1. Kenali Diri Anda
Setiap
orang pasti memiliki keahlian tersendiri dalam hidupnya. Dimana, jika
Anda menjalani pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki, pasti
pekerjaan akan berjalan tanpa ada beban. Justru menjadi sesuatu yang
sangat menyenangkan.
Maka
dari itu, kenali terlebih dahulu apa yang Anda suka dan keahlian apa
yang paling digemari, setelah itu lamarlah pekerjaan yang sesuai dengan
keahlian Anda.
2. Perhatikan Akun Social Media
Saat sudah melakukan tahap interview, beberapa perusahaan mencari informasi melalui media sosial Anda.
Cobalah
untuk menghapus foto-foto yang memberikan kesan negatif mengenai diri
Anda. Mintalah testimoni dari rekan-rekan perusahaan lama Anda mengenai
diri Anda selama bekerja agar dapat memberi kesan positif pada
perusahaan yang Anda lamar.
3. Andalkan Kecanggihan Internet
Cobalah untuk mencari perusahaan yang tidak menyediakan lowongan secara online dengan melihat pekerjaan yang dimiliki oleh teman-teman Anda.
Jangan takut untuk memulai hal ini, siapa tahu disanalah keberuntungan menanti diri Anda.
4. Gunakan Kekuatan Anda
Banyak
pelamar kerja yang menggunakan aneka software canggih dalam membuat
lamaran kerja agar terlihat baik dimata perusahaan. Selain itu, kekuatan
kata-kata dalam lamaran kerja Anda sangat diperhatikan dalam hal ini.
Jangan
lupa untuk mencantumkan segala keahlian, nilai terbaik, dan lain-lain.
Karena, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan dari perusahaan yang
Anda lamar.
5. Kirim Lamaran
Setelah
persiapan Anda sudah matang, maka lamarlah pekerjaan yang Anda minati.
Studi menunjukkan bahwa jika seorang wanita memenuhi 60 persen dari
persyaratan pada daftar pekerjaan, dia akan menganggap dirinya sesuai
dengan pekerjaan tersebut.
Namun,
untuk seorang pria jika ia merasa tidak 100 persen sesuai dengan
persyaratan pekerjaan tersebut maka ia tidak akan melamarnya. Meski
sebenarnya, hal itu adalah wajar karena mencari pekerjaan sama dengan
melakukan persaingan.
6. Buatlah Email Pribadi
Saat
melamar pekerjaan, jangan mengirimkan lamaran ke alamat email kantor
tersebut. Namun, mintalah email pribadi dari pihak HRD agar memudahkan
Anda dalam mengirimkan lamaran kerja. Tak hanya itu saja, dalam email
pribadi tersebut Anda juga dapat menceritakan tentang diri Anda dan
pengalaman pekerjaan yang telah Anda geluti.
7. Pelajari dan Hubungi Perusahaan Tersebut
Saat
melakukan interview, Anda sebaiknya tahu apa saja informasi mengenai
perusahaan yang Anda tuju serta pekerjaan yang akan Anda geluti.
Beberapa
perusahaan menginginkan Anda untuk mengetahui perusahaannya. Cobalah
untuk membuka internet, untuk belajar tentang perusahaan dan pertanyaan
yang terkait selama interview berlangsung.
Untuk
meyakinkan diri Anda setelah dihubungi oleh pihak perusahaan, maka
hubungi mereka. Tanyakan apa saja yang harus Anda butuhkan dan kepada
siapa Anda akan bertemu. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda sangat
berminat untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut.
8. Berpikir PositifJika sudah melalui berbagai tahap, namun tidak ada panggilan kembali dari pihak perusahaan maka berpikirlah positif. Mungkin pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan diri Anda, jika dipaksakan akan membuat Anda tidak bertahan lama didalamnya.(vaa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar