Dalam dunia inovasi produk, kata “connected”
atau “terhubung” sedang ramai didengungkan. Tapi ada satu tempat di
mana produk belum merealisasikan potensi penuh konektivitas: rumah. Kita
tak berbicara tentang elektronik konsumer seperti telepon, komputer,
tablet, dan video game. Kita berbicara tentang perangkat sederhana yang
membuat hidup kita lebih baik dan rumah menjadi lebih nyaman, seperti
mesin kopi, pemanggang roti, dan penghangat ruangan.
Konsumen sangatlah ahli dalam mengendus value sesungguhnya
dari produk yang mendobrak menggunakan konektivitas. Misalnya, mesin
kopi yang bisa dikrontrol dari smartphone. Potensi peralatan terhubung
bagi konsumen dan bisnis sangatlah besar. Utamanya bagi konsumen,
konektivitas memberikan pengalaman yang berarti dan bermanfaat.
Berikut lima kunci penggunaan konektivitas dalam desain produk untuk menciptakan value sesungguhnya untuk konsumen.
Fokus pada nilai. Fokuslah dalam memberikan nilai pada produk.
Misalnya perangkat monitor bayi Whitings yang memungkinkan pengguna
mengamati bayi mereka melalui kamera dengan mengetuk smartphone atau
tablet mereka. Dengan Wi-Fi, perangkat ini memungkinkan para orang tua melakukan monitor dari mana pun.
Operasi jarak jauh. Remote control bukanlah hal baru. Tapi remote control yang bisa digunakan di manapun seperti smartphone seperti Samsung SmartHome WiFi Washer dan Dryer. Remote control
ini memungkinkan pengguna mengendalikan pengering dari ponsel. Nilai
produk tersebut adalah sebuah notifikasi yang memungkinkan pengguna tahu
kapan mesin cuci telah selesai mencuci.
Sediakan infromasi bermanfaat, tak hanya data. Misalnya Aria
Fitbit, timbangan berat badan digital, tak hanya menunjukkan skala berat
badan pada hari badan ditimbang. Tetapi juga menampilkan tren berat
badan dari waktu ke waktu di ponsel atau tablet. Tubuh tak bereaksi
secara linier dengan makanan dan olahraga yang menyebabkan berat
berfluktuasi. Fungsi ini memberitahu penggunanya penurunan berat badan
sesungguhnya.
Buat komunitas. Salah satu dari kekuatan sesungguhnya
konektivitas adalah komunitas. Sebuah komunitas produk dan layanan yang
semuanya terikat bersama bisa menciptakan penawaran lebih kuat daripada
produk atau layanan yang berdiri sendiri-sendiri. Whitings Smart
Activity Tracker melengkapi layanannya dengan bermitra dengan aplikasi food tracking seperti My Fitness Pal yang menghasilkan ekosistem penawaran lebih besar.
Tawarkan free trial dan upgrade. Tawarkan free trial
bagi calon pelanggan dengan harapan setelah mencoba dalam beberapa
waktu mereka tertarik dan akan mau membayar penggunaanya. Lakukan upgrade pada aplikasi untuk meningkatkan performa.
Konektivitas di rumah adalah sesuatu yang sudah siap diterima oleh konsumen. Menyematkan chip Wi-Fi
pada produk kita tidaklah cukup untuk menciptakan produk yang membuat
konsumen mau membeli. Gunakan konektivitas untuk menyampaikan penawaran
produk kepada konsumen dan kita akan menciptakan nilai bagi konsumen.
Sumber: Fastcompany
Tidak ada komentar:
Posting Komentar