Minggu, 26 Januari 2014

Standar Gaji Perusahaan Tahun 2013 (Update - for S1 Fresh Graduate)

Berikut ane sajikan standar beberapa gaji perusahaan 2013 berdasarkan info temen2 kaskus dari berbagai treat forum ini dan informasi terpercaya lainnya, buat S1 Freshgraduate ya
Sektor Natural Resourches & Energy
1. Bakrie Sumatera Plantation : 4,2 Jt
2. Arutmin (Site) : 8,5 Jt (Gross), 24x gaji/tahun
3. Adaro Energy (Site) : 8,8 Juta
4. Berau Coal (Site) : 9Jt (Gross)
5. Kaltim Prima Coal (Site) : 9,8 (gross)
6.PT Indo Tambangraya Megah (GET/ Geologist and Engineer Trainee):
Basic 7,2 + lain-lain gross 9,3 (setahun bonus tahunan 2-10X basic) (info dari yang lulus GET)
7. CIkarang Listrikindo (MDP) : 4.5 Jt
8. PT Fugro Indo (oil Serv) : Basic 3,5 Jt + Site Allowance 70 USD/day + kesehatan full protected

Sektor Jasa Keuangan
1. Astra Credit Companies (ACC) - Future Leader Program : GP 5,5 + Transport 68.000/hari (gross)
2. Bank Muamalat : MDP Program = 6jt, 1 thn minimal 14,5x gajian
FrontLiner = 3,6 Jt
Back Office = 3,4 Jt

3. BNI (ODP) : 4,6 Jt + Transport 23.000/hari
4. Bukopin (MODP) : 6,8 Jt, 20-24x gajian/tahun
5. City Bank (Management Assoiate): 8.1 Jt
6. ODP Bank Mandiri : 4,3 (regional), 4,8 (Nasional), satu tahun 15-24x Gaji
7. PCPM Bank Indonesia : Uang Saku OJT = 3,7Jt, setelah diangkat GP 8,7 JT (1 Tahun +/- 20x gajian)
8. RMDP Bank DBS : 4,5 Jt + Pulsa 350 rb + jaminan kesehatan 100%
9. MDO OCBC NISP : 4 Jt + pulsa 350 ribu (masa training)
10. SFMT Standard Chartered :7JT,min14.5x gaji (exclude performance bonus)
11. ODP BTN : 6,8 juta, rata-rata 21 x gajian dalam setahun

Sektor Otomotif dan Manufakturing Lainnya
1. Astra Daihatsu Motor : GP 5,5 + Transport 40 rb/hari + meal 13.500/hari + bonus akhir tahun 9-13x Gaji
1Toyota manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) : GP 5,8 Jt+ Transport 1,6 Jt + tunj.komunikasi 120 rb/bulan + tunj.kesehatan 200 rb/bulan, plus bonus 6 kali gaji (minimal)
2. General Motor (chevrolet) : 8-9 Jt/bulan
3. Toyota Astra Motor : THP 6,5 - 7 Jt
4. Nissan Motor : GP 3,3 Jt + Transport 21 rb/hari
5. Honda Sales Operation : GP 4,5 jt + transpor 25 rb/hari + bonus akhir tahun 7-10 GP
6. United Traktor : GP 6 Jt + tunjangan lain 1 Jt, bonus 10-12x gaji
7. MT Multi Strada : 3,4 Jt
8. Auto 2000 : THP 5-6 juta/bulan (non sales)
9. Philips Batam : 4 Jt
10. Kramayudha Tiga Berlian (Mitsubishi) : GP 4.63 JT


Sektor Food Manufacturing and Customer Good (FMCG)
1. Nestle : 4,4 Jt
2. Unilever : 8 Jt (Trainee)
3. Nutrifodd : 4,3
4. MT Heinz ABC : 4,5
5. New SPV Indolakto : 4,5
6. JCo Donuts : 3,2 Jt


[B]BUMN dan Anak Perusahaannya[/B
1. Pertamina : 8 jt
2. PGN : 3,5 jt
3. PLN : 5 jt (lebih dari 20 x gaji setahun)
4. Pusri : 5 jt (lebih dari 24 x gaji setahun)
5. Pelindo : 5,5 Jt (lebih dari 24 x gaji setahun)
6. PT Indah Karya : 3,75jt
7. PT. Pembangunan jaya : 2.7-3,5 Jt
8. Adi Karya : 2,8 Jt + Tunjangan site 0.5 -1.5 Jt + Bonus Projek , 16 kali gajian/tahun
9. PT Timah : 5,3 Jt
10. Krakatau Steel : MT 3 Jt, setelah diangkat 5, 7 Jt
11. MT Krakatau Posco : 5,7 JT
12. Enginer Rekayasa Industri : 6,5 Jt + Bonus project
13. Angkasa Pura I : THP = 6,5 Juta, 18x gaji setahun
14. Aeroasia GMF : Training GP 2,75 Jt+ Transport 85rb/hr
pengangkatan: 3,4 + allowance 2.05 jt, 18xgajian

15. PT PP (Persero)Tbk, Staff Teknik Divisi EPC(Setelah pengangkatan/OJT) :
Di kantor pusat : GP 4,75jt + tunjangan kantor 2,4jt+Bonus tahunan 2,5x GP
Di site project : GP 4,75jt + tunjangan site 0,5 - 2x GP (based nilai project)


Shipping Line
MDP Samudra indonesia: THP 4.5 - 6 jt (tergantung besar tunjangan homebase)
Meratus Line: 3 Jt
NYK Line : 3,2 Jt


Informasi, Teknologi, Komunikasi
1. Huawei Tech Investment : GP 2,5 - 5 Jt, Business Trip 500 rb/hari
2. MT Telkomsel : GP 4,5 jt (OJT)/5.1 Jt (setelah pengangkatan) + Uang Pulsa 500 rb/bulan, 1 tahun bisa 24x Gajian
3. Samsung Indonesia : Basic GP5 jt, THP 6-7 Jt
4. XL Aprrentice Pogram : 4,6 Jt
5. Transcorp : 2,6 - 3,5 Jt, meal 15rb/hari, 1 tahun minimal 15x gaji

Lembaga Konsultan:
1. Arghajata Consulting : 4,5 Jt/bulan
2. Accenture Management Consulting : 6,5 Jt/ bulan + tunjangan transportasi travelling 500 ribu/hari
3.IKPT : 5,5 Jt + 1 jt project fee

lain-lain:
Indosiar : 3 Jt
Surya Toto : 3 Jt
BlueBird(MT): 4,5 (all in)

30 Kata Ajaib untuk Kehebatan Marketing Bisnis Anda

Hai semua agan - agan. Buat kalian yang suka atau sedang menjalani profesi dibidang periklanan, sales marketing dan lain sebagainya. Sepertinya ini saatnya kalian tahu tentang 30 kata marketing ajaib yang harus Anda terapkan pada posting social media, artikel, email penawaran, konten website, dan sebagainya:
1. Anda
Menulislah seolah – olah Anda sedang ngobrol dengan teman Anda, jangan membayangkan diri Anda yang berasumsi sendiri.

2. Karena
Beri pelanggan Anda alasan untuk segera melakukan “action”. Perhatikan juga sasaran pelanggan (target market) Anda, karena alasan untuk target market yang tidak tepat justru akan membuat Anda dianggap bodoh.

3. Gratis
Karena semua orang menginginkan hal yang berbau gratis. Coba tanyakan kepada 10 teman Anda maka semua pasti akan memilih sesuatu yang gratis daripada yang berbayar.

4. Nilai
Buat seolah – olah pelanggan mendapatkan sesuatu, bukan kehilangan sesuatu. Contohnya jangan menggunakan kata “uang”, melainkan “biaya” atau “harga”, karena jika Anda mengatakan “uang”, maka pelanggan akan terkesan kehilangan uang mereka. Tetapi gunakan kata “biaya”, maka mereka akan terkesan mendapatkan sesuatu kemudian memberikan gantinya.

5. Garansi
Berikan garansi kepada calon pelanggan Anda, sehingga mereka akan merasa aman terhadap kemungkinan resiko yang akan dihadapi. Garansi tidak harus muluk – muluk, yang simple dan mudah pun tidak menjadi masalah, asalkan dikemas dengan kata-kata yang bagus. Yang terpenting adalah Anda harus “sanggup” memenuhi garansi tersebut. Garansi ini sebagai ikatan Antara Anda dan calon pelanggan Anda.

6. Luar biasa
Seperti halnya GRATIS, orang cenderung senang dan cepat tanggap dengansesuatu yang luar biasa.

7. Mudah
Buatlah langkah yang semudah mungkin untuk calon pelanggan Anda menjadi pelanggan Anda. Bahkan kalau perlu hanya satu langkah mudah agar bisa menikmati kemudahan layanan Anda.

8. Temukan
Ciptakan hal baru dan buat pelanggan Anda penasaran dan ingin mencoba hal tersebut. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah cara menyampaikan hal baru tersebut kepada calon pelanggan Anda dan buat mereka penasaran untuk menemukan hal baru tersebut.

9. Sekarang
Buat motivasi agar pelanggan Anda melakukan keputusan atau tindakan saat itu juga.

10. Include
Sampaikan kepada pelanggan Anda bahwa semua kebutuhan pentingnya sudah termasuk dalam produk/layanan Anda.

11. Tidak lagi
Tunjukkan kepada pelanggan Anda tentang keuntungan negative. Bagaimana bisa keuntungan negatif itu ada? Bisa saja, misalnya : “Anda tidak akan lagi membayar….” dan “Anda tidak perlu khawatir lagi tentang …..”.

12. Terbaru
Sampaikan kepada calon pelanggan Anda bahwa produk/layanan Anda adalah yang terbaru dibidangnya, atau menggunakan teknologi terbaru, atau yang pertama kali di dunia/di Indonesia/Jawa Timur.

13. Hemat
Setiap orang ingin menekan pengeluarannya, atau dengan kata lain berhemat sebanyak mungkin. Jadi tekankan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan membeli produk/layananAnda, maka mereka akan menghemat sekian rupiah.

14. Terbukti
Tujukkan sebuah riset atau testimonial dari kerabat Anda yang membuktikan bahwa produk/layanan Anda sudah terbukti kualitasnya.

15. Aman dan efektif
Kata-kata ini untuk meminimalisir persepsi negative tentang resiko dan kerugian.

16. Tepat guna
Beritahu calon pelanggan Anda bahwa produk atau layanan Anda benar-benar tepat guna bagi mereka.

17. Nyata
Hampir sama dengan TERBUKTI, bahwa calon pelanggan Anda membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai pendorong untuk memutuskan membeli produk/layanan Anda.

18. Rahasia
Tidak semua orang bisa berhasil, dan pasti ada rahasia dibalik kesuksesan tersebut. Sampaikan rahasia produk/layanan Anda mengapa bisa menjadi solusi kepada calon pelanggan Anda tersebut. Karena hamper setiap orang senang jika diberitahu sebuah rahasia.

19. Solusi
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda benar-benar menjadi solusi untuk calon pelanggan Anda.

20. Instan
Tunjukkan kecepatan akses atau kesigapan pelayanan dari team Anda.

21. Bagaimana
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bagaimana Anda menyelesaikan masalahnya.

22. Gengsi
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan menggunakan produk/layanan Anda, mereka akan mendapatkan gengsi yang tinggi. Setiap orang di Indonesia senang akan gengsi.

23. Eksklusif
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda adalah istimewa jika dibandingkan dengan kompetitor Anda.

24. Disebabkan oleh
Analisa dengan cermat problem calon pelanggan Anda dan berikan alas an kenapa hal tersebut dapat terjadi. Hal ini akan membuat Andaterkesan “smart” dan otomatis calon pelanggan Anda pun akan lebih percaya dengan Anda.

25. Lebih
Apakah Anda memberikan lebih dari yang pesaing Anda tawarkan? Pastikan calon pelanggan Anda mengetahui kelebihan Anda tersebut.

26. Tawar – menawar
Berikan kesempatan bagi calon pelanggan Anda untuk melakukan penawaran, bisa berupa penawaran harga, fitur, atau garansi. Budaya masyarakat Indonesia adalah menyukai tawar – menawar, dan ingin memperoleh lebih. Jadi berikan itu kepada mereka.

27. Tidak ada kewajiban
Hal ini untuk memastikan kepada calon pelanggan Anda bahwa setelah menggunakan produk/layananAnda, mereka tidak ada beban atau tanggungan lagi.

28. 100% Garansi uang kembali
Semua orang menginginkan suatu kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satunya yaitu jaminan uang kembali apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada barang yang dibelinya. Namun tetap ingat, hanya berikan garansi ini jika Anda yakin bahwa produk/layanan Anda benar – benar “powerfull”.

29. Besar
Buat diskon yang besar dan penawaran yang tinggi sehingga calon pelanggan Anda tidak sanggup lagi mengelak untuk tidak membeli produk/layanan Anda.

30. Kekayaan
Setiap orang ingin kaya, termasuk saya, Anda dan banyak lainnya. Jadi tunjukkan bahwa produk/layanan Anda bisa mendukung keinginan setiap orang tersebut.

Nah, sekarang tinggal bagaimana kita sebagai seorang pelaku marketing untuk mengkombinasikan kata-kata tersebut untuk mencuri hati calon pelanggan Anda agar membeli produk/layanan Anda. Lakukan sekarang dan tingkatan “conversion rate” penjualan Anda. Selamat mencoba ;-)

5 Pekerjaan Karena Munculnya Internet

1) Social Media manager.
Banyak perusahaan besar yang membutuhkan orang-orang dengan jaringan yang luas untuk mempromosikan brand/produk mereka. Jadi kalo Anda punya teman fb atau follower twitter sampai ribuan? Jangan sia2kan. Tawarkan diri anda untuk setidaknya menjadi buzzer

2) Bloggers.
Nah yang ini nih!!! Hasilkan uang dari blog Anda. Isilah blog Anda dengan konten2 menarik yang dapat menarik para pembaca. Jika traffic blog Anda bagus, maka tawaran untuk memasang iklan di blog Anda akan datang dengan sendirinya.

3) Community Managers.
Jika anda berpengalaman menjadi moderator di forum, maka inilah pekerjaan yang tepat untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu update diri Anda dengan topik-topik yg sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat

4) Online political campaign managers.
Politikus dan grup advokat sedang menemukan cara baru untuk menjamah ranah publik. Mereka perlu manager online yg dapat membuat mereka terpilih dlm pemilihan. Kasus yang telah terjadi: Kampanye online Obama. Nah mumpung mau kampanye, mungkin kamu bisa memulai dari menjadi sukarelawan ;)

5) Viral Video Creators.
Perusahaan – bahkan pengiklan – sedang gencar mencari cara yang inovatif untuk menjual brand/produknya. Jika Anda berbakat dlm membuat video yg dapat disebarluaskan dalam skala besar, maka Anda kan menikmati perjalanan menuju bank.

Selasa, 21 Januari 2014

Situs Alami Penurunan Penjualan? Ini 7 Penyebabnya


penurunanPenjualan
Permainan ritel online tidaklah mudah dimenangkan, tapi riset dan analisis terbaru mungkin bisa membantu Anda mengatasi masalah penurunan penjualan dan hilangnya pelanggan dari situs.

Riset yang diadakan oleh Qubit dilakukan dengan mengumpulkan masukan dan komplain dari pelanggan di 400 website selama tiga tahun. Qubit kemudian mempersempit temuannya menjadi sepuluh area permasalahan.

Hasilnya adalah sebuah gambaran konsumen dengan harapan yang tinggi untuk website ritel dan penggunaan website yang tidak ramah pembeli. Berikut tujuh penyebab situs mengalami penurunan penjualan.

Harga. Aspek ini menjadi hal yang paling banyak dikomplain oleh para online shoppers antara tahun 2011 hingga 2013. Riset Qubit menunjukkan bahwa konsumen sering kali merasa bahwa harga yang ditawarkan oleh ritel online “terlalu mahal untuk kategori barang tersebut” atau “terlalu mahal secara pribadi”.

Berdasarkan Nomis Solutions, konsumen 4,7 kali lebih sensitif terhadap harga online dari pada di toko pada dunia nyata. Jadi, akan sangat penting bagi situs untuk memberikan harga yang kompetitif dan bisa menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan oleh kompetitor.

Jangkauan produk. Pembeli online ingin sebuah pengalaman yang mudah dalam menemukan barang-barang yang ada di toko dunia nyata dan karena itulah situs ritel harus bisa merefleksikan keinginan tersebut. Kembangkan jangkauan produk Anda dengan berinvestasi pada sumber-sumber situs seperti mesin rekomendasi, daftar barang musiman, dan pengelompokan “related item”.

Ukuran. Banyak situs ritel yang tidak memiliki bagan pengukuran yang bisa diandalkan bagi pembeli. Pengembalian barang yang sudah dibeli secara online bisa membuat frustrasi. Dengan menyediakan petunjuk pengukuran dasar, Anda bisa mengurangi complain dari pembeli.

Fungsionalitas situs. Berdasarkan Qubit, jika tombol pembayaran Amazon tak berfungsi selama satu jam, situs ini berpotensi kehilangan US$2 juta penjualan. Intinya, jika Anda memiliki fitur pada situs, pastikan fitur tersebut bekerja.

Lambat. Kecepatan situs menjadi salah satu aspek yang sering dikomplain pelanggan. Pastikan bahwa kecepatan situs Anda tidak membuat pembeli potensial berpindah ke kompetitor.

Ketersediaan stok. Pembeli mengharapkan banyaknya pilihan dan variasi ketika memilih barang di ritel online. Pembeli sering kali mengeluh apabila gambar sebuah barang masih terpajang padahal stok sudah habis terjual.

Navigasi. Jika situs tidak diberi label yang jelas dan tidak mudah dinavigasi, calon pembeli akan pergi. Pastikan barang-barang popular dan diskon disorot dan halaman-halamannya mudah dinavigasi dan ditemukan.
Sumber: Mashable|Editor: Wachid Fz

Perlukah Media Sosial, Atau Cukup “Word of Mouth”?

Perlukah Media Sosial, Atau Cukup “Word of Mouth”?Jika Anda mengesampingkan media sosial karena merasa bisnis Anda sudah sukses dengan metode word of mouth, maka Anda mungkin akan kehilangan peluang bisnis baru.
Meskipun bisnis Anda sudah memiliki reputasi bagus, tetap saja Anda perlu menggunakan media sosial untuk pemasaran dan networking agar semakin banyak orang yang tahu. Tak ada kata terlambat untuk terjun ke media sosial.
Tingkatkan word-of-mouth dengan aktif di LinkedIn
LinkedIn bagaikan Yellow Pages baru. Menurut Pew Internet, sekitar 20% orang dewasa berpartisipasi aktif dalam penggunaan jaringan media sosial LinkedIn. Buatlah akun dan bergabunglah dengan grup yang sesuai. Baca dan berkontribusi untuk posting dan diskusi grup guna mempelajari peluang, perkembangan baru, dan isu-isu yang dapat memengaruhi Anda dan pelanggan. Membuat akun dasar LinkedIn Gratis!
Manfaatkan Twitter
Menurut Pew, sekitar 18% orang dewasa menggunakan Twitter secara online. Selain itu, Twitter mudah digunakan dan gratis. Tweet sesuatu yang Anda pikir akan menarik pelanggan. Hubungkan feed Tiwtter Anda dengan akun LinkedIn dan website Anda guna memaksimalkan jangkauan.
Pertimbangkan penggunaan Facebook
Facebook masih menjadi pemain papan atas di ranah media sosial. Pew mengatakan sekitar 67% orang dewasa menggunakan Facebook secara online. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Facebook sekarang menjadi sumber online terpercaya yang digunakan orang untuk mendapatkan rekomendasi produk dan layanan. Selain itu, laman bisnis Facebook menyediakan statistik dan insight yang akan membantu Anda mengetahui siapa yang telah melihat  dan me-like laman. Anda harus melihat laman cukup sering karena dua alasan:
  1. Untuk memastikan tidak ada yang posting komentar yang tidak pantas (Anda dapat menghapus atau melaporkannya).
  2. Menjawab pertanyaan yang mungkin ditinggalkan untuk Anda, biasanya banyak yang bisa menjadi lead untuk bisnis baru.
Nah, sebelum membuat laman Facebook, lihatlah bisnis lain untuk melihat komentar mereka yang menarik dan bagaimana mereka menangani komentar negatif. Jika selama ini bisnis Anda hanya bergantung pada word-of-mouth marketing guna menghasilkan pendapatan, ada baiknya mulai sekarang Anda menyisihkan waktu untuk terlibat dengan media sosial.
Editor: Wahid FZ | Sumber: SMT

Perlukah Media Sosial, Atau Cukup “Word of Mouth”?

Perlukah Media Sosial, Atau Cukup “Word of Mouth”?Jika Anda mengesampingkan media sosial karena merasa bisnis Anda sudah sukses dengan metode word of mouth, maka Anda mungkin akan kehilangan peluang bisnis baru.
Meskipun bisnis Anda sudah memiliki reputasi bagus, tetap saja Anda perlu menggunakan media sosial untuk pemasaran dan networking agar semakin banyak orang yang tahu. Tak ada kata terlambat untuk terjun ke media sosial.
Tingkatkan word-of-mouth dengan aktif di LinkedIn
LinkedIn bagaikan Yellow Pages baru. Menurut Pew Internet, sekitar 20% orang dewasa berpartisipasi aktif dalam penggunaan jaringan media sosial LinkedIn. Buatlah akun dan bergabunglah dengan grup yang sesuai. Baca dan berkontribusi untuk posting dan diskusi grup guna mempelajari peluang, perkembangan baru, dan isu-isu yang dapat memengaruhi Anda dan pelanggan. Membuat akun dasar LinkedIn Gratis!
Manfaatkan Twitter
Menurut Pew, sekitar 18% orang dewasa menggunakan Twitter secara online. Selain itu, Twitter mudah digunakan dan gratis. Tweet sesuatu yang Anda pikir akan menarik pelanggan. Hubungkan feed Tiwtter Anda dengan akun LinkedIn dan website Anda guna memaksimalkan jangkauan.
Pertimbangkan penggunaan Facebook
Facebook masih menjadi pemain papan atas di ranah media sosial. Pew mengatakan sekitar 67% orang dewasa menggunakan Facebook secara online. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Facebook sekarang menjadi sumber online terpercaya yang digunakan orang untuk mendapatkan rekomendasi produk dan layanan. Selain itu, laman bisnis Facebook menyediakan statistik dan insight yang akan membantu Anda mengetahui siapa yang telah melihat  dan me-like laman. Anda harus melihat laman cukup sering karena dua alasan:
  1. Untuk memastikan tidak ada yang posting komentar yang tidak pantas (Anda dapat menghapus atau melaporkannya).
  2. Menjawab pertanyaan yang mungkin ditinggalkan untuk Anda, biasanya banyak yang bisa menjadi lead untuk bisnis baru.
Nah, sebelum membuat laman Facebook, lihatlah bisnis lain untuk melihat komentar mereka yang menarik dan bagaimana mereka menangani komentar negatif. Jika selama ini bisnis Anda hanya bergantung pada word-of-mouth marketing guna menghasilkan pendapatan, ada baiknya mulai sekarang Anda menyisihkan waktu untuk terlibat dengan media sosial.
Editor: Wahid FZ | Sumber: SMT

9 Hukum Merek untuk UKM

Hukum Merek untuk UKMBagi para pemilik modal, membuka bisnis mungkin tidak sulit karena bisa membeli berbagai bahan baku yang diperlukan. Tapi tahukah mereka, bahwa ternyata ada hukum merek yang patut untuk dipatuhi. Nah, pahami hukum merek berikut, dan Anda tidak akan kalah bersaing dengan pelaku bisnis bermodal besar.

Ini memang bukan syarat untuk memulai sebuah bisnis, tapi sembilan hukum merek akan menjelaskan apa-apa saja yang perlu Anda lakukan agar merek Anda bisa populer di pasaran.

Dijabarkan oleh Kukuh Indraprasena , Direktur YEA (Young Entrepreneur Academy) pada acara ‘Gathering Ednovate’ berikut adalah sembilan hukum merek:

1.       Publikasi
Menurutnya, jika ingin sukses, merek harus sering-sering diliput oleh media. Berbeda dengan iklan yang dibuat oleh perusahaan yang bersangkutan. Hasil liputan media dinilai lebih objektif.

2.       Iklan
Ini adalah tahap lanjutan jika bisnis Anda sulit diliput media. Meski kini banyak orang yang kurang percaya dengan iklan, namun setidaknya merek Anda akan ada di kepala masyarakat. Jadi publik tidak asing dengan merek Anda.

3.       Citra Personal (Personal Branding)
Tahukah Anda bahwa merek yang Anda usung berbanding lurus dengan citra personal diri Anda. Sadar atau tidak, Anda akan selalu dikaitkan dengan sang merek. Jadi kondisikan diri Anda sesuai dengan merek, baik dari karakter maupun penampilan.

4.       Nama Generik
Pemberian nama generik seperti ‘Warung Tenda’ atau ‘Soto Ayam Jakarta’ memang sangat mudah diingat. Namun jika rencana bisnis Anda adalah jangka panjang, nama-nama seperti ini juga mudah lenyap dan tak bertahan lama.

5.       Kata
Pilih satu kata yang kuat, yang mewakili merek Anda, kemudian tanamkan di otak konsumen. Langkah ini akan memudahkan identifikasi merek.

Contoh, merek Mercedes menanamkan mereknya dengan kesan mewah (elegan), sedangkan Hino lebih ke produk truck.

6.       Bentuk dan Warna
Pada logo, usahakan dibuat dengan gaya horizontal, simpel, dan unik. Ini akan mudah diidentifikasi oleh otak masyarakat.

7.       Kualitas
Buat produk Anda dengan kualitas sebaik mungkin, karena hal ini akan meningkatkan strategi ‘Word of Mouth’. Perlu Anda ketahui, “Kualitas adalah segalanya, meski brand tidak hanya dibangun dari kualitas,” ujar Kukuh.

8.       Konsistensi
Ingat, merek populer tidak hanya dibentuk dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan, tapi tahun. Jadi tanamkan value merek Anda secara berkala. Jangan ubah pesan Anda hingga publik benar-benar ngelotok dengan pesan yang Anda sampaikan.

9.       Ekspansi
Ekspansi memang salah satu cara memperluas bisnis. Tapi sebagai UKM, Anda tidak disarankan menyasar bisnis lain di luar jalur bisnis Anda. Alasannya, itu akan membuat konsumen bingung, ‘sebenernya, merek Anda mengusung produk apa?’.

Selain sembilan hukum merek, Kukuh juga menjelaskan rumus edukasi untuk merek UKM. Yakni, E=MC3, yang artinya, Education adalah gabungan antara Message, Creative, Communication, dan Concistency.

Sebuah merek baru memang membutuhkan edukasi, di mana Anda harus bisa memperkenalkan fungsi dan keunggulan produk yang Anda bawa.

Illustrasi: Google+

Senin, 20 Januari 2014

ZALORA Akan Luncurkan Marketplace Tahun Ini


zalora marketplace
ZALORA Indonesia,  salah satu fashion e-commerce terbesar di Indonesia, memilih awal tahun ini untuk membuat gebrakan baru. ZALORA umumkan niatannya untuk meluncurkan platform marketplace di pertengahan tahun 2014 ini.

Situs lokal zalora.co.id menawarkan koleksi lebih dari 600 top brand internasional dan lokal serta lebih dari 30.000 produk pakaian, sepatu, tas, aksesoris, busana muslim dan kosmetik untuk pria dan wanita.

Dikunjungi 15 juta orang setiap bulannya, ZALORA adalah marketplace yang potensial bagi para desainer dan pelaku ritel fesyen independen untuk mengembangkan bisnisnya.
Platform marketplace ini akan membantu memperkenalkan produk dan merek mereka kepada jutaan pelanggan setia ZALORA. Pelanggan pun bisa lebih mudah memuaskan hasrat belanjanya dengan bertambahnya ragam produk yang ditawarkan.

Para pelaku ritel fesyen independen Indonesia kini dapat mendirikan toko dengan merek sendiri di situs ZALORA, yang akan mereka jalankan dan kelola dengan dukungan dari Account Manager ZALORA.

Merek dan produk yang dijajakan melalui marketplace ZALORA ini akan dikenal masyarat luas lewat pemasaran dan iklan online secara gratis.

Kehadiran marketplace ini akan membantu para desainer dan pelaku ritel fesyen independen bersaing dalam pasar yang kompetitif sekaligus memberi akses mudah untuk berbelanja bagi para pecinta belanja online. Pelanggan hanya perlu mengunjungi satu situsbelanja, yaituzalora.co.iduntukbisaberbelanja ratusan hingga ribuan produk dan merek.

“Peluncuran Marketplace ZALORA mendatang adalah kemajuan yang sangat baik untuk industri fesyen di Asia Tenggara,” terang Magnus Grimeland, Managing Director, ZALORA.

“Kami meluncurkan satu platform yang memungkinkan beragam produk dari merek, butik atau desainer untuk bersanding dengan jajaran merek internasional kami yang terkenal. Per bulan, ada lebih dari 15 juta pelanggan mengunjungi situs zalora.co.id. Pelaku ritel fesyen independen memerlukan akses cepat ke banyak pelanggan untuk bisa mengembangkan usahanya. Kami bisa menyediakan akses cepat dan mudah ini kepada mereka.”

Saat ini, tim perekrut khusus dari ZALORA tengah mencari dan mendata merek dan desainer potensial untuk diikutsertakan dalam peluncuran. “Sudah ada sejumlah desainer dan pelaku ritel fesyen independen yang kami rekrut,” ujar Grimeland. “Kami sangat antusias untuk bekerja sama dan membantu mengembangkan bisnis mereka serta melihat seberapa jauh bisnis mereka dapat berkembang melalui marketplace ini.”

Tahun 2014 adalah waktu yang paling tepat untuk memajukan bisnis online, terutama di seluruh wilayah Asia Pasifik, yang memiliki pengguna internet lebih dari 200 juta orang. Menurut penelitian, sekitar 11%-15% dari total penjualan ritel global akan dilakukan lewat online pada tahun 2020 mendatang, dan wilayah Asia Pasifik termasuk di dalamnya. Jika ingin memperluas pemasaran produk, satu-satunya cara paling cepat yang dapat digunakan adalah lewat online.”

Pelaku ritel fesyen dan desainer independen yang tertarik untuk ikut serta dalam Marketplace ZALORA ini dapat melihat informasi lengkapnya dan mengirimkan permohonan kerjasama.  (wf)

5 model bisnis e-commerce di Indonesia

Berikut kami jabarkan lima model bisnis yang diusung oleh pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk mengenal lebih jauh website manakah yang lebih cocok Anda gunakan untuk kegiatan bisnis online Anda. Mari kita lihat :

1. Classifieds/listing/iklan baris

Ini adalah model bisnis e-commerce paling sederhana yang cocok digunakan di negara-negara berkembang. Dua kriteria yang biasa diusung model bisnis ini:
  • Website yang bersangkutan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi online
  • Penjual individual dapat menjual barang kapan saja, dimana saja secara gratis
Tiga situs iklan baris yang terkenal di Indonesia ialah Tokobagus, Berniaga, dan OLX. Kaskus selaku forum online terbesar di Indonesia juga bisa dibilang masih menggunakan bisnis model iklan baris di forum jual belinya. Ini dikarenakan Kaskus tidak mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama atau escrow. Jadi transaksi masih dapat terjadi langsung antara penjual dan pembeli.
Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan baris ialah metode cash on delivery atau COD.
Cara mencari uang: iklan premium.
Jenis penjual: situs iklan baris seperti ini cocok bagi penjual yang hanya ingin menjual sekali-kali saja, seperti barang bekas atau barang yang stoknya sedikit.

2. Marketplace C2C (Customer to Customer)

Ini adalah model bisnis dimana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Berikut ialah indikator utama bagi sebuah website marketplace:
  • Seluruh transaksi online harus difasilitasi oleh website yang bersangkutan
  • Bisa digunakan oleh penjual individual
Kegiatan jual beli di website marketplace harus menggunakan fasilitas transaksi online seperti layanan escrow atau rekening pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran setelah barang diterima oleh pembeli. Selama barang belum sampai, uang akan disimpan di rekening pihak ketiga. Apabila transaksi gagal, maka uang akan dikembalikan ke tangan pembeli.

Tiga situs marketplace di Indonesia yang memperbolehkan penjual langsung berjualan barang di website ialah Tokopedia, Bukalapak, dan Lamido. Ada juga situs marketplace lainnya yang mengharuskan penjual menyelesaikan proses verifikasi terlebih dahulu seperti Blanja dan Elevenia.

Cara mencari uang: layanan penjual premium, iklan premium, dan komisi dari setiap transaksi.

Jenis penjual: situs marketplace seperti ini lebih cocok bagi penjual yang lebih serius dalam berjualan online. Biasanya sang penjual memiliki jumlah stok barang yang cukup besar dan mungkin sudah memiliki toko fisik.

3. Shopping mall

Bisnis model ini mirip sekali dengan marketplace, tapi penjual yang bisa berjualan disana haruslah penjual atau brand ternama karena proses verifikasi yang ketat. Satu-satunya situs online shopping mall yang beroperasi di Indonesia ialah Blibli.
Cara mencari uang: komisi dari penjual.

4. Toko online B2C (Business to Consumer)

Model bisnis ini cukup sederhana, yakni sebuah toko online dengan alamat website (domain) sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli. Beberapa contoh toko online di Indonesia ialah Bhinneka,Lazada Indonesia, Berrybenka, dan Bilna. Tiket.com, eksabita.com yang berfungsi sebagai platform jualan tiket secara online, juga bisa dianggap sebagai toko online.

Keuntungan dari memiliki toko online Anda sendiri ialah Anda memiliki kebebasan penuh disana. Anda dapat merubah jenis tampilan sesuka Anda dan dapat membuat blog untuk memperkuat SEO toko online Anda.
Bagi Anda yang tertarik untuk membuka sebuah toko online secara mudah, Anda dapat coba menggunakan Shopify, Jejualan, dan Pixtem.

Cara mencari uang: berjualan barang demi dapatkan profit.

Jenis penjual: model bisnis ini cocok bagi mereka yang serius berjualan online dan siap mengalokasikan sumber daya mereka untuk mengelola situs mereka sendiri.

5. Toko online di media sosial

Banyak penjual di Indonesia yang menggunakan situs media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan barang dagangan mereka. Uniknya lagi, sudah ada pemain-pemain lokal yang membantu penjual berjualan di situs Facebook yakni Onigi dan LakuBgt. Ada juga startup yang mengumpulkan seluruh penjual di Instagram ke dalam satu website yakni Shopious.

Membuat toko online di Facebook atau Instagram sangatlah mudah, sederhana, dan asiknya gratis! Tapi penjual tidak dapat membuat templatenya sendiri.

Di Indonesia, channel BBM pun juga sering digunakan sebagai media jual beli barang.

Jenis penjual: penjual yang ingin memiliki toko online sendiri tapi tidak ingin repot.

Ada juga beberapa bisnis online yang menggunakan beberapa model bisnis diatas pada saat bersamaan. Tiga contohnya ialah Qoo10eksabita dan Rakuten Belanja Online yang memiliki toko online B2C mereka sendiri serta marketplace yang memverifikasi penjualnya terlebih dahulu.

Inilah model-model bisnis dari website e-commerce di Indonesia. Ingat ya, membandingkan situs e-commerce satu dengan yang lainnya hanya dapat dilakukan apabila mereka memiliki model bisnis yang serupa. Jadi tidak akan cocok apabila kalian membandingkan perkembangan bisnis TokoBagus (classifieds/listing/iklan baris) dengan Berrybenka (B2C) contohnya.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar bisnis e-commerce di Indonesia, silakan tuliskan pertanyaan Anda di bagian komentar di bawah.
(Diedit oleh Dewi Yuliani)

Rabu, 08 Januari 2014

Contek Rahasia Sukses Start-up Ala Pendiri Twitter

bangun startupSetiap orang yang menjalani start-up ingin membuat bisnisnya sukses, apapun definisi kesuksesan itu sendiri. Ada yang mendefinisikan sukses berupa keuntungan finansial atau sekadar mampu untuk terus bertahan.

Berikut rahasia sukses salah seorang Co-Founder Twitter, Evan Williams, dalam membangun Twitter sejak masih berupa start-up hingga kini menjadi perusahaan publik.

Rahasia besar. Umumnya Founder atau Co-Founder start-up dan pengusaha terlihat selalu mencari bisnis yang secara keseluruhan unik. Untungnya, ada cara lain yang memungkinkan kita untuk bisa mengambil alih sorotan dari pesaing dan dalam banyak kasus cara ini lebih mudah daripada menciptakan ide segar. Inilah rahasia Williams terkait kesuksesan Twitter. Gagasan Williams adalah ambil ide yang sudah ada, buatlah menjadi lebih baik dan lebih mudah digunakan.

Tidak ada inovasi, dong? Banyak ide dan inovasi besar yang menguasai internet pada akhirnya pada tahap tertentu sekarat karena tidak ada eksplorasi lebih lanjut dan tidak diberikan waktu untuk bekerja. Inovasi lain yang tidak berkembang secara kilat akan dibuang tak peduli seberapa besar potensinya. Masih ada banyak ruang untuk ide dan inovasi yang perlu dikembangkan lebih jauh – setidaknya lebih jauh daripada keadaannya sekarang.

Pendanaan. Fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa Start-up tentu membutuhkan modal. Salah satu cara populer untuk mendapatkan dana adalah dengan bootstrapping atau menggunakan dana dari kocek sendiri. Memang cara itu tergolong ‘mahal’ karena cara ini ‘memaksa’ pengusaha untuk mencari cara paling efektif dan efisien untuk mengembangkan bisnisnya dalam kondisi finansial yang ketat. Selain bootstrapping, dana bisa juga didapat dengan mengajukan proposal bisnis ke situs crowdfunding, venture capital atau angel investor.

Growth hacking. Istilah growth hacking dipopulerkan oleh Sean Ellis dan relatif masih baru. Istilah ini merujuk pada upaya merekrut orang dalam rangka mengembangkan bisnis. Perekrutan bagi start-up biasanya tidak mudah. Hal ini karena Founder atau Co-Founder harus menemukan orang yang benar-benar tepat untuk menggantikan pekerjaannya, sehingga ia bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting. Biasanya sulitnya rekruitmen ini juga terkait dengan dana yang terbatas, sedangkan dibutuhkan pengganti dengan keterampilan tertentu.

Beberapa hal yang perlu diingat. Membangun start-up berbeda dengan menjalankan bisnis yang sudah mapan. Berikut beberapa hal yang perlu diingat:
  • Be passionate www.eksabita.com
  • Be flexible
  • Be patient
  • Sadar keterbatasan diri
  • Hargai pelanggan
Siap membangun start-up Anda? Semoga sukses!
Sumber: Sitepronews
Editor: Wachid Fz

Senin, 06 Januari 2014

10 Rahasia Sukses Jadi Pengusaha Pemula

Menjadi pengusaha tidaklah mudah. Data menunjukkan bahwa tak banyak bisnis yang bisa melewati usia tiga tahun pertamanya. Karena itu mengetahui bagaimana pengusaha sukses yang berangkat dari bawah memulai bisnisnya akan menjadi tips yang berharga. Salah satunya dari Mark Cuban, pengusaha yang sukses mengembangkan bisnis TV kabel di Amerika.
Cuban menyebutkan rahasia sukses jadi pengusaha pemula (start-up):

 

1. Jangan memulai bisnis kecuali obsesi dan sesuatu yang Anda cintai.
 
2. Jika di awal-awal Anda sudah memiliki exit strategy, berarti bisnis yang Anda bangun bukan obsesi. Passion
 
3. Rekrut orang yang menyukai bekerja di perusahaan Anda.
 
4. Ketahui bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang dan ketahui caranya.
 
5. Ketahui kompetensi utama Anda dan fokuslah kepadanya hingga melahirkan sesuatu yang luar biasa. Kalau perlu pekerjakan orang yang mampu mendorong Anda meningkatkan kompetensi Anda.
 
6. Apakah Anda merasa tertekan dengan waktu? Orang yang menyukai pekerjaannya, mereka akan menemukan cara bagaimana menggunakan waktu sebaik mungkin untuk pekerjaannya.
 
7. Bukalah kantor yang mampu menjaga semua orang selaras dengan apa yang sedang terjadi dan mampu menjaga energi mereka. Tidak ada privasi di perusahaan pemula. Jika ada karyawan yang meminta privasi, tunjukkan bagaimana ia bisa mengunci diri di kamar mandi.
 
8. Sepanjang itu menyangkut teknologi, ketahui apa yang ingin Anda ketahui meski kadang biayanya tidak murah. Misalnya, jika tahu Apple baik, gunakan saja. Ini dimungkinkan karena jumlah karyawan masih sedikit sehingga biayanya tak terlalu mahal. Biarkan karyawan menggunakan apa yang mereka tahu.
 
9. Biarkan organisasi flat (tak ada hierarki). Jika ada manajer yang melapor ke manajer lainnya dalam organisasi perusahaan pemula, Anda akan gagal. Di perusahaan pemula, jika Anda memiliki manajer yang harus melapor ke manajer yang lain, Anda sedang membangun politik.
 
10. “Sebuah tanda kegagalan untuk startup adalah ketika seseorang mengirimi saya polo shirt berlogo nama perusahaannya,” kata Cuban. Jika orang-orang Anda di pameran dan di depan umum (menggunakan kaos berlogo itu), tidak apa-apa. Tetapi jika Anda benar-benar berpikir orang-orang atau tokoh-tokoh tertentu akan memakai polo shirt berlogo perusahaan Anda di luar atau sekitarnya, Anda keliru. Itu menunjukkan Anda tidak tahu bagaimana membelanjakan uang Anda.

Sabtu, 04 Januari 2014

Agar Tetap Relevan dalam Revolusi Konten

ilustrasi revolusi konten
Merek memang belum sepenuhnya “berpisah” dengan media. Namun berkat revolusi konten faktanya banyak merek saat ini memiliki “rumah sendiri”. Hal itu tentunya mengharuskan biro iklan bekerja lebih keras lagi untuk bersaing dengan konten serta berjuang agar tidak kehilangan klien merek untuk media.
Jika biro iklan ingin melakukannya, sekarang sudah waktunya belajar tentang bagaimana cara beradaptasi dan menyatu dengan konten agar tidak lenyap karena revolusi  konten.
Bagaimana biro iklan bisa bergabung dengan revolusi konten? Tentunya dengan menjadikan konten bagian penting yang tak terpisahkan dari bisnisnya.
Gabungkan konten dengan tindakan traditional marketing
Agar tidak tersesat dalam revolusi konten, biro iklan perlu mempersiapkan bisnisnya dengan membuat konten sebagai aspek kunci dari bisnis.
Pasalnya, biro iklan saat ini bersaing dengan konsep merek yang memasarkan dirinya sendiri. Dunia marketing telah berevolusi dan berubah, sehingga diperlukan media yang berkembang dan merangkulnya agar tetap relevan dalam dunia berbasis konten seperti saat ini.
 Setidaknya ada tiga cara menggabungkan traditional marketing dengan konten untuk merek klien:
1.      Menjadi platform periklanan
Jadilah sebuah platform iklan yang menawarkan klien sebuah kemampuan untuk menegosiasikan harga iklan yang lebih baik melalui layanan yang terintegrasi dengan para pemimpin internet seperti Facebook dan Google. Hal itu memungkinkan mereka mengotomatisasi proses pembelian iklan dengan cepat dan efisien.
Tujuan Anda sebagai biro iklan adalah untuk membantu merek menjangkau pelanggan. Untuk membedakan dengan yang lain, Anda harus menggabungkan internet, media sosial, dan konten. Itu adalah cara yang dilakukan merek belakangan ini untuk menjangkau pelanggan.
2.      Layanan media sosial
Banyak biro iklan yang sudah menyertakan media sosial ke dalam daftar layanan iklan mereka. Hal itu dilakukan karena mereka ingin memastikan bahwa layanan media sosial memberikan lebih dari apa yang dilakukan klien untuk diri mereka sendiri.
Tentunya Anda ingin menjadi sesuatu yang klien inginkan. Untuk itu, buatlah sebuah layanan yang memungkinkan mereka dapat memasarkan secara real-time kepada pelanggan  melalui media sosial. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai alat riset pasar.
3.      Mengubah mindset marketing
Ubah pola pikir marketing dengan menjadi ahli “go-to” untuk semua kebutuhan iklan dan marketing klien, termasuk dalam hal pembuatan konten. Tentunya, Anda ingin menjadi “one-stop-shop” untuk semua konten terbaru yang relevan. Setelah membantu pembuatan konten klien, Anda tentu ingin membantu mereka lebih terhubung dengan khalayak menggunakan konten tersebut.
Sekarang, mulailah bertindak agar tidak kehilangan klien dengan menjadi lembaga yang modern. Jadikan proses pembuatan konten sebagai bagian integral dari bisnis Anda segera, sebelum perusahaan Anda hilang dalam revolusi konten.
Editor: Wachid Fz

Agar Tetap Relevan dalam Revolusi Konten

ilustrasi revolusi konten
Merek memang belum sepenuhnya “berpisah” dengan media. Namun berkat revolusi konten faktanya banyak merek saat ini memiliki “rumah sendiri”. Hal itu tentunya mengharuskan biro iklan bekerja lebih keras lagi untuk bersaing dengan konten serta berjuang agar tidak kehilangan klien merek untuk media.
Jika biro iklan ingin melakukannya, sekarang sudah waktunya belajar tentang bagaimana cara beradaptasi dan menyatu dengan konten agar tidak lenyap karena revolusi  konten.
Bagaimana biro iklan bisa bergabung dengan revolusi konten? Tentunya dengan menjadikan konten bagian penting yang tak terpisahkan dari bisnisnya.
Gabungkan konten dengan tindakan traditional marketing
Agar tidak tersesat dalam revolusi konten, biro iklan perlu mempersiapkan bisnisnya dengan membuat konten sebagai aspek kunci dari bisnis.
Pasalnya, biro iklan saat ini bersaing dengan konsep merek yang memasarkan dirinya sendiri. Dunia marketing telah berevolusi dan berubah, sehingga diperlukan media yang berkembang dan merangkulnya agar tetap relevan dalam dunia berbasis konten seperti saat ini.
 Setidaknya ada tiga cara menggabungkan traditional marketing dengan konten untuk merek klien:
1.      Menjadi platform periklanan
Jadilah sebuah platform iklan yang menawarkan klien sebuah kemampuan untuk menegosiasikan harga iklan yang lebih baik melalui layanan yang terintegrasi dengan para pemimpin internet seperti Facebook dan Google. Hal itu memungkinkan mereka mengotomatisasi proses pembelian iklan dengan cepat dan efisien.
Tujuan Anda sebagai biro iklan adalah untuk membantu merek menjangkau pelanggan. Untuk membedakan dengan yang lain, Anda harus menggabungkan internet, media sosial, dan konten. Itu adalah cara yang dilakukan merek belakangan ini untuk menjangkau pelanggan.
2.      Layanan media sosial
Banyak biro iklan yang sudah menyertakan media sosial ke dalam daftar layanan iklan mereka. Hal itu dilakukan karena mereka ingin memastikan bahwa layanan media sosial memberikan lebih dari apa yang dilakukan klien untuk diri mereka sendiri.
Tentunya Anda ingin menjadi sesuatu yang klien inginkan. Untuk itu, buatlah sebuah layanan yang memungkinkan mereka dapat memasarkan secara real-time kepada pelanggan  melalui media sosial. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai alat riset pasar.
3.      Mengubah mindset marketing
Ubah pola pikir marketing dengan menjadi ahli “go-to” untuk semua kebutuhan iklan dan marketing klien, termasuk dalam hal pembuatan konten. Tentunya, Anda ingin menjadi “one-stop-shop” untuk semua konten terbaru yang relevan. Setelah membantu pembuatan konten klien, Anda tentu ingin membantu mereka lebih terhubung dengan khalayak menggunakan konten tersebut.
Sekarang, mulailah bertindak agar tidak kehilangan klien dengan menjadi lembaga yang modern. Jadikan proses pembuatan konten sebagai bagian integral dari bisnis Anda segera, sebelum perusahaan Anda hilang dalam revolusi konten.
Editor: Wachid Fz

Pemasaran Media Sosial : Belum Terlambat, Mulailah Sekarang!


sosmed
Pemasaran Media Sosial, Belum Terlambat, Mulailah Sekarang!


Mengalokasikan sebagian besar dana perusahaan untuk pemasaran media sosial bukan lagi sebuah kemewahan tapi kebutuhan. Harus ada rencana pemasaran yang kuat termasuk frekuensi posting dan produksi konten. Akan lebih baik bila hal tersebut ditangani oleh perusahaan pemasaran internet yang mengetahui pasar dan bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun merek.


Pemasaran media sosial terbukti efektif dalam berbagai area, dari mulai membangun merek dan awareness hingga meningkatkan loyalitas konsumen serta pemasaran word-of-mouth. Perubahan algoritma juga membuat pemasaran media sosial menguntungkan dalam kampanye SEO.


Media sosial dalam angka. Survei eMarketer terbaru menunjukkan bahwa 77 persen pembeli cenderung membeli dari perusahaan yang CEO-nya aktif di media sosial. Dalam studi yang sama, terdapat 94 persen konsumen mengatakan bahwa partisipasi di media sosial meningkatkan image merek.

Angka-angka berikut ini menunjukkan kepada kita mengapa keterlibatan di media sosial bisa menjadi rencana pelaksanaan yang tepat bagi bisnis.

  • Satu dari sembilan orang di bumi adalah pengguna Facebook.
  • Lebih dari 250 juta orang melihat Facebook melalui perangkat mobile.
  • Pengguna Twitter bertambah hampir 500.000 pengguna setiap hari.
  • Ada sekitar 190 juta tweet perhari.
  • YouTube memiliki unique visitor sejumlah 490 juta setiap bulan.
  • 2.9 miliar jam per bulan dihabiskan untuk mengakses YouTube.
  • Dalam waktu enam bulan terakhir Pinterest telah tumbuh sebesar 4000 persen.
  • Pengguna Pinterest menghabiskan waktu 1.5 jam setiap bulan untuk situs ini.

Trend media berbasis gambar. Media berbasis gambar dan video semakin berkembang seiring orang-orang lebih memilih gambar daripada tulisan. Trend ini bisa memperumit bisnis, tapi tenang saja ada aplikasi yang bisa memfasilitasi bisnis untuk membuat konten berbasis gambar misalnya Instagram dan Vine. Pinterest bisa jadi jejaring yang tepat untuk memasarkan merek dengan konten bergambar.


Proses pengumpulan konten berbasis gambar haruslah melibatkan interaksi dengan konsumen. Banyak merek yang menggunakan Instagram untuk mengajak konsumen menjadi brand advocate atau model merek tersebut dengan cara merekomendasikan gambar-gambar mereka terkait merek kepada pengguna lain atau dengan membuat kontes foto.


Media sosial sebagai SEO. Google+ bertumbuh dan menjangkau audiens yang besar. Terlebih media sosial ini berintegrasi dengan mesin pencari Google. Itu artinya kata kunci pada Google+ otomatis akan masuk pada Google. Dengan aktif pada Google+ merek memperbesar peluangnya untuk mengoptimasi mesin pencarian Google. Oleh karena itu, Google+ perlu dimasukkan dalam rencana pemasaran media sosial merek.


Jika perusahaan Anda belum melakukan pemasaran media sosial, maka mulailah sekarang. Jangan sampai tahun 2014 terlewat tanpa ada investasi pada media sosial.

Sumber: Sitepronews

Editor : Wachid Fz.