Dalam mengantisipasi kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat
memaksa para pelaku usaha untuk berlomba mencari strategi pemasaran yang
lebih kreatif dan inovatif. Strategi yang digunakan tidak lagi sebatas
strategi yang biasa dan umum, namun harus mengeluarkan jurus kreatif
semaksimal mungkin, memanfaatkan peluang bisnis semaksimal mungkin
bahkan bila perlu keluar dari zona nyaman agar dapat membuat gebrakan
baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kompetitor.
Salah satu
contoh strategi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan teknik Blue
Ocean Strategy, lantas bagaimana menghadapi persaingan bisnis dengan
Blue Ocean Strategy?
Dikutip dari situs www.wartawirausaha.com,
strategi Blue Ocean pertama kali dipaparkan oleh W. Chan Kim dan Renee
Mauborgne. Strategi blue ocean mengajak pelaku usaha untuk mencari dan
menggunakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik maupun disentuh
oleh orang lain maupun kompetitor. Pengusaha diajak untuk menghindari
masuk kedalam kompetisi yang sudah penuh dengan persaingan.
Ada
beberapa tips bagi anda yang ingin menggunakan strategi pemasaran blue
ocean ini untuk menaklukkan persaingan di pasar yang telah penuh.
Hal
pertama yang dapat dilakukan adalah menciptakan pangsa pasar baru yang
belum pernah dilirik sama sekali. Misalnya saja anda dapat
mengkombinasikan hobi anda menjadi sebuah tema pada bisnis utama yang
dikemas menjadi sebuah peluang yang menarik perhatian.
Bobby
Handojo Gunawan adalah salah satu yang berhasil menerapkan strategi
bisnis seperti ini. Berbekal hobinya di bidang otomotif, Bobby berhasil
mengembangkan bisnis caf dan resto yang ia beri nama Dream Cars Resto
And Caf di Surabaya. Bobby tak segan-segan untuk menggunakan koleksi
mobil tuanya sebagai tempat makan bagi para konsumen. Konsep bisnis
yang unik ini tentu saja menarik perhatian para pelanggan dan akhirnya
caf dan resto milik Bobby ini selalu menjadi buah bibir dan akhirnya
setiap hari restorannya selalu ramai dikunjungi.
Kemudian buatlah
produk anda berbeda dari yang lain. Ciptakan produk baru yang unik dan
belum pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang.
Contohnya Rachman S Said yang berhasil menciptakan gebrakan baru di bidang kuliner karena keberhasilannya menciptakan mie dengan labu sebagai bahan utamanya. Alumni IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian ini mampu menciptakan produk mie yang berbeda dan mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa mie bisa dibuat dengan bahan labu. Keunikan inilah yang membuat Bumi (Labu Mie) menjadi dikenal, sehingga permintaan konsumen yang penasaran ingin mencicipi terus mengalami peningkatan.
Contohnya Rachman S Said yang berhasil menciptakan gebrakan baru di bidang kuliner karena keberhasilannya menciptakan mie dengan labu sebagai bahan utamanya. Alumni IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian ini mampu menciptakan produk mie yang berbeda dan mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa mie bisa dibuat dengan bahan labu. Keunikan inilah yang membuat Bumi (Labu Mie) menjadi dikenal, sehingga permintaan konsumen yang penasaran ingin mencicipi terus mengalami peningkatan.
berani bedaSelain itu
gunakanlah slogan yang unik untuk menciptakan kesan khusus di hati
pelanggan. Mungkin kebanyakan orang menganggap tagline hanya merupakan
bagian dari iklan, namun tagline ini dibuat dengan tujuan jangka
panjang, hingga dapat tertanam di hati para konsumen. Contohnya
perusahaan yang mengusung tagline Im lovin it. Ya, dengan mengucapkan
tagline itu saja, maka dapat dipastikan setiap orang yang mendengarnya
akan langsung mengasosiasikannya dengan resto cepat saji McDonald.
Bagaimana
dengan bisnis anda? Andapun dapat menerapkan strategi tersebut dengan
salah satu syaratnya adalah bekal kreatifitas tinggi, berani ber-inovasi
dan dare to be different! thats Blue Ocean Strategy! (bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar