Hai semua agan - agan. Buat kalian yang suka atau sedang menjalani
profesi dibidang periklanan, sales marketing dan lain sebagainya.
Sepertinya ini saatnya kalian tahu tentang 30 kata marketing ajaib yang
harus Anda terapkan pada posting social media, artikel, email penawaran,
konten website, dan sebagainya:
1. Anda
Menulislah seolah – olah Anda sedang ngobrol dengan teman Anda, jangan membayangkan diri Anda yang berasumsi sendiri.
2. Karena
Beri pelanggan Anda alasan untuk segera melakukan “action”. Perhatikan
juga sasaran pelanggan (target market) Anda, karena alasan untuk target
market yang tidak tepat justru akan membuat Anda dianggap bodoh.
3. Gratis
Karena semua orang menginginkan hal yang berbau gratis. Coba tanyakan
kepada 10 teman Anda maka semua pasti akan memilih sesuatu yang gratis
daripada yang berbayar.
4. Nilai
Buat seolah – olah pelanggan mendapatkan sesuatu, bukan kehilangan
sesuatu. Contohnya jangan menggunakan kata “uang”, melainkan “biaya”
atau “harga”, karena jika Anda mengatakan “uang”, maka pelanggan akan
terkesan kehilangan uang mereka. Tetapi gunakan kata “biaya”, maka
mereka akan terkesan mendapatkan sesuatu kemudian memberikan gantinya.
5. Garansi
Berikan garansi kepada calon pelanggan Anda, sehingga mereka akan merasa
aman terhadap kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Garansi tidak
harus muluk – muluk, yang simple dan mudah pun tidak menjadi masalah,
asalkan dikemas dengan kata-kata yang bagus. Yang terpenting adalah Anda
harus “sanggup” memenuhi garansi tersebut. Garansi ini sebagai ikatan
Antara Anda dan calon pelanggan Anda.
6. Luar biasa
Seperti halnya GRATIS, orang cenderung senang dan cepat tanggap dengansesuatu yang luar biasa.
7. Mudah
Buatlah langkah yang semudah mungkin untuk calon pelanggan Anda menjadi
pelanggan Anda. Bahkan kalau perlu hanya satu langkah mudah agar bisa
menikmati kemudahan layanan Anda.
8. Temukan
Ciptakan hal baru dan buat pelanggan Anda penasaran dan ingin mencoba
hal tersebut. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah cara
menyampaikan hal baru tersebut kepada calon pelanggan Anda dan buat
mereka penasaran untuk menemukan hal baru tersebut.
9. Sekarang
Buat motivasi agar pelanggan Anda melakukan keputusan atau tindakan saat itu juga.
10. Include
Sampaikan kepada pelanggan Anda bahwa semua kebutuhan pentingnya sudah termasuk dalam produk/layanan Anda.
11. Tidak lagi
Tunjukkan kepada pelanggan Anda tentang keuntungan negative. Bagaimana
bisa keuntungan negatif itu ada? Bisa saja, misalnya : “Anda tidak akan
lagi membayar….” dan “Anda tidak perlu khawatir lagi tentang …..”.
12. Terbaru
Sampaikan kepada calon pelanggan Anda bahwa produk/layanan Anda adalah
yang terbaru dibidangnya, atau menggunakan teknologi terbaru, atau yang
pertama kali di dunia/di Indonesia/Jawa Timur.
13. Hemat
Setiap orang ingin menekan pengeluarannya, atau dengan kata lain
berhemat sebanyak mungkin. Jadi tekankan kepada calon pelanggan Anda
bahwa dengan membeli produk/layananAnda, maka mereka akan menghemat
sekian rupiah.
14. Terbukti
Tujukkan sebuah riset atau testimonial dari kerabat Anda yang membuktikan bahwa produk/layanan Anda sudah terbukti kualitasnya.
15. Aman dan efektif
Kata-kata ini untuk meminimalisir persepsi negative tentang resiko dan kerugian.
16. Tepat guna
Beritahu calon pelanggan Anda bahwa produk atau layanan Anda benar-benar tepat guna bagi mereka.
17. Nyata
Hampir sama dengan TERBUKTI, bahwa calon pelanggan Anda membutuhkan
sesuatu yang nyata sebagai pendorong untuk memutuskan membeli
produk/layanan Anda.
18. Rahasia
Tidak semua orang bisa berhasil, dan pasti ada rahasia dibalik
kesuksesan tersebut. Sampaikan rahasia produk/layanan Anda mengapa bisa
menjadi solusi kepada calon pelanggan Anda tersebut. Karena hamper
setiap orang senang jika diberitahu sebuah rahasia.
19. Solusi
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda benar-benar menjadi solusi untuk calon pelanggan Anda.
20. Instan
Tunjukkan kecepatan akses atau kesigapan pelayanan dari team Anda.
21. Bagaimana
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bagaimana Anda menyelesaikan masalahnya.
22. Gengsi
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan menggunakan
produk/layanan Anda, mereka akan mendapatkan gengsi yang tinggi. Setiap
orang di Indonesia senang akan gengsi.
23. Eksklusif
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda adalah istimewa jika dibandingkan dengan kompetitor Anda.
24. Disebabkan oleh
Analisa dengan cermat problem calon pelanggan Anda dan berikan alas an
kenapa hal tersebut dapat terjadi. Hal ini akan membuat Andaterkesan
“smart” dan otomatis calon pelanggan Anda pun akan lebih percaya dengan
Anda.
25. Lebih
Apakah Anda memberikan lebih dari yang pesaing Anda tawarkan? Pastikan calon pelanggan Anda mengetahui kelebihan Anda tersebut.
26. Tawar – menawar
Berikan kesempatan bagi calon pelanggan Anda untuk melakukan penawaran,
bisa berupa penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya masyarakat
Indonesia adalah menyukai tawar – menawar, dan ingin memperoleh lebih.
Jadi berikan itu kepada mereka.
27. Tidak ada kewajiban
Hal ini untuk memastikan kepada calon pelanggan Anda bahwa setelah
menggunakan produk/layananAnda, mereka tidak ada beban atau tanggungan
lagi.
28. 100% Garansi uang kembali
Semua orang menginginkan suatu kenyamanan dalam bertransaksi. Salah
satunya yaitu jaminan uang kembali apabila terjadi hal yang tidak
diinginkan pada barang yang dibelinya. Namun tetap ingat, hanya berikan
garansi ini jika Anda yakin bahwa produk/layanan Anda benar – benar
“powerfull”.
29. Besar
Buat diskon yang besar dan penawaran yang tinggi sehingga calon
pelanggan Anda tidak sanggup lagi mengelak untuk tidak membeli
produk/layanan Anda.
30. Kekayaan
Setiap orang ingin kaya, termasuk saya, Anda dan banyak lainnya. Jadi
tunjukkan bahwa produk/layanan Anda bisa mendukung keinginan setiap
orang tersebut.
Nah, sekarang tinggal bagaimana kita sebagai seorang pelaku marketing
untuk mengkombinasikan kata-kata tersebut untuk mencuri hati calon
pelanggan Anda agar membeli produk/layanan Anda. Lakukan sekarang dan
tingkatan “conversion rate” penjualan Anda. Selamat mencoba ;-)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar