Akhir tahun
kian mendekat. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mulai berpikir tentang
tahun depan. Apa rencana yang akan dibuat, tujuan, dan sasaran baru
Anda. Tentunya, semua itu dilakukan untuk mengubah bisnis menjadi lebih
baik dan lebih menguntungkan di tahun mendatang.
Nah, untuk
membantu dan membuat Anda berpikir lebih strategis tentang rencana
bisnis, berikut empat pertanyaan yang akan membantu mengubah bisnis
Anda.
Apa tantangan terbesar bagi pelanggan saat ini dan siapa pelanggan potensialnya?
Mengidentifikasi
tantangan yang dihadapi pelanggan dan pelanggan potensial akan membantu
Anda mengembangkan produk dan layanan yang lebih sesuai. Di samping itu
juga penting untuk mengidentifikasi cara untuk upsell, cross-sell,
atau menjual kepada pelanggan Anda. Tentunya hal itu akan mempermudah
produk atau jasa memosisikan diri terhadap kebutuhan pelanggan Anda.
Selain itu,
juga akan membantu Anda membentuk aliansi yang menguntungkan dan
kemitraan rujukan dengan bisnis lain dari pelanggan – yang berarti
membuka lebih banyak kesempatan dan sumber pendapatan lain.
Apa yang pelanggan sampaikan secara verbal dan non- verbal?
Pelanggan
adalah sumber terbesar untuk belajar, jadi dengarkan dengan baik apa
yang mereka katakan dan juga lihat apa yang tidak mereka katakan.
Apakah
beberapa produk atau jasa Anda lebih menjual dibanding yang lain? Apakah
mereka memuji Anda di wilayah tertentu secara konsisten? Apakah mereka
mengeluh secara konsisten di wilayah tertentu? Apakah mereka datang
kembali dan membeli secara teratur? Apakah mereka merujuk orang lain?
Dengan
mendengarkan pelanggan, Anda akan mulai mengidentifikasi daerah mana
saja yang harus Anda tingkatkan, memperbaiki produk yang kurang
menguntungkan, dan mencari tahu cara membuat pelanggan lebih bahagia,
lebih setia, dan ingin membeli lagi dan merekomendasikannya kepada orang
lain.
Bagaimana saya bisa menukar waktu menjadi uang?
Ini adalah
salah satu tantangan terbesar yang sering dihadapi para pemilik bisnis,
terutama bagi mereka yang menjual layanan. Dengan sumber daya terbatas,
hal terakhir yang mereka inginkan adalah penghasilan mereka dibatasi
oleh berapa banyak waktu yang bisa mereka curahkan untuk pekerjaan.
Dengan mulai
berpikir tentang apa lagi yang bisa dilakukan, Anda seharusnya mulai
mengembangkan produk berbeda dan mengidentifikasi sumber-sumber
pendapatan lain – terutama pendapatan masif.
Bagaimana saya bisa memanfaatkan waktu, pengetahuan, uang, sumber daya, kontak, dan upaya saya untuk memajukan bisnis?
Ini harus
menjadi salah satu pertanyaan yang paling kuat yang Anda tanyakan.
Memperbaiki hal tersebut akan membantu Anda mengembangkan bisnis lebih
cepat dengan upaya dan biaya yang lebih sedikit.
Wirausahawan
sejati menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menjawab
pertanyaan ini dengan satu tambahan – bagaimana saya bisa meningkatkan
waktu, pengetahuan, uang, sumber daya, kontak dan upaya orang lain juga?
Jika Anda
mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang akan dilakukan
untuk perencanaan bisnis tahun depan, Anda akan optimis untuk membuat
tahun terbaik.
Editor: Wahid FZ | Sekar Ayu | Sumber: StartupSmart
Tidak ada komentar:
Posting Komentar