Senin, 26 Mei 2014

Menjajal Bisnis Menarik dengan Kartu Nama Unik

Menciptakan sesuatu yang unik dan kreatif memang tiada matinya untuk di gali. Tidak usah bingung-bingung anda dapat menjajal bisnis-bisnis unik yang makin banyak di gemari banyak orang seperti yang satu ini . .
Tips dan trik saja memang rasanya tidak cukup. Bila ingin membuat kartu nama yang bagus, Anda sebaiknya melihat contoh-contohnya dulu. Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya, di era teknologi informasi saat ini, kartu nama sudah berevolusi. Dari sebuah kartu yang selalu berbentuk segi empat dua dimensi dan terbuat dari kertas, menjadi kartu dengan bentuk yang beragam, atraktif, “ajaib”, dan terkadang terbuat dari bahan yang di luar kebiasaan!
Ketika unik adalah segalanya …
Salah satu fungsi dari keunikan sebuah kartu nama adalah agar si pemegang kartu nama bisa langsung mengingat Anda ketika dia membutuhkan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Misalnya begini, Pak Banu yang jago memasak memberi sebuah kartu nama yang berisi data tentang jasa kateringnya untuk klien dekatnya, Ibu Sri. Suatu hari, bertahun-tahun setelah itu, tiba waktunya Ibu Sri hendak menikahkan anaknya. Untuk memenuhi urusan konsumsi, Ibu Sri kemudian membuka-buka lagi kumpulan kartu nama dari mitra bisnisnya. Setelah dicek, ternyata Ibu Sri menyimpan banyak kartu nama pemilik usaha katering. Tapi dari sekian banyak kartu nama itu, Ibu Sri langsung terbelalak dengan kartu nama milik Pak Banu yang tampil beda dari semua kartu nama lainnya. Jadi alih-alih berbentuk persegi empat dua dimensi, kartu nama Pak Banu tampil dalam wujud tiga dimensi yang menampilkan mangkok berisikan rupa-rupa makanan ketika Ibu Sri membukanya. Pokoknya wow ….!
Ibu Sri lantas terpesona, dari mata jatuh ke hati, dari hati terus ke handphone, dari handphone terus ke …… akad jual-beli. Nah, ini dia yang Anda tunggu-tunggu dari kartu nama bukan?
Oke, sekarang waktunya memasang sabuk pengaman. Pasang kaca mata (untuk yang punya rabun dekat) dan ….. have fun! Berikut contoh-contoh kartu nama yang saya maksud:
1. Taste Chocolate
Taste Chocolate
Bila Anda punya bisnis pembuatan kue cokelat, cookies, atau sesuatu yang sejenisnya, mungkin Anda perlu melihat desain kartu nama ini. Seisi kartu didominasi dengan warna cokelat plus, yang membuatnya unik, bekas gigitan di sisi kanan/kiri bawah. Dengan paduan dua faktor ini, warna bernuansa cokelat dan bekas gigitan, si pemegang kartu mungkin akan tertarik dengan keahlian Anda dalam membuat kue atau bolu cokelat. Pastikan Anda meletakkan nomor telepon, website atau email bisnis di sana.
2. Cafe-Java
Cafe-Java
Bisnis warung kopi sudah banyak tumbuh dan menjamur di seantero kota besar. Mulai dari yang menyasar pasar kelas rakyat jelata sampai yang ke pasar pejabat tinggi. Semuanya tentu punya kelebihan masing-masing, tapi untuk menambah nilai keunikan Anda, kenapa tidak mencoba untuk membuat kartu nama seperti di bawah ini? Dengan kartu nama ini, si pemegang tidak hanya melihat kafe atau warung kopi saja, tapi juga seakan-akan mencium bau kopinya sekalian. Mantap bukan?
3. Radio Presenter
Radio Presenter
Banyak yang bilang kalau nasib radio di masa depan akan suram. Hmmm, melihat perkembangan teknologi web dan penyebaran media berbasis audio di internet, pernyataan itu mungkin saja benar. Tapi meskipun begitu, Anda yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan radio broadcasting tidak usah putus asa. Terus tekunin hobi Anda dan agar tambah pede dengan posisi Anda, kenapa tidak membuat sebuah trademark cinta Anda dalam sebuah kartu nama yang tampak seperti di bawah ini. Bagaimana, cool isn’t?
4. Graphic Designer
Graphic Designer
Untuk para desainer grafis yang ingin menyampaikan pesan ke seluruh mitranya bahwa Ia adalah seorang yang “cutting-edge designer” alias “avant-garde designer”, mungkin kartu nama dengan “ketajaman” laiknya silet cocok untuk Anda. Simple tapi berkelas!
5. Chef Burger
Chef Burger
Di Indonesia Burger mungkin kurang populer ketimbang soto, sate, atau pisang goreng. Tapi dari kartu nama Chef Burger ini, Anda seharusnya bisa mempelajari sesuatu yang berharga dari desain dan tampilan visualnya.
6. Graphic Designer (3D version)
Graphic Designer (3D version)
Untuk desainer grafis yang suka dengan kartu nama berformat 3 dimensi, mungkin kartu nama keenam ini cocok untuk selera Anda. Ketika kartu nama dibuka, akan tampak rupa-rupa berwujud mesin fax. This is awesome!
7. Pembuka Botol
Pembuka Botol
Sebagai penutup, kartu nama berbentuk pembuka botol ini mungkin justru bisa membuka sel-sel otak Anda juga. Hihihihi, di era seperti sekarang, beberapa perusahaan mulai suka menghadiahi konsumen atua mitra bisnisnya dengan sesuatu yang unik tapi fungsional. Salah satu contoh konkritnya adalah pembuka botol ini. Jadi setiap kali membuka botol minuman, yang biasanya akan sangat berguna di hari raya untuk orang Indonesia, pelanggan Anda akan selalu berterima kasih untuk Anda. Pun demikian dengan bisnis Anda. You’re just unforgettable! Alias tidak terlupakan. Insyaallah. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar