Selasa, 19 November 2013

5 Cara Teknologi Besarkan UKM

teknoukmTeknologi yang telah membawa UKM bersaing melawan bisnis besar telah berkembang dalam satu dekade ini. Karena kesuksesan bisnis kecil terletak pada kualitas layanan dan produk, maka teknologi visibilitas dan pertumbuhan pelanggan merupakan hal yang mendasar bagi perusahaan.
Berikut beberapa cara teknologi membantu UKM bersaing dengan bisnis-bisnis besar.

Iklan murah (atau gratis). Adanya Google Ads dan layanan online serupa  membuat harga iklan menjadi turun di berbagai media. UKM sangat diuntungkan dengan adanya iklan murah atau bahkan gratis di media digital karena tanpa dana pemasaran yang besar, mereka bisa tetap menggapai pelanggan dengan produk dan layanan.

Gapaian global. Internet dan situs-situs bukanlah hal baru, tapi mereka sudah mengubah cara pemilik bisnis kecil memulai, menjaga, dan mempromosikan perusahaan mereka. Penulis lepas, tukang ledeng, konsultan pemasaran, dan ritel memiliki kesempatan untuk diekspos secara global selama 24 jam, tujuh hari seminggu. Meskipun menjadi global dan tanpa batas, tapi bisnis tetap membutuhkan komunikasi yang baik dan layanan pelanggan layaknya bisnis di dunia nyata dengan basis konsumen lokal.

Digital word-of-mouth. Word-of-mouth masih menjadi cara ampuh untuk menarik pelanggan baru. Jadi, bagaimana bisnis kecil bisa memanfaatkan cara ini secara online? Yaitu dengan menggunakan testimoni atau ulasan online. Tentu saja, jika ingin testimoni dan ulasan positif, pengusaha UKM harus memastikan kualitas produk dan layanan konsumen yang memuaskan. Selain itu, meminta ulasan atau testimoni dari pelanggan tidak selalu mudah. Pemilik usaha harus bisa mengajak mereka untuk mau memberikan kontribusi kecil tersebut.

Mudah dalam pembayaran. Sistem pembayaran menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keputusan pembelian secara online. Kenyamanan dalam pembayaran bisa mendorong konsumen memutuskan membeli produk atau jasa secara online. Situs pembayaran seperti PayPal atau pembayaran melalui e-banking mempermudah baik pemilik bisnis ataupun pelanggan untuk bertransaksi.

Pengantaran Cepat. Konsumen tak suka menunggu. Mereka ingin dilayani dengan cepat. Ritel online seperti Amazon seharusnya khawatir dengan teknologi mendatang, seperti Get It Now – aplikasi yang menjamin pelanggan mendapatkan barang pesanannya dalam waktu satu jam. Jadi, pastikan bahwa toko Anda bisa mengantarkan barang kepada pelanggan secepat mungkin.
Sudahkah UKM Anda menggunakan teknologi di atas ?
Sumber: chamberofcommerce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar