Indonesia
merupakan negara muslim terbesar di dunia. Ada sekitar 85,2% atau
sekitar 199.959.285 jiwa dari total 234.693.997 jiwa penduduk. Banyaknya
penduduk muslim di Indonesia cukup memberi banyak pengaruh terhadap
bisnis.
Hal itu
terlihat dari banyaknya bisnis yang kini berlomba membuat produk
syariah, Wardah misalnya. Perusahaan kosmetik yang didirikan sejak 1995
menjadi contoh bagaimana suksesnya mereka di pasar muslim Indonesia.
“Kami
menyadari bahwa banyaknya perempuan muslim merupakan sebuah peluang yang
tidak bisa diabaikan,” ujar Alif Kartika, Brand & Produk Manager PT
Paragon Technology and Innovation.
Menurutnya, salah satu faktor pendorong pertumbuhan bisnis mereka adalah tren pemakaian hijab yang belakangan ini telah menjadi lifestyle. Kejelian Wardah melirik peluang ini membuahkan hasil yang manis.
Misalnya
saja penghargaan Top Brand Award yang berhasil diperoleh sejak tahun
2012. Keberhasilan Wardah menjadi merek pilihan tak lepas dari upaya
mereka menjaga kepercayaan konsumen.
Kontan saja,
kesuksesan yang diraih Wardah mulai diikuti pemain lain. Mereka
ramai-ramai membuat kampanye serupa untuk mencicipi gurihnya pasar
muslim Indonesia.
Selain
Wardah ada juga yang sukses di pasar muslim Indonesia, HijUp.com. Akli
Djumadie, Managing Director HijUp.com mengatakan kelas menengah
Indonesia pada tahun 2020 akan meningkat sebanyak 85 juta penduduk.
Jika pada
tahun 2020 penduduk muslim Indonesia berjumlah 80%, maka kelas menengah
muslim mencapai 68 juta. Jika setengahnya adalah perempuan, maka ada 34
juta potensi pasar. Jika diasumsikan yang memakai hijab mencapai 50%,
maka ada 17 juta potensi pasar.
Pertumbuhan
jumlah muslimah berhijab di Indonesia sekarang ini lagi
tinggi-tingginya. Hal itu terlihat dari terus meningkatnya permintaan
busana muslim, tumbuhnya komunitas-komunitas hijab, serta berbagai
kegiatan hijab class di kampus, perusahaan, pengajian, ataupun arisan.
“Saya melihat Indonesia memiliki potensi besar, khususnya di bidang fashion dan tekstil. Dengan populasi terbesar di dunia, industri fashion muslim bisa menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia jika dikelola dengan baik,” pungkasnya.
Bagaimana tertarik dengan besarnya potensi di segmen pasar muslim Indonesia? Beritahu kami dalam kolom komentar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar