majalah Forbes yang diprediksi menyedot perhatian investor maupun konsumen. Puluhan startup terpilih tersebut memiliki pendapatan di bawah US$ 250 juta, namun memiliki potensi bisnis hingga miliaran dollar AS di masa mendatang.
Startup berbasis teknologi masih mendominasi daftar 20 perusahan kecil yang memiliki prospek bisnis nan kinclong. Di posisi pertama, ada Fuhu Inc dengan pemasukan tahunan sekitar US$ 175 juta. Ini adalah perusahaan yang memproduksi tablet Android khusus anak-anak bernama Nabi.
Fuhu mengawali tahun 2014 dengan menggandeng konglomerasi hiburan DreamWorks. Awal Januari kemarin, Fuhu dan DreamWorks merilis DreamTab, tablet yang berisi film dan permainan racikan DreamWorks.
DreamWorks dan Acer mengucurkan modal sebesar
US$ 55 juta kepada Fuhu. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2008 silam ini juga mendapatkan sokongan dana dari perusahaan-perusahaan kelas kakap, seperti Foxconn dan Kingston. Posisi kedua ditempati Airpush, startup jasa iklan di ponsel pintar. Airpush sukses menggaet klien besar, seperti Coca Cola, Amazon, dan Volkswagen, dengan pendapatan sebesar US$ 98 juta.
Suja Juice merupakan jus beku organik yang tengah naik daun di AS. Suja Juice menghasilkan pendapatan US$ 18 juta.
Ada juga Evolent Health dengan pendapatan mencapai US$ 40 juta. Evolent Health menjual software dan konsultasi bisnis bagi rumah sakit dan asuransi.
Menutup posisi lima besar, ada Lending Club. Berdiri pada tahun 2006, Lending Club mengubah bisnis perbankan di Amerika Serikat. Lending Club adalah situs online yang menyalurkan kredit melalui sistem "peer-to-peer" alias sesama anggota klub. Berkat berkecimpung di bisnis tersebut, Lending Club meraup pendapatan sekitar US$ 98 juta.
Sederet nama lain yang termasuk startup menjanjikan di masa depan adalah Smashburger, uTest, AnchorFree, Yodle, HireVue, OnDeck, Tapad, iSend, CardCash,com, Thrillist, Menchie's Frozen Yoghurt, iCracked, Collective Bias, Craftsy, dan Yext.
Editor: Dessy Rosalina
Sumber: Forbes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar