Dalam memasarkan produk dari suatu brand,
Anda akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan
strategi promosi bisnis yang tepat, Anda akan meraih kesuksesan pada
bisnis Anda. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan
untuk mencapai target penjualan Anda dan juga mendulang brand awareness
ketika strategi promosi dijalankan. Untuk mencapai itu semua, simak 10
tips dari strategi promosi bisnis dari Sribu.com berikut ini!
1. Gunakan Media Sosial
Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki brand Anda. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan
juga produk yang ingin Anda pasarkan kepada pengguna media sosial.
Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan Anda lakukan
menjadi lebih personal dan juga menjadi ‘lebih dekat’ dengan target market.
2. Adakan Lomba
Siapa sih yang tidak suka menjadi pemenang?
Tentu saja semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh karena itu,
menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam
salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi
yang baik. Dengan menampilkan logo Anda pada kontes atau perlombaan
tersebut, maka brand yang akan Anda promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
3. Bagi-bagi Produk
Jika brand Anda sedang ingin
memperkenalkan produk atau varian baru dari produk yang pernah
dikeluarkannya, maka salah satu strategi promosi yang cocok untuk
dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepada target market. Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
4. Mendata Pelanggan/Target Market
Mengumpulkan data pelanggan merupakan
kegiatan yang kami rekomendasikan. Pada saat proses perkenalan produk
ataupun penjualan berlangsung, pastikan Anda mendapatkan data pelanggan
sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga akan berguna untuk strategi
promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.
5. Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi pelanggan setia Anda
yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk
menggunakan produk dari brand yang Anda pasarkan. Insentif dapat
diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang,
atau produk Anda sendiri. Dengan cara tersebut, pelanggan setia Anda
akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan
produk Anda. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang
jitu!
6. Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat
Penempatan produk yang baik adalah
penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Anda
bisa saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis
produk lain yang merupakan komplementer dari jenis produk yang Anda
jual. Anda juga bisa menempatkan produk yang Anda pasarkan pada ujung
gang toko sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan memanfaatkan segi letak
produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi promosi yang jitu, bukan?
7. Lakukan Kegiatan Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)
Salah satu strategi promosi lainnya adalah dengan menunjukkan rasa peduli brand terhadap isu di sekitar masyarakat/target market yang biasa ditunjukkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sambil mempromosikan brand atau roduk teretentu yang ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini, brand Anda akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.
8. Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan strategi promosi, Anda boleh menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya) yang telah diberikan label berupa logo brand
Anda sehingga ketika barang promosi tersebut digunakan oleh seseorang,
maka barang tersebut telah mengingatkan orang disekitarnya untuk
menggunakan produk dari brand tersebut.
9. Susun Acara untuk Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi para pelanggan
setia produk yang akan Anda promosikan. Susunlah acara yang menarik,
banyak hadiah dan tanpa ada stand untuk berjualan serta tanpa
harus memaksa para peserta membeli apa pun pada acara tersebut. Dengan
strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand Anda.
10. Lakukan Survey Pembeli setelah Penjualan
Untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi Anda untuk melakukan survey
pada setiap pelanggan setelah penjualan. Anda bisa melakukannya di
tempat, melalui telepon maupun melalui email. Tetunya strategi promosi
berbentuk survey ini mempermudah pelanggan untuk menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang digunakan/dikonsumsi.
Dari 10 tips yang sudah Sribu bagikan di
atas, Anda dapat melakukan berbagai kombinasi strategi promosi yang
menarik dengan tips tersebut sepeti menyelenggarakan kontes melalui
media sosial dan memberikan barang promosi setelah pelanggan menjawab
pertanyaan pada survey yang diselenggarakan. Mudah dan juga menarik untuk dicoba, bukan??
Namun, sebelum strategi promosi yang ingin
Anda jalankan dimulai, pastikan hal-hal seperti logo perusahaan, desain
label dan juga brosur/poster yang akan digunakan telah terdesain dengan
baik. Melalui Sribu.com, Anda akan mendapatkan puluhan hingga ratusan
pilihan desain berkualitas dengan berbagai kategori desain (desain logo, merchandise, brosur
dan lain-lain) dalam waktu singkat dan tentunya dengan harga yang
terjangkau. Jasa desain Sribu.com tentunya akan cocok bagi Anda yang
sudah tidak sabar untuk melakukan strategi promosi agar angka penjualan
segera melonjak dengan cepa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar